Tempat Oleh-Oleh Khas Jakarta Timur Paling Melegenda

Jakarta kota metropolitan dengan banyak ragam pendudk yang berasal dari berbagai jenis suku dan budaya ada disana. Selain itu Jakarta juga menjadi kota yang dihuni oleh jutaan orang dengan bermacam-macam pekerjaan. Banyak gedung yang berdiri megah, mall-mall, rumah, dan juga perusahaan. Berbagai jenis macam proyek terbaru sudah ada disana. Kemajuan zaman yang signifikan bukan.

Lantas dengan begitu apakah menjadikan adat dan tradisi tergerus oleh zaman? Ternyata tidak, masih ada beberapa warga asli dan juga luar daerah yang peduli pun mendirikan berbagai tempat sebagai pengembangan dan juga tetap melestarikan adat dan tradisi asli  Jakarta. Baik itu berupa sanggar seni, rumah produksi, maupun upaya lain. Demi menjaga kelestarian seperti kesenian daerah dan juga makanan khas yang sudah jarang.

Makanan tradisional yang saat ini hanya bisa dijumpai di tempat tertentu. Tentunya tempat khusus yang menyediakannya seperti halnya pusat oleh-oleh. Ya, ada beberapa tempat oleh-oleh di Jakarta yang bisa dikunjungi untuk bisa mendapatkan berbagai macam makanan tradisional, baik itu khas secara turun temurun maupun hasil kreasi dan perpaduan dari keduanya. Lalu dimana saja kita bisa mendapatkan oleh-oleh di Jakarta Timur. Berikut ada beberapa rujukan yang dikumpulkan dari berbagai sumber :

1. Toko Oleh Oleh Bogor
Toko Oleh Oleh Bogor
Ilustrasi Toko Oleh Oleh Bogor via geraldyharley.blogspot.com

Terletak di Gg. Madrasah No.40, RT.2/RW.1, Pinang Ranti, Makasar, Kota Jakarta Timur ini menyediakan bermacam-macam oleh-oleh khas Jakarta. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau.

2. Warung Cemilan Lapis Bogor Sangkuriang
Warung Cemilan Lapis Bogor Sangkuriang
Warung Cemilan Lapis Bogor Sangkuriang via warung-cemilan-lapis-bogor.business.site
Menjual makanan dan camilan khas oleh oleh Bogor dan juga oleh-oleh dari beberapa tempat lainnya ada disini. Buka sekitar pukul 07.00-21.00 WIB, cukup lama bukan!
Terletak di jalan raya Cileungsi-Jonggol, tepatnya di depan SPBU sekitar 1 kilometer dari Ramayan Cieungsi.

3. Warung Mpok Nini,
Warung Mpok Nini
Warung Mpok Nini via oleholehbekasi.co.id
Ternyata Warung Mpok Nini buka banyak cabang di Jakarta. Untuk di Jakarta Timur kamu bisa kunjungi di jalan Belanak 2, Jakarta Timur. Ada banyak jenis oleh-oleh khas Jakarta yang bisa kamu dapatkan disini.

Legend-nya Oleh-Oleh Khas Jakarta Timur Berupa Camilan
Beberapa referensi tempat sudah ada kan. Nah, selanjutnya kamu juga perlu tahu jenis oleh-oleh asli dari Jakarta Timur. Agar nantinya bisa memilih jenis oleh-oleh sesuai keinginan kamu. Selain itu, kamu juga bisa mulai buat daftar belanja. So, langsung saja di bawah ini oleh-oleh khas-nya.

1. Bir Plethok
Bir Plethok
Bir Plethok via birpletoksumarno.blogspot.com
Salah satu minuman khas yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah. Bir ini tidak mengandung alkohol sama sekali, sehingga aman dikonsumsi. Terbuat dari bahan-bahan rempah pilihan seperti batang serai, jahe dan lain-lain yang berfungsi menghilangkan rasa capek dan pegal-pegal setelah seharian beraktifitas. Mengatasi masuk angin dan juga menghangatkan tubuh. Dan kabar bagusnya lagi, bir ini tersedia dua pilihan. Ada yang bentuk cair dan juga serbuk. Tergantung kamu lebih menyukai yang mana, sama-sama enak. Untuk diminum diperjalanan lebih baik pilih bir dalam bentuk cair, sedangkan untuk oleh-oleh keluarga pilih yang serbuk, sebab dikemas dengan cara yang praktis dan mudah dibawa kemanapun.

