Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Dibalik Misterinya, Inilah Keindahan Lengkap dari Wisata Guci Tegal

Tegal adalah kawasan yang menduduki daerah tepi laut, namun sebagian wilayahnya juga menempati kawasan gunung, yaitu Gunung Slamet. Selain terkenal karena ketinggiannya yang paling mengangkasa se-Provinsi Jawa Tengah, ternyata Gunung Slamet ini juga mampu menyuguhkan keindahan lain di sekitar lerengnya. Bahkan, terdapat sebuah mata air ajaib yang jernih dan asri di bagian utara gunung ini. Sehingga, tidak mengherankan apabila tempat tersebut dijadikan rekreasi air sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Tempat ini biasa disebut sebagai Objek Wisata Guci Tegal.

Lokasi Objek Wisata Guci Tegal
Wisata Guci Tegal
Wisata Guci Tegal via enaknyakemana.com
Karena mampu menangkap banyak objek dari ketinggian, wajar saja karena objek wisata Guci Tegal sendiri memang terletak kurang-lebih 1.050 meter di atas permukaan laut. Sehingga, saat berada di destinasi yang berjarak 30 km dari Slawi, Jawa Tengah, itu tubuh kita akan dengan segera diterpa hawa dingin khas pegunungan begitu tiba di sana.

Obyek wisata ini terletak berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tega, yaitu tepat di bawah kaki Gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Semeru, dengan tinggi 3.428 meter di atas permukaan laut. Wah, benar-benar mengesankan, ya. Bagi Anda yang tertarik berkunjung, maka baca dulu artikel ini sampai habis. Berikut adalah ulasan tentang Objek Wisata Guci Tegal.

Jalur Menuju Objek Wisata Guci Tegal
Jalur Wisata Guci Tegal
Jalur Wisata Guci Tegal via fotowisata.com
Seperti tempat wisata lainnya, untuk menuju Guci Tegal pastinya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun umum. Apabila menggunakan kendaraan umum, dari Kota Tegal Anda harus lebih dulu naik kendaraan menuju Purwokerto.

Dan setelah melewati pusat kota Slawi, Anda akan tiba di daerah Kec. Lebaksiu, di. pertigaan Yomani terdapat tanda penunjuk jalan ke arah Guci. Nah, di situlah perjalanan Anda makin lancar karena sudah melihat penunjuk tersebut.  Jaraknya sekitar 25 kilometer dari sana.

Jika Anda menempuh dari Slawi, maka silakan naik bus jurusan Bumi Jawa. Diperlukan sekitar 30 menit perjalanan dan Anda akan sampai di desa Tuwel.  Nah, dari sana lah Anda bisa memakai kendaraan lain untuk bisa sampai ke Objek Wisata Guci Tegal.

Sedangkan jika Anda memulai perjalanan dari Pemalang, maka perlu menggunakan kendaraan pribadi, sebab tidak tersedia kendaraan umum menuju Guci Tegal. Anda bisa mengambil rute ke arah Purbalingga. Setelah tiba di pertigaan Moga, belok  ke kanan menuju ke arah Guci. Untuk lebih jelasnya, silakan melihat Google Map.

Sejarah Objek Wisata Guci Tegal
Sejarah Guci Tegal
Sejarah Guci Tegal via alampriangan.com
Sebelum mengenal jauh objek wisata yang telah Hits ini, maka simak dulu sejarahnya. Obyek Wisata Guci bermula setelah ditemukannya sumber mata air (bahasa jawa: tuk) di Desa Guci dan sudah diteliti tidak mengandung racun. Sehingga, pada tahun 1974pemandian air panas dibuka untuk umum dengan fasilitas yang masih alami dan belum memiliki fasilitas lengkap seperti halnya sekarang.

Seperti berita yang sudah turun-temurun, dulunya, para wisatawan masih mandi di bawah gua sumber mata air panas yang konon tempat itu merupakan daerah kekuasaan dayang Nyai Roro Kidul yang bertugas di wilayah sungai sebelah utara Gunung Slamet atau lebih dikenal Kali Gung. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa baca di Wikipedia.

Misteri Objek Wisata Guci Tegal
Taman wisata guci
Taman wisata guci via piknikasik.com
Hal yang menarik dari objek wisata ini juga berkaitan dari misteri yang beredar. Konon, nama Guci berasal dari zaman Wali Songo, yang ditujukan untuk menyebarkan agama Islam di Jawa Tengah bagian barat, khususnya di sekitar Tegal diutuslah seorang wali.

Kemudian, Wali tersebut diberi bekal sebuah air yang dimasukkan dalam guci atau poci. Masyarakat sangat percaya dan berbondong-bondong meminta air tersebut kepala Wali karena memiliki khasiat. 

Namun karena jumlah air tersebut jumlahnya terbatas, padahal masyarakat yang ingin menikmatinya begitu banyak, maka sang wali kemudian menancapkan tongkatnya ke tanah. Sungguh luar biasa, setelah tingkat tersebut dicabut, dengan ajaib, dari lubang di tanah bekas tongkat yang ditancapkan mengalir air panas.
Air panas tersebut sampai kini masih mengalir dan dimanfaatkan masyarakat menjadi pemandian.  

Dari cerita itulah tempat ini kemudian dikenal dengan nama Guci. Dan konon, kejadian tersebut terjadi saat  Malam Jumat Kliwon. Sehingga, sampai kini setiap malam Jumat Kliwon, banyak masyarakat datang ke Guci untuk berendam. Mereka percaya, jika melakukan hal tersebut hajat mereka akan terkabul.

