Ini Dia Referensi Tempat Wisata di Binjai Paling Populer

Bagi Anda yang bertujuan untuk menghabiskan liburan di kota Binjai, maka tidak perlu bingung lagi, karena di sana telah tersedia banyak sekali tempat wisata alam yang mampu memanjakan diri dan keluarga Anda. 

Binjai sendiri merupakan sebuah kota di Sumatera Utara dan berjarak 22 KM dari kota Medan. Meskipun termasuk sebuah kota, tetapi Binjai tidak hanya memiliki objek wisata buatan, di sana juga terdapat beberapa objek wisata alam.

Berikut adalah beberapa daftar tempat wisata di Binjai yang paling reccomended:

1. Kolam Abadi Langkat
Kolam Abadi Langkat
Kolam Abadi Langkat via medanterbaru.blogspot.com
Kolam Abadi Langkat adalah objek yang menyediakan wahana air dan akan kita bahas pertama. Lokasi Kolam Abadi Langkat ini berada di kawasan wisata alam Perulaga, Desa Rumah Galuh, Binjai, Langkat, Sumatera Utara 20771.

Bukan termasuk Sungai buatan, karena Kolam Abadi Langkat ini merupakan hulu dari sungai yang berada di sekitarnya. Yang menjadi keindahan kolam ini adalah airnya yang sangat bening dan jika dilihat dari kejauhan airnya berwarna kehijauan.

Namun jangan salah mengartikan warna hijau tersebut, karena meski dari kejauhan airnya tampak berwarna hijau, tetapi sungai-sungai di sekitarnya memiliki air yang tampak berwarna biru dan sangat jernih. Pokoknya indah sekali. Dan sangking jernihnya, Anda dapat melihat batu-batu yang berada di dasar sungai dari permukaan.

Kolam Abadi Langkat ini merupakan perpaduan antara dua hulu, yaitu dari sungai yang ada di sekitarnya dan juga merupakan hulu dari Air Terjun Teroh-Teroh. Tentunya, sungai ini tidak kalah indah dengan sungai-sungai yang berada di negara-negara Eropa.

Untuk memasuki tempat wisata ini, Anda perlu membayar uang retribusi yang bisa Anda berikan saat hendak mencapai Kolam Abadi Langkat ini, yaitu di beberapa pos pengelola.

2. Air Terjun Siluman
Air Terjun Siluman
Air Terjun Siluman via lazone.id
Lokasi objek wisata selanjutnya ini berada di Desa Garunggang, Kecamatan Sei Binge, Kabupaten Langkat, namanya Air Terjun Siluman. Untuk dapat mencapainya Anda perlu menempuh jarak kurang lebih 20 KM dari pusat Kota Binjai.

Jangan menganggap tempat ini menyeramkan seperti nama yang dipakai, sebab, meski namanya terdengar agak menyeramkan yaitu “SILUMAN” tetapi kenyataannya kecantikan air terjun itu dan keindahan alam di sekitarnya tidak mengerikan namanya. Hehe, jadi, jangan tertipu, ya!

Dahulunya, bisa dinamai “Siluman”, sebab air terjun ini terkadang ada tetapi terkadang tidak ada seperti halnya siluman yang mudah berubah-ubah wujud dan kehadirannya tidak pasti. Memang jika mendengar asal-usul namanya, jadi sedikit ngeri, ya?

Oke, bagi Anda yang hendak menuju Air Terjun Siluman Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua lalu menitipkannya di rumah warga. Setelah itu Anda harus berjalan kaki untuk mencapai air terjun tersebut. Muara yang sangat bening-kehijauan tentu mampu menarik hati siapa saja untuk menikmatinya. 

3. Namu Sira-Sira
Namu Sira-Sira
Namu Sira-Sira via youtube.com
Masih seputar objek wisata air, Namu Sira-Sira sendiri adalah sebuah tempat pemandian alam yang berada di sebuah sungai yang bermuara pada Bendungan Namu Sira-Sira. Warga di sekitar sana menyebut Namu Sira-Sira dengan nama Pantai Pangkal. Jadi jangan terkecoh jika ada yang menyebut tempat ini dengan nama berbeda-beda. 

Disebut demikian, sebab warga memang satu pemahaman jika sungai tersebut memiliki lebar yang cukup besar dan di pinggir sungai tersebut terdapat pasir sehingga menjadikannya tampak seperti pantai. Sangat unik, bukan? Tentunya Anda juga bisa berfoto ria, loh.

Lokasi Namu Sira-Sira ini berada di Jalan Perkebunan, Durian Lingga, Sei Binga, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

4. Pantai Florida
Pantai Florida
Pantai Florida via wisatakemanaaja.blogspot.com
Bukan pantai yang sesungguhnya, namun Pantai Florida merupakan sebuah pemandian, sebagian warga di sana menyebutnya Pemandian Air Namu Ukur Pantai Florida. Di sana, terdapat air terjun yang sangat indah.

Lokasi Pantai Florida ini berada di Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

5. Masjid Raya Binjai
Masjid Raya Binjai
Masjid Raya Binjai via rmolsumut.com
Tentunya banyak yang sudah mengenal Masjid Raya Binjai, karena sudah banyak dibahas di berbagai rekomendasi wisata Binjai lainnya. Tidak melulu terkenal dengan objek wisata alam, objek wisata buatan berupa tempat beribadah ini juga mudah diakses dan Hits di kalangan wisatawan. 