2. Kembang Goyang
Kembang Goyang
Kembang Goyang via tokomesinjakarta.com
Makanan yang sudah ada sejak zaman dulu ini ternyata masih ada hingga sekarang, warnanya mencolok dan berbentuk menyerupai matahari ini tersedia di toko oleh-oleh setempat. Rasanya yang manis dan bertekstur renyah sukses menjadikan kembang goyang sebagai sasaran utama oleh-oleh yang dibawa pulang bagi sebagian orang.

Selain itu daya simpan yang bisa dibilang tahan lama pun menjadi nilai tambahan untuk oleh-oleh yang satu ini. Jadi sangat cocok untuk dibawa pulang bagi kamu yang jauh dari Jakarta.

3. Dodol Betawi
Dodol Betawi
Dodol Betawi via khasjakarta.co.id
Makanan yang sudah menyebar di seluruh pelosok negeri, dan menjadi ciri khas juga termasuk dibeberapa tempat termasuk Jakarta. Rasanya yang manis dan legit dengan tekstur lengket tapi lembut memanjakan lidah penggemar dodol. Apalagi saat ini sudah tersedia dodol dengan aneka varian, selain dodol original betawi yang terbuat dari ketan hitam atau putih, ada juga dodol durian sebagai variasi dan kreasi baru.

4. Kue Cubit
Kue Cubit
Kue Cubit via pergikuliner.com
Dinamakan kue cubit karena proses pembuatannya ada dengan cara dicubit, kue ini populer di zaman tahun 90-an sebagai oleh-oleh jajanan khas. Dengan berbagai macam varian rasa yang tersedia menjadikan kue cubit ssebagai salah satu kuliner oleh-oleh khas Jakarta Timur. Dibandrol dengan harga antara Rp. 12.000,- sampai Rp. 15.000,.  Tergantung ukurannya.

5. Biji Ketapang
Biji Ketapang
Biji Ketapang via khasjakarta.co.id
Merupakan salah satu makanan kering khas Jakarta. Terbuat dari bahan parutan kelapa dan tepung terigu ditambah dengan bahan lain. Setelah menjadi adonan dibentuk sedemikian rupa seperti biji ketapang. Setelah itu digoreng sampai kering. Biji ketapang bisa didapatkan di toko oleh-oleh setempat, bisa juga dengan mengunjungi pasar tradisional.

6. Kue Duit
Kue Duit
Kue Duit via mamikos.com
Salah satu kue di Jakarta dengan nama yang begitu unik. Karena bentuknya menyerupai kepingan uang logam, makanya dinamakan kue duit. Kue dengan citarasa manis dan renyah ini paling cocok dinikmati saat berkumpul bersama keluarga maupun teman-teman tercinta, ditemani dengan teh hangat makin menambah suasana menyenangkan. Kamu bisa mendapatkan kue duit ini dengan membeli di pusat oleh-oleh, dan untuk ukurannya tersedia kemasan kecil. Kalau kurang kamu bisa membeli kemasan kiloan.

7. Rengginang
Rengginang
Rengginang via indonesiakaya.com
Makanan yang terbuat dari nasi yang dikeringkan ini dijadikan camilan khas yang mengena dihati, pasalnya harganya yang merakyat, rasanya nikmat ini pun juga mengenyangkan.  Tersedia dengan kemasan plastik yang bisa kamu bawa pulang. Rasanya yang gurih dan renyah ini sangat cocok dinikmati sewaktu perjalanan. Baik saat santai maupun berkumpul dengan orang lain.

