Tempat Wisata di Jogja Terbaru Dan Terbaik Paling Indah #Murah

Siapa sih yang tidak pernah mendengar kota Jogja yang bisa kita banggakan sebagai daerah pariwisata di Indonesia? 

Memang, daerah Istimewa Yogyakarta bernama asli Ngyogyakarto Hadiningrat. Namun, ternyata malah lebih dikenal dengan sebutan Jogja saja, loh. Mungkin karena sebutannya yang lebih mudah, ya, Guys. Hehe.  

Memang jika dilihat dari luasnya, memang tidak sebesar daerah-daerah lain, bahkan bisa dibilang kota kecil. Namun keberadaan keratonnya lah yang membuat Jogja menjadi unik dan banyak dikenal. Beberapa di antaranya adalah kota Gudeg dan Kota Pelajar. Dua julukan itu saja sudah membuat kota Jogja ini mempunyai ciri khas tersendiri, yakni sebagai kota tempat belajar.

Hal tersebut tentu dikarenakan jumlah universitas serta sekolah yang tercatat paling  banyak di Indonesia. Bahkan kota ini juga memiliki banyak sekali kuliner khas.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Jogja, maka berikut adalah daftar Destinasi Wisata Alam Paling Instagramable Tahun 2019

1. Jogja Bay, Pirates Adventures Warterpark
Jogja Bay, Pirates Adventures Warterpark
Jogja Bay, Pirates Adventures Warterpark via jogjabay.com
Objek wisata pertama yang kita bahas ini adalah sebuah tempat wisata keluarga yang berorientasi pada waterpark di Orlando, Amerika dan Bali, Indonesia. Bahkan, menurut kabar beredar, telah direncanakan untuk menjadikan  tempat ini sebagai waterpark terbesar dan paling megah di Indonesia. Lokasi Jogja Bay, Pirates Adventure Waterpark ini berada di desa Maguwoharjo, Depok, kabupaten Sleman. Lokasi tepatnya adalah di sebelah Utara Stadion Maguwoharjo.

Tempat wisata Jogja Bay ini mempunyai 19 wahana air, termasuk “How to Survive in tsunami and earthquake”. Sedangkan untuk harga tiket masuk ke Jogja bay sebesar Rp 60.000,00 hingga Rp 90.000,00 kecuali anak-anak di bawah umur 2 tahun. Tiket masuk ke Jogja Bay, Pirates Adventure Waterpark ini dapat dibeli dari jam 09.00-18.00.

2. Desa Wisata Kalibiru 
Desa Wisata Kalibiru
Desa Wisata Kalibiru via berdesa.com
Selanjutnya adalah Desa Wisata Kalibiru yang berlokasi di Desa Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta. Sangat indah, tempat ini tentunya mengandalkan suguhan berupa pemandangan alam yang indah, apalagi ditambah adanya wahana flying fox. 

Desa Kalibiru Jogja ini juga sangat terkenal berkat spot fotografinya yang sangat menawan dan super-instagramable, yaitu pemandangan waduk sermo serta trek bagi pejalan kaki yang miliki panjang bervariasi. 

3. Puncak Kosakora
Puncak Kosakora
Puncak Kosakora via ngetripyuk.id
Tempat wisata alam selanjutnya yang akan kita bahas ini berada di pantai  Drini yang juga merupakan salah satu pantai indah di Jogja, yaitu Puncak Kosakora, Jogja. 

Tempat ini mampu menghadirkan pemandangan laut menawan yang dapat Anda saksikan dari puncak Kosakora ini. Tempat wisata keluarga ini berlokasi di kabupaten Gunungkidul yang terkenal dengan perbukitan karstnya yang menawan.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang dan sudah bisa masuk serta menikmati berbagai spot fotografi yang juga instagramable. Selain pemandangan yang indah, Puncak di Gunungkidul Jogja ini juga merupakan salah satu camping ground yang terkenal. Pengunjung bahkan dapat menyewa dome di tempat.

4. De Mata Trick Eye Museum
De Mata Trick Eye Museum
De Mata Trick Eye Museum via zonalibur.com
Mungkin bagi beberapa orang, museum adalah sebuah tempat yang sangat tertutup, tidak berudara segar, membosankan dan lain sebagainya. Namun nyatanya, De Mata Trick Eye Museum Jogja ini dapat mengubah pandangan tersebut. Tempat wisata keluarga yang terletak di Jln Veteran, Lantai Basement Gedung Umar kayam, area XT Square. Memiliki sekitar  120 buah koleksi gambar 3D yang memukau.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 35.000 saja per orang. Museum ini buka setiap hari, mulai pukul 10.00 sampai 22.00. Apalagi, Anda akan mendapat harga khusus apabila datang saat Happy Hour, yaitu pada hari Senin dan Jumat, mulai pukul 10.00 sampai 15.00. 

5. Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan via sewamobiljogja.info
Selanjutnya adalah Kebun Buah Mangunan yang berada di Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul. Anda bisa menyaksikan banyak sekali pemandangan alam yang masih sangat asri dan indah, yaitu di daerah Bantul. Bahkan Anda juga bisa memandang sudnagj terpanjang di Jogaj, yaitu Sungai Oya. 

Namun ternyata, yang paling menjadi andalan tempat ini adalah Kebun Buah yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Salah satunya adalah Homestay, kolam renang dan ruang pertemuan. 

