Ini Dia, 10 Objek Wisata Rekomended di Boyolali Terbaru

Boyolali yang namanya sudah sangat dikenal oleh banyak penduduk Indonesia, sebab merupakan kota penghasil susu sapi murni terbesar di  Jawa Tengah ternyata juga sudah ramai diperbincangkan karena kekayaan objek wisatanya. Boleh juga, saat berkunjung ke sana Anda ikut mencicipi susu murni tersebut.

Kepopuleran susu murninya didapat dari kualitasnya yang bagus, beberapa kafe dan warung di daerah Yogyakarta dan Solo mempercayai dan memproduksi susu sapi murni dari Boyolali. Dan karena kenikmatannya juga, susu murni ini diproduksikan ke kota-kota besar.

Boyolali juga sangat menyenangkan berkat udaranya yang sejuk, hal itu disebabkan lokasinya yang bertepatan di kaki Gunung Merapi serta Merbabu, dari itulah, sangat cocok dijadikan tujuan objek wisata. Salah satu spot terfavorit adalah pendakian ke Gunung Merbabu, pemandangannya juga sangat cantik. Apalagi saat cuacanya bagus, pemandangan pun makin indah. 

1. Lembah Gunung Madu
Lembah Gunung Madu
Lembah Gunung Madu via pewartawonogiri.blogspot.com
Jika dilihat dari namanya, mungkin banyak yang akan tertipu jika objek wisata ini berkaitan dengan madu, padahal, Gunung Madu sendiri merupakan sebuah objek wisata bersejarah.

Dahulunya, tempat wisata ini dijadikan area persembunyian bagi masyarakat setempat dari penjajah Jepang. Hal tersebut diperkuat dengan adanya bukti bahwa di dalam tempat tersebut masih terdapat 5 gua bekas peninggalan zaman penjajahan.

Jika sudah sampai di sini, biasanya para wisatawan yang datang hanya sekedar berfoto dan melihat-lihat suasana. Namun, beberapa wisatawan lain juga biasa menggunakan tempat ini untuk melakukan olahraga jogging. Jadi tidak heran jika objek wisata ini selalu banir pengunjung saat hari libur. Anda pun hanya dibebankan untuk membayar parkir sebesar Rp 2.000 saja dan tiket masuknya gratis.  Lokasi Lembah Gunung Madu ini berada di Simo-Klego, Boyolali, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Kedung Kayang
Air Terjun Kedung Kayang
Air Terjun Kedung Kayang via desamerdeka.id
Boyolali menang banyak terdapat tempat wisata air terjun yang cukup digemari oleh wisatawan, yakni Air Terjun Kedung Kayang. Air terjun ini terletak di antara gunung Merapi dan Merbabu, jaraknya sekitar 950 meter dari permukaan laut dan terletak di antara kabupaten Magelang dan Boyolali.

Banyak pengunjung yang mengaku puas sesuai bertandang ke objek wisata ini. Beberapa dari mereka, mengandalkan keindahan air terjunnya yang dingin dan deras untuk dinikmati. Dan untuk sampai ke kolam air terjun ini, Anda perlu berjalan kaki terlebih dahulu melalui rute yang telah ditentukan dengan jarak tempuh sekitar 25 menit.  

Setelah sampai di objeknya, biasanya pengunjung akan berenang atau sekadar berfoto. Rasa lelah berjalan pun akan terbayar oleh panorama alam di sana. Objek wisata ini terletak di Jl. Keteo Pass, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah 56481.

3. Ekowisata Taman Air Tlatar
Ekowisata Taman Air Tlatar
Ekowisata Taman Air Tlatar via travelingyuk.com
Bagi Anda yang suka bermain air, maka Objek Wisata bernama Ekowisata Taman Air Tlatar ini sangat reccomended bagi Anda. Tujuan utama dibangunnya tempat ini tentunya bukan untuk membelikan rekreasi saja, namun juga sebagai bentuk pemanfaatan sumber daya alam. Objek wisata ini telah berdiri sejak 1997.

Anda bisa melakukan berbagai kegiatan di sini, seperti budidaya ikan, kolam renang, maupun sekolah renang. Biasanya tempat ini dibanjiri oleh rombongan anak-anak dari sebuah sekolahan untuk melakukan ujian berenang atau sekadar liburan. Memang tempat-tempat seperti ini sangat baik untuk memberi pengetahuan kepada dan tempat bermain anak.

Lokasi objek wisata Taman Air Tlatar ini berada di Gombol, Tlatar, Kebonbimo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

4. New Selo
New Selo
New Selo via jejakpiknik.com
Seperti yang sudah saya bahas di pembukaan, Boyolali merupakan kawasan yang sejuk udaranya. Dan New Selo juga salah satunya, dan merupakan objek wisata yang mampu memberikan kenikmatan pemandangan gunung Merbabu. Pasalnya, dari tempat ini kita akan melihat langsung pemandangan gunung Merbabu yang berdiri tepat di depan lokasi ini. Lokasi New Selo sendiri berada di ketinggian yang memungkinkan pengunjung untuk melihat hijaunya pemandangan dari atas.

Jika ingin mendaki Gunung, maka pendaki biasa melewati New Selo. Di sini lah mereka bisa bersantai dan mengisi perut karena terdapat banyak sekali makanan dengan harga murah. 

Lokasi New Selo berada di Dk Plalangan, Lencoh, Selo, Kec. Boyolali, Jawa Tengah.

5. Gunung Merbabu
Gunung Merbabu
Gunung Merbabu via priyadidanu.blogspot.com
Selain Gunung Madu, masih ada tempat wisata berupa Gunung bernama Gunung Merbabu, tentu saja namanya sudah banyak dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia. Lokasi dari gunung ini berada di antara Kab Boyolali, Magelang dan Salatiga. Dan salah satu jalur pendakian yang berada di gunung ini yakni Jalur Selo di Boyolali. 

6. Kampoeng Air Kragilan
Kampoeng Air Kragilan
Kampoeng Air Kragilan via ksmtour.com
Selanjutnya adalah objek wisata di Boyolali yang mempunyai nama unik dan sangat menarik untuk dikunjungi, lokasinya berada di Dukuh Watugenuk, Desa Kragilan.

Pada awalnya, tempat ini adalah sebuah sungai dan tanah kas desa yang tidak dikelola oleh warga setempat dengan produktif. Namun, kini telah berubah menjadi  tempat liburan yang cukup diminati oleh pengunjung yang berasal dari dalam kota maupun luar kota.

Selain itu, objek wisata Kampoeng Air ini menyediakan beberapa fasilitas menarik yang disiapkan untuk wisatawan yang datang. Beberapa di antaranya adalah kolam arus, rumah makan Resto Gazebo, dan yang menarik adalah rumah batu mirip di film Harry Potter.

Lokasi objek wisata ini berada di Kragilan, Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah 57323.

7. Waduk Kedung Ombo
Waduk Kedung Ombo
Waduk Kedung Ombo via ksmtour.com
Juga merupakan objek wisata yang cukup terkenal, Waduk Kedung Ombo ini adalah sebuah waduk besar yang berlokasi di wilayah tiga kabupaten, yaitu Boyolali, Sragen serta Grobogan. Waduk tersebut diberi nama Waduk Kedung Ombo. Seperti halnya fungsi utama dari waduk pada umumnya, waduk ini pun juga untuk mengairi pesawahan di sekitar. Namun, seiring banyaknya minat masyarakat yang datang kesini maka dijadikanlah tempat ini sebagai objek wisata yang menarik dan legendaris.

Dengan berkunjung ke objek wisata ini, pengunjung nantinya akan menyaksikan pemandangan rumput hijau yang sangat luas dan memukau. Di sana pun terdapat sebuah tempat pasar tradisional yang dikelola oleh warga setempat. Dan nantinya para pengunjung juga boleh memesan ikan bakar yang secara langsung di ambil dari waduk tersebut. Tidak hanya itu, terdapat pula fasilitas lainnya seperti camping ground, tempat pemancingan serta hutan wisata.

8. Umbul Pengging
Umbul Pengging
Umbul Pengging via visitjawatengah.jatengprov.go.id
Di objek wisata yang juga cukup menarik ini terdapat sebuah kolam pemandian berukuran besar yang cocok untuk berenang. Lokasinya terletak di Desa Pengging.

Bisa dibilang cukup lengkap karena menyediakan tiga macam kolam renang yang memiliki nama tersendiri, di antaranya yaitu Umbul Ngabean, Umbul Temanten, Umbul Sungsang. Bagi yang ingin membawa anak pun  tidak masalah, karena juga tersedia  kolam pemandian khusus anak-anak yang dilengkapi permainan bola dan pelampung. 

Lokasi objek ini berada di Desa Pengging, Kec. Banyudono, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

9. Waduk Cengklik
Waduk Cengklik
Waduk Cengklik via travel.detik.com
Objek wisata selanjutnya ini juga tak kalah menarik, loh. Sebab, tempat ini mempunyai pemandangan yang memanjakan mata. Pada saat sore atau pagi hari, Merapi dan Merbabu akan tampak terlihat dari Waduk Cengklik, sungguh pemandangan yang sangat indah dan cocok untuk background ber-selfie.

Lokasinya berada di Desa Ngargojero, Kec. Ngemplak, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

10. Soto Seger Mbok Giyem
Soto Seger Mbok Giyem
Soto Seger Mbok Giyem via travelingyuk.com
Sebagai penutup, kami akan memberikan informasi menarik dan penting bagi Anda yang bertujuan untuk berlibur ke Boyolali. Jangan hanya mencari referensi tempat wisata saja ya, namun juga perlu mencari tujuan berkuliner yang enak dan pas.

Soto ini merupakan kedudukan penting dalam daftar kuliner di Boyolali. Bahkan kemunculannya membuat kuliner yang berada di kota kecil ini terkenal hingga di beberapa kota besar. Rasa kuah sotonya benar-benar segar seperti namanya. Oh ya, terdapat dua pilihan rasa yang wajib Anda coba satu persatu, yaitu soto ayam dan soto sapi. Tapi dari keduanya yang paling populer atau diminati oleh pengunjung yaitu soto sapi.

Tersedia pula makanan pendamping seperti sate ampela, sate kikil, sate ayam, sate babat, gorengan dan berbagai makanan kecil lainnya. Lokasi kuliner ini berada di Jl. Pandanaran No. 257, Kec. Boyolali, Jawa Tengah.

Itulah beberapa referensi objek wisata di Boyolali yang bisa Anda kunjungi. Selamat berlibur!