Pemandian Air Panas di Guci Tegal
Pemandian Air Panas di Guci Tegal
Pemandian Air Panas di Guci Tegal via enaknyakemana.com
Pemandangan alam spektakuler akan Anda dapatkan saat dalam perjalanan maupun setelah sampai ke Objek wisata ini. Anda bisa menyaksikan hamparan kebun buah strawberry, tomat, wortel, cabai, serta hutan pinus akan memanjakan mata kita. Dan begitu sampai di objek wisata ini, maka hawa sejuk dan segar segera akan terasa.  Di sana kita bisa memanjakan diri dengan mandi di pemandian air panas.

Tersedia 2 pilihan pemandian umum, yaitu Pancuran 13  dan Pancuran 7. Air yang mengalir dari pancuran-pancuran tersebut telah dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit semisal rematik dan penyakit-penyakit kulit. Bahkan, beberapa dari wisatawan percaya bahwa air panas dari Pancuran 13 dapat memberi tuah dan kesehatan bagi siapa saja yang mandi di bawahnya.

Selain tersedia pemandian, juga terdapat sungai yang mengalir di tengah kawasan objek wisata ini, dan juga diperbolehkan bagi para pengunjung untuk berendam di sana. Air sungai ini merupakan air panas yang memiliki kandungan sama dengan kolam sebab sumber airnya sama.

Saat pertama kali Anda menyentuh air tersebut, maka Anda akan langsung terasa panas. Tetapi tenang saja, karena dengan membutuhkan sedikit waktu, kulit akan segera beradaptasi dengan panasnya air sehingga berubah menjadi terasa hangat.  Dan suasana relaksasi pun akan tercipta.

Tidak hanya menyediakan pemandian air panas, namun juga tersedia setidaknya 10 air terjun atau Curug di destinasi objek ini. Salah satunya adalah Air Terjun Jedor yang terletak di bahkan atas pemandian umum pancuran 13. Nama ini konon diambil karena dulu tanah ini memiliki ketinggian 15 meter dan dimiliki oleh Lurah bernama Jedor.

Fasilitas Yang Tersedia di Objek Wisata Guci Tegal
Wisma Wisata Guci
Wisma Wisata Guci via plus.google.com
Memang wajar jika objek wisata ini sangat digandrungi dan menjadi tujuan banyak wisatawan saat liburan. Bukan hanya wahananya saja, namun fasilitasnya juga bisa dibilang lengkap. Objek wisata ini dilengkapi dengan kolam renang atau water park dengan fasilitas cukup lengkap.  Atau jika pengunjung ingin berkeliling lokasi wana wisata Guci, bisa dengan menunggangi kuda yang disewakan dengan tarif  relatif murah.

Untuk wisatawan yang datang bersama rombongan, akan sangat menyenangkan sebab ada 2 wisma yang posisinya dekat dengan kolam renang yang bisa disewa. Masing-masing wisma berkapasitas empat dan tiga kamar dengan fasilitas queen bed, bath-up, shower dan air panas.

Juga tersedia fasilitas outbound yang terletak di sekitar Curug Jedor. Dengan nuansa lingkungan yang masih asri tentu akan membuat kegiatan outbound lebih mengesankan. Ada juga lapangan tenis, lapangan sepak bola serta bumi perkemahan bagi yang hobi Camping.

Wahana Baru di Objek Wisata Guci Tegal
Seiring dengan perkembangan wisata kekinian, pengelola Guci Tegal pun tidak diam begitu saja, hal tersebut terbukti dari adanya wahana-wahana baru yang membuat obyek wisata ini semakin menarik.
Sepeda Gantung
Sepeda Gantung via datawisata.com
Beberapa di antaranya adalah Sepeda Gantung untuk selfie pada tahun 2017, dan yang paling baru adalah Kereta Gantung. Kereta gantung tersebut digerakkan oleh tenaga listrik dengan panjang lintasan 250 meter. Wahana ini bisa dikatakan paling Hits dan menarik sebab belum ada di objek wisata lainnya.

Jika wisatawan ingin naik kereta gantung tersebut, maka bisa berangkat dari stasiun 1 ke stasiun 2 lalu kembali lagi ke stasiun 1. Sehingga total lintasan yang dilalui adalah sepanjang 500 meter. Pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp 20.000 per orang untuk menikmati wahana ini.

Oleh-oleh dari Objek Wisata Guci Tegal
Kota Slawi sangat identik dengan minuman khasnya, yaitu teh poci. Minuman ini pun sudah menjadi khas tempat ini dan diburu oleh banyak wisatawan.

Masih banyak pilihan jajanan lainnya yang juga khas dan bisa Anda bawa pulang. Misalnya saja manisan pepaya, manisan buah ceremai, buah-buahan segar, sayur-sayuran segar dan lain-lain. Jangan lupa untuk melihat-lihat kios cendera mata  atau kaos yang sesuai selera Anda. Dan apalagi Anda ingin booking hotel, bisa melalui Agoda atau aplikasi booking hotel lainnya. 

Daftar Harga Tiket Masuk Objek Wisata Guci Tegal 
Pada hari biasa:
Dewasa= Rp 5.000 + asuransi
Anak-anak= Rp 4.500 + asuransi

Pada hari libur:
Dewasa= Rp 7.000 + asuransi
Anak-anak= Rp 6.500 + asuransi