10 Fakta Mengejutkan Wisata Karang Resik, Tempat Iconix di Tasik

Ternyata, Jawa Barat tidak hanya menyuarakan Bandung dan Bogor saja yang memiliki banyak lokasi wisata, masih ada beberapa kota lain yang kini mulai Hits. Salah satunya adalah Tasikmalaya yang juga turut serta mewarnai kekayaan pemandangan indah, bahkan tidak jarang juga memberikan edukasi. Dan di Tasikmalaya, kini telah berdiri Taman Wisata Karang Resik yang berupa taman cantik dengan desain keren, pokoknya, sangat memesona dan reccomended banget untuk dikunjungi. 

Mengenal Wisata Karang Resik
Kepopuleran tempat wisata ini tentu pernah menggores sebuah sejarah yang mendasari berdirinya tempat berupa taman nan indah ini. Beberapa fakta di baliknya, memang belum banyak diketahui oleh publik, namun bisa dikatakan unik dan juga perlu dicari tahu. Nah, bagi Anda penggemar wisata alam, maka boleh juga untuk membaca artikel ini sampai tuntas. Agar tidak hanya panoramanya saja yang terlintas di benak, namun juga jatuh bangun wisata alam yang telah menjadi ikon Tasikmalaya ini.

1. Wisata Karang Resik Pernah Ditutup
Kolam Bermain Wisata Karang Resik
Kolam Bermain Wisata Karang Resik via phinemo.com
Dari informasi yang telah dikumpulkan, tempat wisata Karang Resik ini sebenarnya sudah ada sejak lama, malah pada saat itu sempat menjadi tempat wisata terfavorit bagi masyarakat Ciamis dan Tasikmalaya.

Namun, karena kurangnya ide kreatif atau mungkin kendala biaya, maka keberadaannya menjadi terpuruk dan tergerus zaman, yang menjadikan banyak fasilitasnya rusak karena tak terawat. Sehingga, pantas jika mengalami kebangkrutan dan dilupakan oleh penikmat wisata alam. 

2. Wisata Karang Resik Dibuka Kembali
Taman Wisata Wisata Karang Resik
Taman Wisata Wisata Karang Resik via wartamerdeka.info
Tidak mungkin apabila tempat wisata ini ditutup dan tidak dibuka lagi kita bisa mengunjunginya. Apalagi mengenalnya, karena pasti sudah terkubur oleh zaman. Tempat Wisata Karang Resik ini resmi dibuka pada Maret 2017, meski beberapa sumber menginformasikan dalam bulan yang berbeda satu sama lain.

Pembukaan itu pun ditandai dengan kelengkapan fasilitas di dalamnya, serta kesiapan dalam memberikan pelayanan ekstra maksimal bagi para pengunjung. Pemilik dari tempat wisata ini pun sudah berbeda, karena kini telah dikelola oleh pihak swasta dan telah melakukan perubahan secara total.

Di lokasi yang sama, pihak pemilik membangun bermacam wahana kekinian yang lebih modern dan bernilai arsitektur. Sehingga, tidak hanya memuaskan mata saja. Namun juga terdapat nilai-nilai penting yang juga bisa diabadikan lewat foto. 

3. Punya Sejarah Kelam
wisata karang resik
wisata karang resik via wartamerdeka.info
Tidak lalu berdiri begitu saja, ternyata, tempat wisata yang sudah sangat Iconix ini mempunyai sejarah juga. Tempat ini menjadi saksi perjuangan prajurit Siliwangi dalam upaya mengusir penjajah Belanda pada tahun 1947, sehingga menjadikan kondisinya terbengkalai dan resmi ditutup pada 2005. 

Lalu karena ide kreatif dari sebuah pihak swasta, tempat ini lalu dibuka lagi, ada yang menyebutkan pada tanggal 17 Oktober 2017, dan sampai saat ini telah secara luas dikenal berkat destinasi liburan yang asyik dan menyenangkan. 

