Jelajahi Wisata di Daerah Wonogiri Paling Hits

Wonogiri adalah sebuah Kabupaten Eks-Keresidenan Surakarta yang diapit oleh 2 provinsi, yaitu Jawa Timur dan DI Yogyakarta. Kawasan ini sangat kaya dengan pegunungan nan karst nan indah dengan bentuk memanjang. Sehingga wajar jika banyak yang mengungkap bahwa Kabupaten ini mempunyai objek wisata indah berupa pantai, gua, waduk dan masih banyak wisata alam lainnya tersedia di sana. 

Bagi Anda yang merencanakan berlibur ke Wonogiri, maka lebih baik membaca artikel ini sampai habis. Berikut adalah beberapa Wisata di Daerah Wonogiri Paling Hits:

1. Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur
Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur
Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur via solo.tribunnews.com
Beokasi di Jl. Raya Wonogiri, Desa Sendang, Kec. Wonogiri, Jawa Tengah. Tempat wisata yang pertama kali kita bahas ini adalah satu referensi tujuan wisata yang berada di tepian waduk gajah Mungkur yang telah menjadi magnet bagi wisatawan untuk singgah menikmati kopi sembari menghirup udara segar di siang hari. 
 Raya Wonogiri, Desa Sendang, Kec. Wonogiri, Jawa Tengah.

Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur ini terletak di Desa Sendang yang berjarak 7 KM dari Kota Wonogiri. Objek wisata ini dilengkapi dengan Taman Satwa Langka, Kolam Renang dan Kereta Kelinci yang akan membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Bahkan, juga ada arena : Water Boom” yang memiliki macam permainan air seperti kolam ember tumpah, seluncuran berkelok serta lazy river. Di tepian waduk gajah mungkur telah tersedia fasilitas kuliner khusus bagi yang pencinta kuliner.

2. Air Terjun Kahyangan
Air Terjun Kahyangan
Air Terjun Kahyangan via soloraya.solopos.com
 Jika dilihat dari namanya, pasti beberapa orang akan menyimpulkan keindahan objek wisata ini sangatlah indah bak Negeri Dongeng, hehe. Destinasi wisata Kahyangan merupakan tempat wisata yang berupa air terjun, namun ada kaitannya dengan hal-hal yang mistis salah satu wisata yang menawarkan potensi wisata spiritual . 

Air Terjun Khayangan berlokasi di dusun Dlepih, kecamatan Tirtomoyo atau sekitar 47 km dari ibu kota Wonogiri, perlu waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Selain sangat kental dengan nuansa mistik, kawasan di sekitar Kahyangan juga menawarkan pesona alam yang begitu cantik.

Yang lebih membuatnya mengagumkan adalah lokasinya yang berada di kawasan hutan alam sehingga gemercik air sungai dan indahnya kicauan burung yang terbang bebas bukan menjadi hal yang aneh lagi.

3. Watu Plinteng Semar
Watu Plinteng Semar
Watu Plinteng Semar via wonogiri.wordpress.com
Watu Plinteng Semar inj berada di Kawasan Taman Selopadi ya g berjarak 200 m dari pusat kota Wonogiri. Atau lebih tepatnya di Wonogiri, Giripurwo, Kec. Wonogiri, Wonogiri, Jawa Tengah 57612.

Berat batu yang dijuluki Watu Plinteng Semar ini mencapai berat 25 ton dan bersandar pada pohon asem Jawa yang sangat besar, inilah yang menjadi daya tarik utama dari Taman Selopadi sangat cocok area bersantai bagi masyarakat.  

Taman ini memiliki luas sekitar 0,5 hektar dan pengunjung dapat menikmati panorama kota Wonogiri dari ketingian Plinteng semar menjadi salah satu landmark kota Wonogiri karena letaknya dipinggir jalan raya utama Wonogiri-solo.

4. Cagar Alam Danalaya
Cagar Alam Danalaya
Cagar Alam Danalaya via teluklove.com
Memang tidak ada habisnya jika membahas keindahan destinasi wisata alam, salah satunya adalah Cagar alam Danalaya merupakan cagar alam yang didalamnya didominasi hutan jati yang menawarkan berbeda dengan cagar alam lainnya, yang kayunya khusus diperuntukkan untuk membangun istana raja Surakarta. Pohon jati di cagar alam ini yang paling menyita perhatian, sebab pohonnya berukuran sangat besar. 

Bagi Anda yang merupakan pencinta alam, maka silakan kan mampir kesini ini karena Obyek wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang mempunyai latar belakang minat khusus atau pencinta alam.

Apalagi bagi Anda yang menyukai tantangan, karena di sini juga menyediakan area Camping, outbond dan lain sebagainya. 

5. Gantole Wonogiri
Gantole Wonogiri
Gantole Wonogiri via datawisata.com
Gantole Wonogiri ini berlokasi di Sepanjang Sendang, Kec. Wonogiri, Wonogiri, Jawa Tengah 57615. Sangat lengkap apabila Anda  datang ke waduh gajah mungkur di Wonogiri, sekalian mengunjungi Gantole yang berada persisi di utara waduk. Sebuah bukit di Desa Sendang yang menjadi tempat peluncuran gantole dan paralayang, dengan ketinggian 200 m dan 400 m, sehingga pemandangan daratannya sangat terlihat jelas. 

Gantole sendiri merupakan sebuah lokasi, yaitu gantole atas dan gantole bawah. Menurut beberapa kabar yang beredar luas, banyak wisatawan yang lebih senang berada di bawah, karena pemandangan perairan Waduk Gajah Mungkur bisa lebih terlihat jelas.