Masjid ini didirikan pada tahun 1840-1893, sebab itu Masjid Raya Binjai merupakan salah satu bangunan bersejarah yang berada di Kota Binjai. Apabila Anda bepergian ke kota Binjai dan kebingungan mencari masjid untuk Shalat juga untuk beristirahat, Anda bisa mengunjungi masjid ini yang beralamat di Jl. KH Wahid Hasyim No.3, Pekan Binjai, Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara 20711.

6. Masjid Agung Binjai
Masjid Agung Binjai
Masjid Agung Binjai via hariansib.co
Tidak hanya memberikan referensi Majid Raya Binjai saja sebagai tujuan melepas lelah dan melaksanakan Shalat saat di binjai. Ada juga Masjid Agung yang akan kita bahas. Seperti halnya Masjid Raya Binjai, Masjid Agung Binjai merupakan masjid yang masuk dalam bangunan bersejarah dan dibangun pada tahun1987.

Lokasinya berada di Jl. Sukarno-Hatta, Timbang Langkat, Binjai, Kota Binjai, Sumatera Utara 20735.

7. Tugu Perjuangan 1945
Tugu Perjuangan 1945
Tugu Perjuangan 1945 via pusatinfowisata26.blogspot.com
Tidak berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia, kota binjai juga mempunyai tugu, yaitu Tugu Perjuangan 1945.

Apabila Anda ingin singgah dan melakukan aksi berfoto di Tugu Perjuangan 1945 maka Anda bisa datang ke Jalan Soekarno-Hatta No.11, Tanah Tinggi Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara 20731.

8. Kampung Kuliner Binjai
Kampung Kuliner Binjai
Kampung Kuliner Binjai via topwisatasumut.blogspot.com
 Ada baiknya jika setelah lelah mengelilingi Kota Binjai, Anda kemudian beristirahat sembari menikmati berbagai makanan lezat di Kampung Kuliner Binjai yang beralamat di Jalan Medan-Banda Aceh, Tanah Tinggi, Binjai Tim, Kota Binjai Sumatera Utara 20735 ini.

Tenang saja, Kampung Kuliner Binjai ini buka setiap hari, kok. Mulai pukul 11 siang hingga 11 malam. Dipuas-puasin deh! Hehe.

9. Pasar Kaget Binjai
Pasar Kaget Binjai
Pasar Kaget Binjai via tripadvisor.co.id
Apa Anda pernah mendengar jika ada jenis pasar yang aneh seperti ini? Mungkin Anda pernah mendengar bahwa di pasar malam yang berada di Thailand beberapa pedagangnya menjual makanan-makanan yang cukup ekstrem seperti kalajengking dan laba-laba goreng?

Nah, jika Anda hobi mencoba Makanan yang demikian. Maka tidak perlu pergi jauh-jauh ke Thailand karena di Pasar Kaget Binjai Anda dapat menemukan beberapa pedagang yang menjual makanan yang lumayan ekstrem seperti sate ular dan kodok goreng. Waah, negri, ya?

Lokasi Pasar Kaget ini beralamat di Jl. Jenderal Ahmad Yani No.172, Pekan Binjai, Binjai Kota, Kota Binjai. Jam buka pasar ini mulai pukul 18:35 dan tutup setengah empat pagi.

10. Taman Merdeka Binjai
Taman Merdeka Binjai
Taman Merdeka Binjai via sumutpos.co
Tidak melulu dalam berlibur, Anda harus mencari objek wisata yang mampu memacu adrenalin. Karena ada baiknya untuk bersantai agar lelah dalam tubuh bisa hilang, tentu agar bisa beraktivitas maksimal besoknya. 

Taman Merdeka ini adalah taman kota yang berada di Tangsi, Binjai Kota, Kota Binjai. Taman ini buka selama 24 jam, loh! Jadi juga cocok untuk dikunjungi saat malam hari, karena nuansanya juga bisa lebih romantis dan indah. 

11. BSM Binjai Supermall
BSM Binjai Supermall
BSM Binjai Supermall via indonesiashoppingcenter.com
Selanjutnya adalah BSM Binjai Super Mall yang sangat reccomended bagi Anda yang suka jalan-jalan sambil Shopping. Bahkan, Anda pun bisa membeli oleh-oleh atau berbelanja untuk diri Anda sendiri, maka Anda bisa mampir ke BSM Binjai Super Mall yang berada di Jalan-Soekarno Hatta No. 14, Binjai Timur, Kota Binjai.

Jam buka Mall ini mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam dan bisa Anda kunjungi kapan pun karena memang buka setiap hari. 

12. Taman Balita Binjai
Taman Balita Binjai
Taman Balita Binjai via dlhkotabinjai.wordpress.com
Waah, Binjai lengkap sekali, ya. Selain menyediakan rekreasi bagi remaja, dewasa maupun tua. Ternyata juga ada Taman Balita di Binjai yang pastinya ditujukan bagi anak-anak. Apalagi, jika Emma g Anda datang bersama buah hati, maka sangat dianjurkan untuk mengunjungi tempat ini. 

Lokasi dari Taman Balita ini berada di seberang Taman Merdeka. Jadi, bisa sekalian melihat-lihat sekeliling, berjalan-jalan di Taman Binjai namun tetap bisa menyenangkan si kecil.

Oke, itulah beberapa rekomendasi objek wisata di kota Binjai yang bisa Anda kunjungi kapan pun, karena kebanyakan memang banyak yang buka sampai malam dan bisa dikunjungi setiap hari. Ayo, tunggu apa lagi? Pastikan hari liburmu menyenangkan, ya, Kawan. 

Jangan lupa, siapkan bekal dan kondisi tubuh fit agar perjalanan bisa berjalan lancar dan Anda sekeluarga tetap sehat hingga kembali pulang ke Rumah.