Wisata Kebun Teh Cianten Bogor Indahnya Hamparan Hijau Alam Pegunungan

Jalan-jalan ke kota Bogor pastinya Anda akan disuguhkan oleh banyak kekayaan di sana. Mulai dari tempat wisata kuliner yang sangat beragam sampai destinasi wisata dengan banyak View menarik.
Jika Anda adalah seseorang yang tengah mencari udara sejuk serta pemandangan hijau pegunungan, maka tempat wisata ini cukup reccommended. 

Anda bisa langsung datang ke kawasan Wisata Kebun Teh Cianten di Kabupaten Bogor yang memiliki luas ratusan hektar ini sangat efektif untuk menenangkan pikiran dari padatnya jadwal dan kebisingan kota. Anda juga disarankan membawa keluarga, yaitu anak, istri atau juga bisa berangkat bersama teman-teman. Selain bersantai dan memanjakan mata, juga disediakan sepeda untuk berkeliling menyusui tempat ini. 

Wisata Perkebunan Teh Cianten ini merupakan aset dari perusahaan perkebunan milik negara yang membawahi unit usaha serta pertanian serta telah memiliki banyak lahan di Bogor dan daerah perkebunan lainnya di Indonesia.

Sebenarnya, kebun teh di Bogor sangatlah banyak dengan ukuran luas. Namun, hanya beberapa saja yang dibuka untuk umum. Seperti yang kita kenal, beberapa di antaranya  adalah Kebun Teh Agrowisata Gunung Mas Puncak, Kebun Teh Puncak Gunung Ciliwung dan masih banyak lagi yang berada di sekitar Kabupaten Bogor.

Jika mempertimbangkan beberapa aspek, maka tempat wisata ini lebih unggul karena beberapa hal. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut. Maka berikut adalah beberapa ulasan tentang Wisata Kebun Teh Cianten:

1. Terjaga Keasriannya
Kebun Teh Cianten
Kebun Teh Cianten via udaindra.blogspot.com
Memang benar, salah satu tempat wisata di Leuwiliang yang kita bahas sekarang ini masih sangat terjaga Keasriannya. Bahkan hal itu sangat menonjol.

Jika dibandingkan dengan tempat wisata lain, akan mudah kelihatan. Sebab, tempat ini masih sangat jarang dikunjungi wisatawan karena memang belum dikenal publik. Sehingga, pemandangannya masih alami dan lingkungannya tidak tercemar.

Namun, jika ditilik, saat hari libur tempat ini bisa dibilang cukup ramai. Kalau tidak hari libur biasa ya hari Raya, pasti cukup ramai.

2. Masuk Tanpa Bayar Tiket
Perkebunan teh cianten
Perkebunan teh cianten via hebatnulis.blogspot.com
Kebanyakan tempat wisata alam pasti akan mentok tarif tiket masuk, bahkan untuk setiap wahananya. Namun tidak dengan Wisata Kebun Teh Cianten ini. Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun sebagai tiket masuk di hari-hari biasa.

Namun, beda lagi saat Anda datang di hari raya, karena Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 sampai Rp 10.000.

3. Menyediakan Petualangan Cross
Petualangan Cross
Petualangan Cross via ngobrolmotorcross.com
Tempat Wisata ini juga sangat reccomended bagi Anda yang suka kegiatan memacu adrenalin. Karena, untuk sampai di tempat ini, Anda harus melewati track atau jalur yang cukup menantang dan terjal. Anda tidak akan dibuat bosan dengan kondisi sekeliling. karena, nantinya Anda akan disuguhi pemandangan indah pohon pinus dan hutan lindung.

Jadi, usahakan untuk memakai kendaraan yang sesuai, ya. Agar tidak mengalami kesulitan di jalan.

4. Terdapat Pabrik Pengelolaan Teh
Pabrik Pengelolaan Teh
Pabrik Pengelolaan Teh via indoplaces.com
Meski terbilang asri, tetap saja, di area ini terdapat sebuah pabrik. Sebab, selain merupakan kawasan perkebunan teh, sebagian wilayahnya telah masuk sebagai hutan lindung yang masuk dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Terdapat Pabrik Pengelolaan Teh di dalam kompleks Perkebunan Teh Cianten ini, dan sekitar 70% hasil produksinya diekspor ke luar negeri. Bagi Pengunjung yang ingin bekerja sama, maka perlu mengajukan izin ke PTPN VIII terlebih  dahulu.

5. Adanya Sungai Dengan Aliran Air Jernih dan Dingin
Sungai yang Jernih
Sungai yang Jernih via news.lewatmana.com
Pemandangan alam nan indah memang bisa Anda dapatkan secara sempurna di sini. Di dalam area Perkebunan Teh Cianten juga terdapat aliran sungai yang airnya jernih dan dingin, namun keruh jika hujan mengguyur di wilayah hulu. Jadi, Anda akan lebih terpesona dengan airnya saat berkunjung tidak pada musim penghujan.

Ada lagi tempat yang disebut penduduk Pohon Pinus yang areanya sering dipakai berkemah, dengan panorama aliran air sungai di bawahnya. Selain itu ada tempat dengan pemandangan yang bagus dari ketinggian yang berada di dekat sumber panas bumi yang dikelola Chevron. 