6. Girimanik
Girimanik
Girimanik via yogyakarta.panduanwisata.id
Girimanik ini merupakan nama objek wsiata berupa air terjun, lokasinya berada di Desa Setren, Slogohimo, 40 km dari Kota Wonogiri, dengan air terjun Manik Moyo (70m), Tinjo Moyo (30m), dan Condromoyo. Ada petilasan Raden Mas Said bernama Batu Resi. Objek wisata ini sangat cocok untuk background ber-selfie Ala Instagramable.

7. Gua Maria
Gua Maria
Gua Maria via myridemyadventure.blogspot.com
Gua Maria merupakan salah satu objek wisata di Wonogiri yang menghadirkan suasana rekreasi bertemakan agama. Lokasinya berada di Dusun Ngampohan, Kecamatan Giriwoyo, 50 Km dari Kota Wonogiri; di sini juga terdapat sebuah sendang yang dipercaya mempunyai bermacam khasiat.

8. Gua Ngantap
Gua Ngantap
Gua Ngantap via aengaeng.com
Selain Gua Maria, juga terdapat Gua Ngantap yang berlokasi di Kelurahan Bayemharjo, Kec. Giritontro, Kab. Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, atau sekitar 50 KM dari pusat kota Wonogiri. Memang gua ini salah satu yang berada di Kelurahan tersebut. Gua ini telah menjadi tujuan bagi wisatawan selain Gua Platar. Keindahannya terdapat dalam formasi  stalaktit dan stalagmit terdapat di dalam gua ini.

9. Gua Putri Kencana
Gua Putri Kencana
Gua Putri Kencana via pesonawonogiri.wordpress.com
Wonogiri memang kaya akan destinasi alam berupa gua, ada lagi nih, namanya Gua Putri Kencana. Letaknya berada di Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, 40 Km dari Kota Wonogiri, dengan hiasan stalaktit dan stalagmit pada dinding gua yang sangat indah.

Udara di sekitar gua ini sangat efektif untuk menenagnkan pikiran serta menjadi tujuan liburan Anda di akhir pekan. 

10. Museum Karst Dunia
Museum Karst Dunia
Museum Karst Dunia via menzanusantara.com
Nahh, sangat pas apabila seharian Anda berkunjung ke berbagai tempat di Wonogiri guna menyegarkan pikiran, lalu berkunjung ke objek wisata yang mampu meng-edukasi, yaitu Museum Karst Dunia. Lokasinya berada di Desa Gebangharjo, Pracimantoro, 38 km dari Kota Wonogiri. Bisa dibilang Museum inilah yang menyandang gelar museum tersendat di Indonesia dan juga paling unik. Karena, letaknya di kawasan perbukitan gamping, dengan hamparan sawah serta hutan jati di sekitarnya.

Tentu adanya Wisata museum ini adalah guna memberi edukasi kepada wisatawan mengenai batuan karst dan sejarah gua. Ada 7 gua yang mengelilingi museum ini yaitu Gua tembus,gua Mrico/Mrica,Gua Sodong,Gua Gilap,Gua Luweng Sapen,Gua Sonya Ruri, dan Gua Potro Bunder.

11. Museum Wayang Kulit Wonogiri Indonesia
Museum Wayang Kulit Wonogiri Indonesia
Museum Wayang Kulit Wonogiri Indonesia via sumber.com
Masih seputar Museum, Guys. Di Wonogiri masih ada lagi musim yang tidak kalah legendaris. Yaitu Museum Wayang Kulit Wonogiri Indonesia yang merupakan objek wisata dengan kata cukup dekat dari pusat kota Wonogiri, yaitu hanya 15 KM saja, sekitar butuh waktu tempuh 30 menit saja, loh. Lokasinya berada di Kecamatan Wuryantoro Kabupaten Wonogiri. Anda bisa menempuh perjalanan ke Museum ini menggunakan kendaraan pribadi. 

Seperti namanya, Museum Wayang Indonesia memiliki koleksi wayang tidak hanya dari Jawa Tengah tapi juga dari daerah lain di Indonesia. Di Museum ini tersimpan ratusan koleksi wayang aneka jenis dari abad 17. Sekitar 436 buah wayang dari 15 jenis yang tertata di museum yang terletak di sebelah timur Kantor Kecamatan Wuryantoro. Anda bisa Dengan leluasa melihat dan mengenal lebih dekat pewayangan, kan? Tentu sangat edukatif!

12. Pantai Nampu Wonogiri
Pantai Nampu Wonogiri
Pantai Nampu Wonogiri via brobali.com
Selain punya banyak destinasi wisata berupa Gua, Wonogiri juga tidak kalah tenarnya dengan objek wisata pantai nan indah. Lokasi dari pantai ini berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, 60 Km dari Kota Wonogiri, namanya Pantai Nampu, Guys.

Pantai ini tentunya sudah menjadi  salah satu tujuan wisata di wonogiri ,pantai ini memiliki kawasan karts dengan panorama pantai yang begitu indah hingga membuat kita tidak beranjak ke tempat lain. Lokasi pantai ini hanya berjarak 15 km dari kecamatan Paranggupito yaitu di kelurahan Gunturharjo yang bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 ataupun mobil. Waah, lumayan dekat dan tidak menguras waktu di perjalanan, ya?

13. Pantai Sembukan
Pantai Sembukan
Pantai Sembukan via panorlens.com
Hallo, Guys, masih membahas pantai, ya. Karena memang di Wonogiri tidak hanya terdapat satu pantai saja, melainkan banyak. Pantai ke-2 yang akan kita bahas adalah Pantai Sembukan yang juga menawarkan keindahan karang yang mengapit sebuah pantai berpasir putih. Bukit karang menjulang dengan angin sepoi dipantai membuat kita nyaman lama di pantai.
Pantai Sembukan berlokasi di Dusun Sembukan, Desa Parang, Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri.