Review Lengkap Taman Bunga Nusantara Bogor dan Harga Tiket Masuk

Jakarta memang sangat kaya akan segala hal, semuanya serba ada dan fasilitasnya pun sudah modern, berbeda dengan daerah-daerah pelosok yang notabene masih sederhana dan fasilitasnya pun belum cukup memadai. Apalagi dalam hal pariwisata. Dan tempat wisata yang akan kita bahas kali ini lokasinya dekat dengan Jakarta, loh. Namanya Taman Bunga Nusantara atau Nusantara Flower Garden.

Sesuai dengan namanya, dengan berkunjung di sini, pastinya kita bisa menikmati taman bunga yang indah dan cukup luas. Udaranya sangat segar sekali karena terletak tidak jauh dari Gunung Gede, pokoknya cocok banget untuk melepas penat setelah seminggu bekerja.

Sejarah Taman Bunga Nusantara/Nusantara Flower Garden
Selain hanya berkunjung, pasti lebih asyik jika Anda sebagai wisatawan tahu banyak tentang sejarah tempat wisata ini, yang tentunya bisa Anda sampaikan pula kepada anak-anak untuk menambah pengetahuan mereka.

Oke, Taman Bunga Nusantara atau Nusantara Flower Garden ini didirikan atas prakarsa ibu Dani Bustanil Arifin pada tahun 1992. Pada saat itu, Beliau memang menjadi ketua Yayasan Bunga Nusantara, dan membangun taman ini sebagai area agrowisata. Dan Alhamdulillah, Taman Bunga Nusantara diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995.

Dan sekarang, tempat wisata ini sudah menjadi salah satu destinasi favorit pengunjung, terutama dari wilayah DKI Jakarta sendiri. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bagi wisatawan luar daerah yang ingin singgah, kok. Bahkan tidak jarang pula Touris yang tampak seliweran di tempat wisata ini, hehe.

Seperti yang saya tuliskan tadi, wisata ini berada di ketinggian pegunungan dan tidak jauh dari Gunung Gede sehingga udaranya masih sangat segar. Di sini kita bisa melihat hamparan rumput hijau, rangkaian bunga berbagai jenis, dan bermacam spot foto menarik. 

A. Macam-macam Taman di Nusantara Flower Garden
Oya, Tempat wisata ini juga terdiri atas beberapa taman, loh. Seperti berikut:

1. Taman Air
Taman Air
Taman Air via tamanbunga-nusantara.com
Tidak hanya ada airnya saja, juga ada tanamannya kok, hehe. Taman inj diisi oleh banyak tumbuhan air dari berbagai negara. Tumbuhan-tumbuhan air ini memiliki berbagai warna dan bentuk indah. Bahkan, di area taman air terdapat tumbuhan Cybera papyrus, tanaman yang digunakan sebagai bahan kertas oleh kaum Mesir kuno. Ada juga tanaman talia Delbata yang berasal dari Amerika serikat, Lotus, dan juga teratai raksasa.

2. Taman Mawar
Taman Mawar
Taman Mawar via backpackerjakarta.com
Di sinilah area yang dijuluki “Bunga dari segala Bunga” karena berbagai jenis mawar bisa Anda jumpai. Dan karena pemeliharaan yang sangat khusus, maka tampilan mawar yang dihasilkan sangat indah.

3. Perancis
Perancis
Perancis via pantauanharga.com
Disebut demikian karena dibangun dengan gaya renaissance perancis yang kental sekali. Gaya taman renaissance lebih menonjolkan bentuk tanaman yang rapi, serasi, dan indah. Rangkaian tanaman yang rapi ini lalu seolah membingkai bunga yang ada di sana.

4. Taman Labirin/Maze Garden
Taman Labirin/Maze Garden
Taman Labirin/Maze Garden via tempatwisata.co
Anda hanya perlu membayar Rp 1.000 saja untuk masuk ke sini, Anda akan disuguhi dengan teman cukup unik yang dibentuk menjadi satu labirin  cukup besar. Oya, tidak perlu takut kesasar atau susah keluar, saat masuk nanti tersedia peta yang bisa digunakan.

5. Taman Bali
Taman Bali
Taman Bali via tamanbunga-nusantara.com
Dengan atmosfer kas Bali, tentunya sangat unik sekali. Bahkan area taman yang satu ini juga dilengkapi dengan gapura sebagai pintu masuk, Bale kulkul dan Bale Bengong. Beberapa tanaman yang tersedia adalah kamboja, bunga sepatu, berbagai jenis helikonia dan tumbuhan tropis lainnya.

6. Taman Palem
Taman Palem
Taman Palem via tamanbunganusantara.com
Telah lebih dari 100 jenis palem yang ditanam dan dirawat rapi. Jika dengar kata pohon palem, biasanya terbayang panas dan gersang ya? Tapi di sini beda. Sebab pohon-pohonnya ditata sedemikian rupa sehingga memberikan atmosfer yang segar dan indah.

7. Taman Jepang
Taman Jepang
Taman Jepang via kekewang.blogspot.com
Taman jepang ditata dengan unsur utama kayu, batu-batuan, desain yang sederhana tapi rapi, kolam, dan sunyi.

