Tempat Wisata di Kawasan Kaliurang Paling Hits

Kawasan Kaliurang, Jogja ini menjadi lebih dikenal berkat adanya Gunung Merapi yang telah menjadi salah satu tujuan destinasi paling dicari oleh wisatawan jika singgah ke Jogja, bahkan ada yang memang sengaja mengunjungi destinasi wisata ini karena ingin melakukan pendakian. Pemandangan alamnya pun sangat indah dan pas dikunjungi saat akhir pekan. 

Selain wisata Gunung Merapi, banyak obyek wisata Kaliurang yang baru-baru ini ngehits, seperti Taman Reptil dan Ternak Sato Loka, the lost world castle, stonehenge merapi dan the world landmark merapi park. Tentu masih ada tempat wsiata lainnya lagi. 

Kaliurang merupakan kawasan wisata yang berada di lereng Gunung Merapi. Karena berada di area pegunungan, tidak salah lagi apabila Kaliurang memiliki suasana yang sejuk, asri dan sangat menentramkan jiwa pengunjungnya. Cocok untuk dikunjungi guna melepas penat bekerja dan menjauh dari kebisingan kota. 

Mungkin beberapa bagi Anda masih ada objek wisata daerah Sleman ini yang masih belum pernah dikunjungi atau bahkan belum Anda ketahui. Maka berikut akan kami masukkan daftar tempat wisata yang harus dikunjungi. Nah. Kaliurang yang sangat dikenal juga berkat sejarahnya yang pernah menjadi kawasan sebagai tempat peristirahatan kaum Belanda. Kini juga makin menarik dengan banyak destinasi wisata yang mampu memberikan ketenangan dan keasrian nuansa alam sekitar. Apa saja, ya? Berikut adalah referensi objek wisata asri di Kaliurang yang tetap Hits Hingga sekarang.  

Tempat Wisata Kaliurang
Sebelum menghadirkan daftar objek wisata di Kaliurang, perlu Anda tahu bahwa lokasi tempat wisata Kaliurang cukup strategis. Karena berada di daerah yang masih bisa terjangkau oleh akses transportasi roda dua. Tempatnya, Kaliurang berlokasi di Desa Hargobinangunan, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta. Atau berjarak kira-kira sekitar 27 km dari pusat Yogyakarta. Jika Anda memilih mengendarai kendaraan, biasanya wisatawan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai di lokasi wisata. Ada beberapa spot foto menarik di wisata Kaliurang ini, dan berikut adalah objek wisata reccomended dari kami.

1. Museum Gunung Merapi
Museum Gunung Merapi
Museum Gunung Merapi via babatpost.com
Tujuan wisata ke Museum Gunung Merapi ini sangat diburu oleh banyak wisatawan yang berkunjung ke Kaliurang. Dengan berada di sini, Anda bisa melihat dokumentasi letusan gunung Merapi. 
Dengan adanya tempat ini, tentunya sebuah museum yang berisikan segala hal tentang merapi bisa menjadi wahana edukasi konservasi pengembangan ilmu kebencanaan gunung api, berada di sebelah selatan Gunung Merapi.

2. The World Landmarks
The World Landmarks
The World Landmarks via joglowisata.com
Banyak yang lalu menyebut objek wisata bernama asli The World Landmarks ini menjadi Merapi Park, mungkin agar lebih mudah diucapkan dan dimengerti oleh banyak orang. Objek wisata di Kaliurang ini berada satu area dengan Museum Gunung  Merapi. 

Lalu, apa saja yang ditawarkan objek wisata Merapi Park in?
Beberapa di antaranya adalah miniatur landmark dunia, seperti menara Eiffel, patung Liberty, menara Pisa, Big Ben, dan sebagainya. Spot foto dengan background landmark dunia ini sangat indah, serasa sudah berkeliling ke dunia dan mengabadikan foto dengan ciri khas masing-masing Landmark. 

Anda cukup membayar tiket masuk sebesar  Rp. 15.000 saja dan Anda sudah dapat bergaya dan eksis di sosial media dengan foto-foto yang antimainstream di objek wisata Kaliurang ini. 

3. Jeep Merapi Lava Tour
Jeep Merapi Lava Tour
Jeep Merapi Lava Tour via lavatourmerapi.blogspot.com
Anda pasti sudah pernah mendengar paket Tour yang tentunya akan mempermudah perjalanan Anda dan membuat Anda tidak kesepian saat berlibur sendirian. Merapi Lava Tour sendiri merupakan paket wisata ke lereng merapi dengan menggunakan jeep, direkomendasikan bagi wisatawan rombongan karena untuk menghemat biaya tentunya. 

Anda tidak perlu khawatir dengan berapa jumlah biaya yang akan Anda keluarkan nanti, karena, harga yang ditawarkan tergantung paket rute yang akan dilalui. Misalnya paket tujuan keb bunker kaliadem dan tlogo putri atau ke museum sisa hartaku dan dilanjut ke makam mbah marijan. Paket Jeep Merapi Lava Tour terbagi 4, mulai dari paket Rp 350.000 hingga Rp 600.000. Terjangkau, kan?

