Ini Dia, 12 Tujuan Wisata di Salatiga Yang Rekomended Keren Abis

Sudah bukan hal baru lagi jika Jawa Tengah sudah dikenal sebagai salah satu provinsi terpadat di Indonesia. Di dalam Provinsi ini, tentunya banyak terdapat kabupaten dan kota, salah satunya adalah Salatiga. Kota tersebut menyimpan banyak sekali kenangan dan kekayaan khas seperti makanan dan cendera mata. Kota ini berbatasan dengan kabupaten Semarang.

Sama dengan kota atau kabupaten di Jawa Tengah lainnya, Salatiga juga menyimpan potensi wisata dan tempat liburan yang mengagumkan. Bahkan didukung pula dengan adanya banyak penginapan dan rumah makan yang membuat liburan Anda semakin menyenangkan di kota Salatiga ini. Anda bisa memilih berbagai hiburan, mulai dari tempat wisata alam hingga water park buatan.

Nah, bagi Anda yang hendak mengunjungi  kota ini, maka berikut adalah 12 tempat wisata di Salatiga yang reccomended keren abis:

1. Air Terjun Umbul Songo
Air Terjun Umbul Songo
Air Terjun Umbul Songo via rentalmobilsemarang.info
Tempat wisata di Salatiga yang akan kita bahas pertama adalah Air Terjun Umbul Songo yang telah menjadi salah satu icon dari kota ini. Meski tidak berada persis di Salatiga, namun banyak yang menjadikan objek ini sebagai Wisata di Salatiga. Lokasi Air Terjun Umbul Songo sendiri terletak tidak terlalu jauh dari Salatiga, yaitu sekitar 15 KM dari Kota Salatiga. Tepatnya, di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. 

Dengan ketinggian kurang lebih 15 meter, tempat ini mampu menghadirkan panorama sangat memesona. Tidak hanya sekadar menyenangkan tetapi juga menenangkan karena udaranya sejuk dan segar. Namun sangat disayangkan untuk menuju lokasi cenderung cukup sulit dan harus berjalan kaki cukup jauh. Tapi tenang, karena Anda bisa menyewa kuda untuk mengantarkan hingga lokasi tempat liburan ini, tentunya dengan membayar tarif menunggang kuda lebih dulu. 

2. Kopeng
Kopeng
Kopeng via sharesalatiga.id
Sama seperti tempat wisata sebelumnya, tempat wisata ini sebenarnya juga tidak sepenuhnya berada di Salatiga, karena berbatasan dengan Magelang. Meski begitu, dari pusat kota Salatiga, tempat wisata Kopeng ini hanya berjarak sekitar 8 km saja.

Mata Anda akan dimanjakan dengan  keindahan hutan pinus ditambah udara yang segar, karena memang lokasinya berada di lereng gunung Merbabu. Seperti halnya tempat wisata lain, Kopeng telah dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti penginapan, kolam renang, dan lainnya. Bahkan, di sini Anda juga bisa melakukan permainan outbound, camping, dan membeli bunga.

3. Gunung Merbabu
Gunung Merbabu
Gunung Merbabu via infomerbabu.blogspot.com
Siapa sih yang tidak tahu Gunung Merbabu, karena memang v keindahannya yang benar-benar sempurna. Ketinggiannya sendiri mencapai kurang lebih 3.000 meter dan sangat cocok dijadikan tujuan berwisata pendakian yang suka menantang adrenalin. Tidak hanya gagah, namun juga indah. Sehingga jangan heran  jika banyak pendaki yang selalu ingin mengulang petualangan menaklukkan gunung ini.

Keindahan paking spektakuler bisa Anda saksikan saat berada di Puncak Gunung, Anda dengan leluasa bisa menyaksikan keindahan kota Salatiga, danau Rawa Pening, Ungaran, juga Semarang. Di bagian selatan, Anda kan disuguhkan dengan keindahan Gunung Merapi.

4. Bukit Cinta
Bukit Cinta
Bukit Cinta via jejakpiknik.com
Tidak kalah dengan objek-objek sebelumnya, Bukit Cinta pun juga reccomended untuk dikunjungi karena pemandangannya yang memesona. Meski namanya bukit cinta, namun tempat ini bukanlah untuk memadu kasih ataupun area pacaran.

Bukit Cinta adalah sebuah taman yang menyuguhkan kenyamanan dan kesejukan sehingga cocok untuk bersantai dan menghirup udara segar guna mengusir kepenatan. Tersedia banyak arena bermain di tempat wisata ini, seperti seluncuran, ayunan, dan lainnya. Jadi, tempat wisata ini sangat pas sebagai destinasi wisata Anda dan keluarga, terutama anak-anak.

5. Danau Rawa Pening
Danau Rawa Pening
Danau Rawa Pening via wisatalagi.blogspot.com
Danau Rawa Pening adalah lokasi wisata yang sudah sangat dikenal hingga penjuru Negeri, hal itu dikarenakan legendanya yang sering kali diangkat ke layar lebar sehingga mampu meng-edukasi banyak penduduk Indonesia. Jika ansa pernah mendengar cerita tentang sebatang lidi yang ditarik dari tanah kemudian mengeluarkan air dan menenggelamkan sebuah desa? Itulah legenda danau Rawa Pening. 

Legenda itu pun masih diajarkan turun-menurun hingga sekarang, meski terlepas benar atau tidaknya asal-usul tersebut. Lokasi dari Danau Rawa Pening ini masih satu kawasan dengan Bukit Cinta, loh, dan tentu saja merupakan destinasi wisata alam yang asyik dan sayang dilewatkan. 

Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini. Selain bisa menikmati keindahan danau hanya dengan duduk-duduk di tepiannya, Anda pun juga bisa menjelajah danau yang dipenuhi dengan tanaman enceng gondok ini dengan sampan. Jika lelah berkeliling, Anda bisa menyantap kuliner yang disajikan oleh warung-warung makan yang berjejer di sepanjang danau indah ini.

6. Agrowisata Salib Putih
Agrowisata Salib Putih
Agrowisata Salib Putih via travelingyuk.com
Agrowisata Salib Putih juga masuk deretan tempat wisata di Salatiga yang tidak boleh dilewatkan, letaknya berada di Jl. Hasanudin KM. 4. Tempat ini menawarkan paket wisata yang menarik, karena menyuguhkan ecopark hotel yang dilengkapi dengan fasilitas taman bermain, kolam renang, perkebunan, dan juga outbound. Di sini juga tersedia area untuk camping.

Bukan hanya itu saja, bahkan selain memiliki panorama nan indah, Agrowisata Salib Putih juga diselimuti hawa udara yang sejuk sehingga menenangkan.

7. Altantic Dreamland
Altantic Dreamland
Altantic Dreamland via tempatwisatadaerah.blogspot.com
Di Salatiga juga terdapat objek wisata yang kekinian dan sumber seru loh, Guys. Namanya Altantic Dreamland yang mengusung konsep waterboom serta memiliki aneka wahana bermain seru, seperti kolam renang, water toys, waterboom, water ball, jet coaster, carousel, circular track, boom boom car, game center, flying fox, ATV, dan lain sebagainya.

Altantic Dreamland inj berada di Jl. Soekarno-Hatta, Isep-isep, Salatiga. Altlantic Dreamland selalu padat oleh pengunjung terutama di akhir pekan atau saat musim liburan tiba. Maklum saja, harga tiket untuk masuk dan menikmati wahana bermain di tempat ini sangatlah terjangkau, sehingga cocok untuk semua kalangan.

8. Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa via senjoyoagung.com
Selain membahas objek yang kekinian dan penuh dengan keseruan, kita juga akan memberi referensi tempat wisata yang mampu meng-edukasi. Bernama Museum Kereta Api Ambarawa, objek ini telah menjadi salah satu tempat wisata di Salatiga yang bisa menjadi destinasi wisata Anda selanjutnya. Meski berada di Ambarawa, namun lokasinya tidaklah terlalu jauh dari kota Salatiga.

Dengan mengunjungi objek wisata ini, Anda bisa melihat koleksi kereta-kereta tua yang mesinnya dijalankan dengan tenaga uap. Tak hanya melihatnya, bahkan Anda juga bisa menaikinya untuk berkeliling dengan menyewanya terlebih dahulu.

9. Tlogo Plantation
Tlogo Plantation
Tlogo Plantation via wisataagroindonesia.com
Lokasi Tlogo Tuntang ini cukup mudah diakses, letaknya berada antara Tuntang – Beringin, KM. 2 Salatiga. Objek wisata alam yang sudah diperbarui ini menawarkan wisata terpadu yang asyik untuk mengisi liburan Anda dan keluarga.

Anda bisa berfoto ria di setiap sudut lokasi ini, karena semuanya sangat indah. Bahkan, di sini Anda juga bisa menjelajahi perkebunan kopi, menikmati rimbunnya pepohonan yang asri dan menyejukkan. Nah, bagi Anda yang hobi bermain tembak-tembakan, di sini tempat yang tepat untuk menyalurkannya, karena tersedia permainan pint ball juga, loh. Sangat mengasyikkan, bukan?

10. Senjoyo
Senjoyo
Senjoyo via noviyanto.com
Setelah lelah berkeliling objek wisata alam, Mama Senjoyo adalah tujuan selanjutnya yang sangat pas. Senjoyo sendiri merupakan sumber mata air yang dikemas dalam kolam-kolam pemandian dan kolam renang yang menarik untuk dikunjungi. 

Jika ditilik di peta, memang Senjoyo ini masih berada di Kab. Semarang. Namun lokasinya tidak jauh dari Salatiga sehingga banyak yang menyebutnya wisata kolam renang di Salatiga. Tempat wisata ini selalu ramai pada sore hari, terutama saat akhir pekan atau musim liburan.

11. Arrowhead Park Salatiga
Arrowhead Park Salatiga
Arrowhead Park Salatiga via festivaljalanjalan.com
Bagi beberapa orang, menunggang kuda adalah sebuah hobi yang amat menyenangkan. Bagi Anda yang bertandang ke Salatiga dan mencari objek wisata yang menyediakan fasilitas menunggang kuda, maka Arrowhead Park Salatiga sangat reccomended untuk dikunjungi. 

Objek wisata yang menyediakan arena berkuda ini berada di pedesaan Tegal Waton, atau di depan lapangan pacuan kuda Tinggir Salatiga. Di sini, Anda bisa menikmati beragam paket berkuda yang ditawarkan.

12. Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti via idntimes.com
Tempat Wisata ini menyediakan kolam renang yang berada di Puncak Bukit. Udaranya sangat dingin dan masih alami. Pengunjung juga bisa menikmati wahana lain seperti flying fox. Keunikan lain di tempat wisata ini adalah kolam renang yang dibangun bertingkat sesuai dengan kedalamannya. Cocok untuk mengajak anak kecil juga.

Jika Anda seorang yang hobi travelling pastinya mengunjungi tempat-tempat wisata yang berbeda memberikan kesan dan makna tersendiri, apalagi tempat-tempat wisata baru. Dan beberapa tempat di atas tentu akan menambah wawasan dan pengalaman berwisata Anda.