6. Upside Down World Jogja
Upside Down World Jogja
Upside Down World Jogja via ksmtour.com
Banyak yang mengungkap bahwa objek wisata keluarga ini sangat mirip dengan ada yang di pulau Bali. Layaknya namanya, segala sesuatu yang ada di sini hadir dengan posisi terbalik. Terbayang bukan, betapa uniknya tempat ini? 

Untuk masuk, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 40.000 sampai Rp 60.000. lokasi Upside Down World Jogja ini berada di Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, DIY. Jam buka tempat ini mulai pukul 10.00 sampai 19.00. 

7. Taman Tebing Bekasi
Taman Tebing Bekasi
Taman Tebing Bekasi via pondokdaharlaujogja.blogspot.com
Taman Tebing Bekasi juga sangat cocok dijadikan backgroudn fotografi. Tempat ini menyajikan bongkahan batu besar yang dipahat dengan karakter ukiran yang unik.

Lokasi dari Taman Tebing Bekasi ini adalah di  Pedukuhan Nglengkong, Groyokan Sambirejo, Prambanan.  Dari tempat wisata ini Anda dapat juga melihat indahnya Candi Ratu Boko yang berlatar belakang Gunung Merapi dan Merbabu. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja, Anda sudah bisa menikmati segala pemandangan di sana. Anda bisa mulai memberi tiket dari pukul 09.00 sampai 16.00.

8. Sindu Kusuma Edupark
Sindu Kusuma Edupark
Sindu Kusuma Edupark via tribunwisata.com
Lokasi objek wisata yang akan kita bahas selanjutnya ini berada di Jl. Magelang Km 2, desa Sinduadi, Mlati, Sleman. Tempat ini menyediakan banyak sekali wahana yang sangat pas untuk mengisi waktu liburan, seperti segway, sepeda terbang, bianglala, dan lain-lain. Harga tiket masuk ke tempat wisata Sindu Kusuma Edupark ini hanya berkisar Rp 15.000,00 sampai Rp 50.000,00 saja. 

9. Desa Kedungmiri
Desa Kedungmiri
Desa Kedungmiri via wiratourjogja.com
Desa Kedung Miri adalah sebuah tempat wisata keluarga yang berlokasi di Kelurahan Sriharjo, Kec. Imogiri, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempat ini mampu menghadirkan pemandangan desa yang indah dan asri merupakan andalan dari tempat wisata alam di Jogja ini. Bahkan, untuk memasuki tempat ini sama sekali tidak dipungut biaya untuk masuk ke desa wisata Kedung Miri ini.

Lebih asyiknya lagi, Anda bisa menjumpai jembatan gantung yang melintang di atas sungai Oya yang terbuat dari kayu.

10. Pantai Ngandong
Pantai Ngandong
Pantai Ngandong via youtube.com
Selanjutnya adalah Pantai Ngandong yang masih berada searah dengan Pantai Pok Tunggal di Gunungkidul, tentu menyenangkan bukan karena Anda  bisa mengunjungi keduanya sekaligus, hehe. Anda bisa melakukan banyak kegiatan di sini, salah satunya adalah snorkeling karena airnya sangat jernih. 

Letak pantai yang berada di balik bukti tentu membuatnya menyimpan banyak sekali pemandangan alam. Sangat cocok untuk dijadikan background mengambil foto. 

11. Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal via kaltim.tribunnews.com
 Lokasinya berada di Kab. Gunungkidul, Jogja. Seperti haknya deretan pantai-pantai lainnya seperti Krakal, Baron, Kukup, Watu Kodok, Indrayanti, Sepanjang, Bekah, dan masih banyak lagi.

Lebih jelasnya, letak Pantai Pok Tunggal.ini berada di Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, D IY. Harga tiket masuk ke tempat wisata pantai Pok Tunggal ini sebesar Rp 10.000,00. Anda sudah bisa bersenang-senang, menghirup udara segar dan berfoto ala Instagramable di bibir pantai. 

12. Citra Grand Mutiara Waterpark
Citra Grand Mutiara Waterpark
Citra Grand Mutiara Waterpark via citragranmutiarayogyakarta.com
Selanjutnya adalah tempat bernama Citra Grand Mutiara Watetpark yang berlokasi di Jogja, tepatnya di Perumahan Citra Grand Mutiara, Diamond Hill. Jl. Wates KM. 9, Gamping, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat ini merupakan yang sangat edukatif sebab memiliki bermacam fasilitas kegiatan outbond, dan olah raga air. Harga tiket masuk ke tempat wisata air di Jogja ini berkisar antara Rp 35.000,00 sampai Rp50.000,00. Tiket masuk dapat dibeli di ticket booth antara pukul 10.00-17.00.

13. Galaxy Waterpark
Galaxy Waterpark
Galaxy Waterpark via beritaberbeda.com
Sebagai referensi penutup, kami menghadirkan review Galaxy Waterpark yang sangat cocok dijadikan tujuan wisata sekeluarga. Lokasinya berada di dekat museum wayang Kekayon. Tepatnya ada di Jl. Wonosari km.6 Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

Seperti namanya, tempat wisata yang juga cocok dikunjungi anak-anak ini tentunya menyediakan berbagai permainan air untuk anak hingga dewasa. Harga tiket masuk ke Galaxy Waterpark sebesar Rp20.000,00 hingga Rp30.000,00 dan buka mulai dari jam 08.00-18.00. sangat menyenangkan, bukan? 

Namun, Anda perlu memasang pengawasan ekstra jika mengajak anak sendiri maupun keponakan saat berenang.