4. Air Terjun Tlogo Muncar
Air Terjun Tlogo Muncar
Air Terjun Tlogo Muncar via ksmtour.com
Siapa saja pasti tahu bahwa destinasi sebuah Air Terjun pasti sangat indah bak Surga Dunia. Dan di Kaliurang Anda juga bisa menemukan destinasi wisata air terjun bernama Air Terjun Tlogo Muncar, letaknya di dalam TNGM, yang menjadi primadona wisata air terjun Kaliurang ini adalah suasananya yang sejuk karena berada di sekitar 800 mdpl. 

Siapa sangka, air terjun ini pernah menjadi yang terbaik dan terbesar di Jogja pada tahun 2006. Namun karena erupsi ratusan yang berakibat pada bergesernya bebatuan di sana, membuat debit air kian surut. G

5. Tlogo Putri
Tlogo Putri
Tlogo Putri via wisataku.id
Bermajn air memang tidak pernah membosankan, ya? Contohnya di Tlogo Putri Kaliurang ini yang  merupakan sebuah embung atau kolam yang dilengkapi dengan penyewaan kapan bebek air. Bukan itu saja, terdapat pula wahana bermain anak di sekitar wisata tlogo putri seperti ayunan, jungkat jungkit, bianglala dan wahana permainan lainnya. 

Lokasinya sangat menyenangkan, begitu  sejuk karena terletak di lereng Gunung Merapi, tentunya sangat mendukung untuk melakukan aktivitas seperti berjalan kaki atau santai-santai bersama keluarga.

6. Museum Ullen Sentalu
Museum Ullen Sentalu
Museum Ullen Sentalu via njogja.co.id
Masih seputar objek wisata yang mampu mengedukasi, kali ini adalah Museum Ullen Sentalu yang berada di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, DIY.

Tempat ini menyediakan berbagai seni lukis  dan masih banyak lagi spot menarik yang akan memanjakan tangan Anda untuk mengabadikan setiap moment yang ada. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Museum Ullen Sentalu akan dipandu oleh seorang pemandu berpengalaman yang akan menginformasikan secara rinci mengenai isi museum. 

Sangat variatif, koleksi di museum ini pun dibagi menjadi beberapa ruang, yaitu Ruang Seni dan Gamelan, ruang Selo Giri (lukisan tokoh-tokoh yang mewakili 4 figure Dinasti Mataram), dan masih banyak lagi. Tentunya Anda bisa bersenang-senang dan tidak mudah bosan.

7. Taman Edukasi Satwa dan Ternak Sato Loka
Taman Edukasi Satwa dan Ternak Sato Loka
Taman Edukasi Satwa dan Ternak Sato Loka via satoloka.com
Tempat Wisata yang selanjutnya ini bisa dibilang unik, karena mengusung konsep Farm House dan taman edukasi satwa. Lokasinya berada di jalan Kaliurang KM 23 Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Dengan berkunjung ke Taman Edukasi Satwa dan Ternak Sato loka, maka Anda akan diajak untuk menikmati suasana sejuk alami khas Kaliurang dan berinteraksi dengan satwa yang ada.

Tidak hanya menerima kunjungan perorangan saja, namun, Soto Loka juga menerima kunjungan untuk rombongan dengan materi edukasi satwa reptilia dan peternakan. Edukasi yang akan diberikan nanti, biasanya berupa teori dan praktik. Contohnya seperti edukasi ternak kambing perah Etawa, mulai dari proses pengambilan/pemerahan susu hingga diolah menjadi susu pasteurisasi.

Pengunjung bisa melakukan pendekatan kepada satwa dengan beberapa cara. Selain dengan berinteraksi, pengunjung juga bisa mencicip hasil olahan yang ada seperti yoghurt, ice cream, susu pasteurisasi, pudding, goat milk yoghurt, yoghurt buah asli dengan rasa yang terjamin enak. Tidak perlu ragu, Anda hanya akan dikenai biaya Tiket masuk sebesar Rp 15.000 saja. 

8. Taman Kaliurang
Taman Kaliurang
Taman Kaliurang via klikmania.net
Taman merupakan destinasi menyenangkan untuk disambangi saat liburan. Terlebih, Taman Kaliurang yang memiliki luas mencapai 1 hektar lengkap dengan permainan anak-anak di dalamnya. 

Terdapat pula bermacam tanaman dan pepohonan rindang yang membuat tempat ini begitu sejuk, cocok untuk dikunjungi bersama sahabat dan keluarga tercinta, dan tentunya Anda akan betah berlama-lama di sini. 

9. The Lost World Castle
The Lost World Castle
The Lost World Castle via idntimes.com
Tidak melulu harus keluarga negeri untuk bisa menyaksikan objek memukau. The Lost World Castle ini, banyak yang menyebutnya benteng Takesi atau tembok besar China, wisata dengan model bangunan kastil yang megah ini berada di Cangkringan, Sleman Yogyakarta. 

Tempat Wisata Di Dekat Kaliurang ini masih dekat dengan Bukit Klangon dan Stonehenge, sehingga Anda bisa mengunjungi ketiganya sekaligus.  The Lost World Castle yang artinya “dunia yang hilang”, pihak pengelola menyebutkan bahwa kastel tersebut bertujuan menyampaikan pesan edukasi tentang erupsi Gunung Merapi yang telah meluluh lantakkan desa-desa di sekitar lereng Gunung Merapi. Waah, ternyata sangat mengharukan, ya, Guys?

Terdapat beberapa artefak di sini, beberapa di antaranya menyajikan erupsi Merapi, konstruksi bangunan yang digunakan juga menggunakan bebatuan hasil erupsi.