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Pengunjung 
Umumnya, para wisatawan akan menikmat keindahan perkebunan Teh Cianten dengan melakukan hal-hal berikut:

1. TeaWalk
TeaWalk
TeaWalk via wirasel.com
TeaWalk ini biasa diartikan sebagai kegiatan berjalan kaki di sekeliling kebun teh. Setiap harinya, akan ditemukan beberapa mobil, meski tidak banyak, yang berkeliling tempat ini untuk menikmati pemandangan alam sekitar. Setelah asyik berkeliling para pengunjung juga bisa lanjut berfoto di tempat-tempat yang memiliki bacground memukau. 

2. Gowes Sepeda
Gowes Sepeda
Gowes Sepeda via dthendarwan.wordpress.com
Tidak lengkap jika hanya menggunakan mobil, karena pandangan Anda akan terbatas dan tidak bisa menikmati kesiur angin sejuk. Anda bahkan bisa mencoba trek menantang yang telah disediakan di tempat ini.

Dengan ciri-khas jalanan dari tanah dan batu, tentu akan menjadikan tempat ini begitu banyak menyediakan tanjakan, mulai yang menantang maupun biasa.

3. Camping
Camping
Camping via travelingyuk.com
Bagi Anda tranveller sejati, pasti yang akan Anda lakukan pertama kali saat terlintas akan berlibur ke tempat wisata alam adalah melakukan kegiatan Camping.

Di beberapa tempat di sini terdapat lapangan yang bisa digunakan mendirikan tenda kecil untuk sekadar sebagai tempat Camping. Sangat asyik untuk menggelar tikar di dalam atau di luar dan sekaligus untuk makan bersama dengan anggota keluarga atau dengan teman-teman lainnya.

4. Ber-selfie Ala Instagramable
selfie Ala Instagramable
selfie Ala Instagramable via udaindra.blogspot.com
Di sini juga terdapat banyak sekali objek-objek fotografi yang indah dan alami. 

Jam Buka Tempat Wisata Kebun Teh Ciaten
Tempat wisata alam ini buka mulai pukul 07.00 sampai 17.00, pastikan waktu perjalanan Anda sesuai dengan perkiraan agar bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. 

Lokasi Wisata Kebun Teh Cianten
Lokasi perkebunan Teh Cianten, Bogor ini terletak di Desa Purasari, Kec. Leuwiliang, Kab. Bogor. Luasnya perkebunan ini mencapai 850 hektar dan dikelola oleh pihak PTPN VII. Umumnya, lokasi perkebunan ini ialah berbukit dan pegunungan di sekitar kaki Gunung Halimun yang tingginya mencapai 800 sampai 1.000 meter dari atas permukaan laut. Perkebunan Teh Cianten berjarak sekitar 24 km dari Kecamatan Leuwiliang, dengan jalanan yang terus menanjak

Suhu di sini bisa diperkirakan antara 18 sampai 24°C, cukup dingin dan sejuk untuk menenangkan pikiran. Ditambah pemandangannya yang Sri nan alami.

Rute Menuju Wisata Kebun Teh Ciaten
Rute menuju tempat wisata ini bisa dibilang lumayan. Jika perjalanannya dari pusat kota Jakarta, maka akan memakan waktu sekitar 3 – 4 jam perjalanan waktu normal. Lebih baik, Anda melakukan perjalanan ke tempat inj pada pagi hari untuk menghindari macet.

Anda bisa memulai perjalanan dari Jalan Tol Jagorawi  keluar pintu tol Sentul dan lanjut ke Jalan Tol Lingkar Luar Bogor. Perjalanan kemudian diteruskan ke arah Jalan Cibadak – Ciampea menuju kampus Institut Pertanian Bogor kampus Dramaga. Lurus menuju Jalan Leuwiliang dan akan bertemu jalan yang lebih kecil yang bernama Jalan Ace Tabrani.

Oh, ya, pastikan Anda sangat berhati-hati dalam melakukan perjalanan, sebab, jalannya sempit sampai bertemu dengan kampung yang bernama Bantar Karet, Nanggung.  Berikut ini peta tempat wisata kebun teh Cianten Bogor yang bisa Anda pergunakan selama perjalanan.

Tips Berkunjung/Liburan ke Wisata Kebun Teh Cianten
Perlu ditekankan bahwa untuk berkunjung ke sebuah wilayah, harus dipastikan bahwa Anda perlu menyiapkan segalanya secara fit. Baik itu kondisi fisik, budget maupun kendaraan.

Jika akan berkunjung ke Perkebunan Teh Cianten, pastikan roda kendaraan dalam keadaan baik, membawa ban serep, serta isi penuh tangki bahan bakar kendaraan Anda. 

Perkebunan Teh Lainnya di Bogor Yang Bisa Dikunjungi
Oke, memang yang seharusnya di bahas sesuai konteks adalah Kebun Teh Lainnya yang bisa dijadikan area rekreasi di Bogor, antara lain:
1. Perkebunan Agrowisata Gunung Mas Puncak
2. Kebun Teh Puncak Gunung Ciliwung
3. Taman Nasional Gunung Halimun
4. Wisata Kampung Ciguha
5. Kebun Durian Warso
6. Bukit Alesano

Itulah beberapa informasi yang bisa menggambarkan kepada Anda tentang betapa indah Wisata Teh Cianten di Bogor yang sangat asri dan bisa dijadikan objek rekreasi bersama sahabat maupun keluarga. Usahakan untuk menyiapkan segala perlengkapan dan kondisi fisik yNg baik untuk memulai aktivitas Anda di Kebun Teh Cianten.