B. Wahana Lain di Nusantara Flower Garden

1. Rumah Kaca
Rumah Kaca
Rumah Kaca via tamanbunga-nusantara.com
Di sinj Anda juga menemukan bermacam jenis bunga yang masuk dalam kategori jenis bunga yang memang tidak kuat dengan cuaca di negara kita. Luas Rumah Kaca ini sekitar 2000 meter dengan penataan indah sesuai dengan suhu, kelembaban dan cahaya yang diatur sedemikian  rupa untuk kelangsungan hidup bunga di dalamnya.

2. Menara Padang
Menara Padang
Menara Padang via tamanbunga-nusantara.com
Menara Padang merupakan Salah satu icon tempat ini adalah menara pandang. Dari menara 4 tingkat ini kita bisa lepas menikmati pemandangan sekitar taman bunga yang asri.

3. Wahana Alam Imajinasi
Wahana Alam Imajinasi
Wahana Alam Imajinasi via alamimajinasitbn.blogspot.com
Beberapa di antaranya adalah ATV, tempat bermain anak, dan lain-lain. Cocok untuk bermain bersama keluarga dan sikecil.

Selain tempat-tempat di atas, masih ada lagi spot lain seperti taman mediterania, danau angsa, dan juga taman amerika. masing-masing hadir dengan ciri khas tersendiri.

C. Fasilitas Yang Tersedia
Dotto train / kereta dotto; merupakan miniatur kereta yang mengitari area sekitar taman bunga nusantara. Anda perlu membayar tiket Rp 50.000. Fasilitas ini hanya beroperasi saat weekend dan hari libur nasional.

Garden tram; hampir sama dengan dotto trains hanya saja bentuknya tram dan beroperasi setiap hari. Harga tiketnya juga sama dengan Dotto Train. 

Mobil wira wiri; bisa membawa Anda berkeliling taman, harga tiketnya Rp 4000.

Poliklinik/ruang P3K.

Nany’s galleria; merupakan area oleh-oleh.

Cafe marigold; menyediakan makanan dan minuman. 

Bursa bunga; Tempat membeli bunga dan tanaman.

Gedung Serbaguna saung aki; dapat  digunakan untuk meeting ataupun wedding.

Wisma dan camping ground Saung Nini. 
Tenda, panggung, dan kursi-meja. Bisa disewa untuk rombongan.
Lokasi piknik. 
Gazebo istirahat di berbagai titik.
Amphiteather, bisa digunakan untuk acara atau event tertentu.

D. Prewedding Taman Bunga Nusantara/Nusantara Flower Garden
Sangat cocok untuk pre-wedding di tempat wisata ini. Dengan banyaknya area yang indah, tentunya bakal jadi tempat prewedding yang ideal. Tidak heran jika banyak pasangan yang memilih tempat ini untuk pengambilan foto prewedding.

Menurut beberapa sumber, harga prewedding di taman bunga per Maret 2016 adalah Rp 500.000, sudah termasuk penggunaan ruang make up. Kalaupun sekarang ada kenaikan, sepertinya tidak akan jauh dari tarif tersebut. Patokan tersebut tentu tidak mahal karena Anda akan benar-benar mendapatkan background foto memukau.

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara/Nusantara Flower Garden
Untuk detail tiket masuk dan lain-lain, berikut detailnya:
Tiket Masuk Rp 40.000
Dotto Trains Rp 50.000
Garden Tram Rp 50.000
Wira Wiri Rp 5000
Rumah Kaca Rp 5000
Maze Garden Rp 1000
Parkir motor Rp 10.000
Parkir mobil Rp 15.000
Parkir minibus Rp 20.000
Parkir bus Rp 25.000

Lokasi Taman Bunga Nusantara/Nusantata Flower Garden
Perlu Anda ketahui bahwa tempat wisata bunga inj memiliki banyak sekali sebutan. Beberapa di antaranya adalah Taman Bunga Nusantara Bogor, Taman Bunga Puncak, Taman Bunga Cipanas, dan nama yang kita pakai saat ini adalah Taman Bunga Nusantara atau Nusantara Flower Garden. Meski berbeda-beda sebutan, tapi tetap merujuk pada tempat yang sama, kok. Namun, secara administratif terletak di wilayah Kabupaten Cianjur.

Tepatnya di jalan Mariwati KM 7, desa Kawungluwuk, kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat di Google Map atau Aplikasi Waze.

Rute Menuju Taman Bunga Nusantara/Nusantara Flower Garden 
Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan menengok panduan rute di Google Map, atau jika ingin menggunakan kendaraan umum, maka berikut adalah rute yang bisa Anda gunakan:

Menggunakan Bis jurusan Bogor – Cianjur, atau Bis Bandung – Jakarta yang rutenya via puncak. Turun di pertigaan Hanjawar (taman bunga nusantara). Umumnya sopir dan kondektur Bis sudah tahu tempat ini.
Lanjut dengan naik angkot jurusan Cipanas – Loji, dan turun di pasar GSP.
Dari pasar GSP naik angkot Cipanas – Mariwati dan turun langsung di taman bunga nusantara.

Hotel Dekat Taman Bunga Nusantara/Nusantara Flower Garden
Anda bisa menginap di wisma dan camping ground saung mini di area taman bunga. Jika tidak biasa tidur di lokasi terbuka, terdapat kamar bisnis dan standar dengan tarif Rp 325.000 s/d Rp 400.000/malam. Oya, untuk yang berminat camping ground, telah disediakan fasilitas lengkap untuk paket keluarga, sekolah, ataupun perusahaan. Waah, asyik banget, ya?