8. Kue Sagon
Kue Sagon
Kue Sagon via travelingyuk.com
Selanjutnya ada kue yang juga nggak kalah enak dengan camilan lainnyayaitu Kue Sagon. Kue yang sering dicari sebagai buah tangan ini terbuat dari tepung beras yang disangrai, sehingga menimbulkan aroma yang khas, apalagi rasanya. Hmmm...pasti enak.

Tersedia dengan berbagai macam bentuk ada bulat, kotak, lingkaran, lonjong dan lain-lain. Tinggal pilih bentuk yang kamu suka. Harganya ramah di kantong alias murah. Untuk kamu jangan lupa beli kue sagon untuk keluarga dan orang tersayang di rumah ya, biar mereka juga mencicipi nikmatnya jajanan khas Jakarta Timur.

9.  Akar Kelapa
Akar Kelapa
Akar Kelapa via oleholehjakarta.co.id
Seperti namanya, akar kelapa berbentuk mirip dengan bagian bawah tanaman kelapa ini, sebagian lainnya menamai kue ini dengan sebutan kue procot, sebab dalam proses pembuatannya, kue ini diprocotkan ke dalam wajan yang berisi minyak panas.

Rasanya yang enak dan juga unik ini, menjadikan kue procot diburu oleh sebagian turis sebagai oleh-oleh khas Jakarta Timur untuk keluarga di rumah.

Legend-nya Oleh-Oleh Khas Jakarta Timur Berupa Souvenir
Nah, beberapa camilan sudah diulas sedikit. Saatnya souvenir apa yang cocok untuk kamu bawa pulang sebagai tambahan oleh-oleh. Berikut ada beberapa jenis yang dapat menjadi pilihan buat kamu ya Guys. Cekidot.

1. Boneka Ondel-Ondel Mini
Boneka Ondel-Ondel Mini
Boneka Ondel-Ondel Mini via tirto.id
Kan sudah kenal dengan ondel-ondel, salah satu boneka khas Betawi yang diisi manusia untuk menjalankannya, agar bisa berjoget, bergerak dan berjalan. Nah, jika kamu ingin mendapatkan ondel-ondel yang bisa dibawa pulang, kamu bisa mencari ondel-ondel versi mini di berbagai toko oleh-oleh yang menyediakan pernak pernik aksesoris. Tersedia juga dengan versi mini seperti gantungan kunci, kalung, gelang dan lain-lain.

2. Miniatur Monas
Miniatur Monas
Miniatur Monas via tokopedia.com
Saat ini juga sudah tersedia monas dengan ukuran mini yang bisa kamu bawa pulang ke rumah sebagai kenang-kenangan. Ada banyak ukuran yang tersedia. Kamu bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh dan suvenir di Jakarta Timur.

3. Kain Kebaya Betawi
Kain Kebaya Betawi
Kain Kebaya Betawi via jualkebayaencimbetawi.blogspot.com
Membeli oleh-oleh berupa kain adat, bisa menjadi alternatif untuk kamu lho. Apalagi punya saudara yang hobi fashionable, oleh-oleh berupa kebaya mejadi pilihan tepat, sebab bisa dibuat baju yang bisa dikombinasikan dengan bawahan jenis kain apapun.

Ada banyak sekali oleh-oleh khas Jakarta Selatan yang masih ada hingga saat ini, sebagai warga negara yang cinta negerinya, tentu kita juga patut menghargai, mengapresiasikan dan juga menjaga warisan leluhur agar tidak hilang, seperti halnya makanan tradisional.

Mengenal bermacam-macam jenis makanan di daerah, merupakan salah satu upaya mengenali budaya sendiri lho. Kita akan mengenal keanekaragaman makanan dengan cita rasa yang unik dan khas.

Nah jika kamu ke Jakarta untuk keperluan liburan atau lainnya, jangan lupa mampir dan membeli oleh-oleh khas Jakarta Timur ya. Jadikan perjalananmu menyenangkan bersama orang-orang tercinta dengan mencicipi jajanan khas dari Jakarta Timur.