4. Menyediakan Spot Foto Memukau
Spot Foto Wisata Karang Resik
Spot Foto Wisata Karang Resik via phinemo.com
Hal ini bukanlah rahasia lagi. Wisata Karang Resik Tasikmalaya ini sangat cocok dikunjungi oleh keluarga, kawan maupun pasangan. Dan berkat view-nya yang sangat indah, segala penjuru tempat ini sangat cocok untuk ber-swaselfie, bahkan ada juga tempat bermain untuk anak-anak dan juga tempat bersantai bagi pengunjung dewasa dengan jamuan pemandangan taman nan elok.

Spot foto yang disediakan sangat beragam dan semua bagus-bagus. So, sangat cocok bagi Anda yang suka jeprat-jepret sana-sini, hehe. 

5. Mendukung Aktivitas Instagramable
Foto Ala  Instagramable
Foto Ala  Instagramable via wisatajoss.com
Salah satu yang membuat wisata Karang Resik ini sangat menarik adalah dari banyaknya spot foto yang disediakan dengan beragam bentuk serta pemandangannya. Namun tidak hanya spot foto keren saja, namun tempat ini juga amat mendukung Aktivitas Instagramable untuk menunjang kariernya.

Tersedia juga fasilitas hiburan yang bisa dibilang lengkap seperti peta park, cikapundung, The lodge Maribaya, Waterboom, barusen, taman bunga, Hobbit, museum 3D, Farm house, Cafe di bukit, flying fox, amphiteater, dan juga arum jream di sungai Citanduy, dan mSih banyak lainnya lagi. 

6. Banyak Bangunan Terbuat dari Bambu
Bangunan Terbuat dari Bambu
Bangunan Terbuat dari Bambu via akurat.co
Anda akan menemukan banyak bangunan yang terbuat dari bambu, sehingga, unsur kesederhanaan dan artistik sangat terasa ketika Anda singgah ke Wisata Karang Resik ini. Tidak jarang pula pengunjung memanfaatkan momen bersantai di bangunan ini dengan mengabadikannya lewat foto. Dengan penggunaan bambu sebagai bahan bangunan, tentu menjadikan pembeda tempat wisata ini dengan tempat wisata lainnya. 

7. Terdapat Banyak Miniatur Bangunan
Miniatur Bangunan
Miniatur Bangunan via ayotasik.com
ang ini juga merupakan salah satu kelengkapan paling fantastis dari Wisata Karang Resik ini, hampir semuanya sangat pas dan istimewa untuk dijadikan spot ber-selfie. Bahkan, pengunjung tidak perlu membayar lagi untuk ini. Beberapa spot yang paling menjadi incaran adalah Rumah pohon, Rumah viking, jembatan cirahong, sepeda gantung dan beberapa area lain yang masih dibangun. Kebanyakan dari pengunjung memang lebih suka berfoto dengan latar belakang berupa miniatur bangunan dan dibuat semenarik mungkin seperti aslinya. 

8. Terdapat Amphitheater Pentas Seni
Amphitheater Pentas Seni
Amphitheater Pentas Seni via kompasiana.com
Tidak hanya melulu keindahan alam saja yang disajikan oleh Wisata Karang Resik ini, melainkan juga lantunan-lantunan irama oleh beberapa band. Pertunjukan pentas seni ini muat hingga 1.000 orang penonton, meski kadang hanya diisi oleh musik penghibur saja. Semua ini diupayakan untuk kepuasan wisatawan. 

9. Terdapat Konsep Wisata Agromaret
Wisata Agromaret
Ilustrasi Wisata Agromaret via vilabotani.com
Nah, bagi Anda yang suka berkebun atau sedang ingin belajar berkebun, maka Wisata Karang Resik ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bahkan bagi ibu-ibu, juga sangat baik bila mampu mengenalkan jenis-jenis sayuran serta cara menanamnya kepada anak-anak sebagai sarana edukasi yang menyenangkan.

10. Terdapat Tempat Berbelanja
Tempat Berbelanja
Ilustrasi Tempat Berbelanja via arjuna-indonesia.blogspot.com
Karena memang kurang pas rasanya jika berkunjung ke suatu tempat wisata, namun tidak membawa oleh-oleh yang identik dengan tempat maupun daerah tersebut. Di Wisata Karang Resik ini Anda bisa menemukan banyak souvenir khas Tasikmalaya.

Sajian Wisata di Sekitaran Karang Resik
Anda tidak perlu khawatir saat kelaparan, sebab, di sini juga menyediakan area khusus kuliner yang mampu menjalani lidah Anda. Beberapa tempat kuliner tersebut berupa Cafe maupun Saung dengan variasi menu yang sangat beragam. Jika masih kurang, Anda bisa memilih keluar dan mencicipi jajanan di luar area wisata ini. 

Lokasi Wisata Karang Resik
Lokasi tempat wisata Karang Resik ini berada di Jl. Mohammad Hatta, Sukamanah, Cipedes, Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat 46131. Jam buka tempat wisata ini mulai pukul 08.00.

Rute Menuju Wisata Karang Resik
Karena banyaknya objek yang memukau itulah kini wisata Karang Resik telah difavoritkan banyak wisatawan dari Tasikmalaya maupun Ciamis, bahkan tidak jarang dari luar kota. Terdapat beberapa rute yang bisa Anda pakai untuk datang ke tempat wisata ini.

1. Rute Menuju Wisata Karang Resik dari Tasikmalaya
Anda bisa menggunakan akses pertama ini untuk mencapai objek wisata Karang Resik, yaitu dengan melewati Tugu perbatasan Kabupaten Ciamis – Kota Tasikmalaya. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dengan waktu tempuh sekitar 15 menit atau sekitar 5KM dari pusat kota. 

Jika Anda memilih menggunakan angkutan umum, maka silakan pergi ke terminal utama di Tasikmalaya dan carilah angkutan umum dengan jurusan Tasik – Ciamis – Banjar – Pangandaran. Karena letak dari Wisata ini di perbatasan Tasik, maka sangat mudah untuk melewati jalurnya, namun Anda juga perlu berhati-hati saat menuju tempat wisata ini, karena keselamatan adalah hal utama. 

2. Rute Menuju Wisata Karang Resik dari Ciamis
Anda harus tahu bahwa perjalanan dari Ciamis ke Wisata Karang Resik bisa dikatakan cukup dekat, hanya sekitar 30 menit saja dari alun-alun Ciamis. Jika Anda menggunakan angkutan umum, maka mudah saja untuk meminta kepada sopir untuk menuju tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Karang Resik
Tempat Wisata Karang Resik ini sangat luas yaitu sekitar 32 hektare dan dibagi dalam berbagai bentuk wahana yang sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata atraksi, agrowisata, edukasi dan juga wisata budaya.

Untuk tiket masuknya bisa dibilang terjangkau, hanya Rp 15.000 per orang. Jika Anda ingin menikmati wisata lain di dalamnya, maka Anda perlu membayar lagi Rp 20.000 meliputi flying fox, arung jeram, Farm house dan Waterboom.

Penutup
Saat ini, wisata Karang Resik telah menjadi area wisata populer yang diidolakan oleh para Selebgram untuk menghasilkan foto-foto Hits. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya para Selebgram yang mengabadikan momen berkali-kali di tempat Iconix ini. 

Mungkin beberapa warga Tasikmalaya, tempat wisata Karang Resik ini sudah sangat fenomenal sekali. Bahkan biasa menjadi destinasi rutin saat mempunyai waktu luang, karena memang tempatnya yang asyik dan meng-edukasi. Wajar saja jika warga sempat sudah hafal dengan tempat ini, karena memang sudah berdiri sejak lama, namun kehadiran tempat ini dalam wajah baru tentu mampu membuat siapa saja ingin berkunjung ke sana.