10 Rekomendasi Tujuan Wisata di Indramayu, No. 10 Paling Kece

Berkunjung ke Indramayu adalah pilihan yang tepat untuk mengisi libur panjang. Banyak sekali tempat wisata di Indramayu yang bisa kamu kunjungi. Jika berkunjung ke sini kamu bukan hanya bersenang-senang semata, tapi ada juga tempat wisata edukasi.

Hari yang paling menyenangkan adalah saat sudah memasuki hari libur panjang. Dan salah satu yang akan dilakukan saat sudah memasuki hari libur panjang adalah bermain sepuasnya.  Di Indramayu tersedia tempat wisata alam, wahana air, sampai pantai yang memberikan panorama yang sangat indah. Berkunjung ke Indramayu tidak akan membuat Anda bosan, sebab, berbagai wisata menarik ada di sini.

Apalagi Anda bingung ingin mengunjungi tempat wisata apa, maka berikut adalah daftar 10 tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

1. Pulau Biawak
Pulau Biawak
Pulau Biawak via traveltodayindonesia.com
Pulau Biawak ini berlokasi di Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Tempat ini merupakan salah satu dari sekian tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Indramayu yang sudah sangat populer. Pulau Biawak adalah  pulau yang terletak di utara semenanjung Indramayu.  Kalau berkunjung ke sini Anda juga bisa melihat tanaman bakau yang hijau.

Seperti namanya, tebunya di pulau ini terdapat banyak sekali biawak. Biawak ini hidup di habitat air asin. Setiap menjelang sore, satwa-satwa ini berenang ke tepi pantai untuk berburu ikan. Yang lebih menarik adalah keindahan karangnya.

2. Agung Fantasi Waterpark
Agung Fantasi Waterpark
Agung Fantasi Waterpark via teluklove.com
Selanjutnya adalah objek wisata Indramayu yang mengandalkan wahana air. Lokasinya berada di Jl. Bangkaloa Ilir - Widasari No.58, Bangkaloa Ilir, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45271.

Ini sangat cocok dijadikan tujuan berlibur apabila Anda memang menyukai wahana air, sehingga jangan lupa berkunjung ke agung fantasi waterpark. Di sini terdapat kolam renang untuk anak dan dewasa, bahkan telah dilengkapi dengan fasilitas permainan air, seperti halnya perosotan, ayunan, dan juga perosotan melingkar di kolam renang khusus dewasa.

Apabila. Perencana menginap, di sini juga telah tersedia area penginapan. Jadi tidak perlu jauh-jauh mencari hotel. Jika lelah berenang, Anda pun bisa beristirahat di saung-saung yang disediakan di sekitar kolam.

3. Hutan Mangrove Karangsong
Hutan Mangrove Karangsong
Hutan Mangrove Karangsong via kompasiana.com
Bernama Karangsong karena Hutan ini berada di  Karangsong, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Tempat ini menjadi salah satu kawasan yang bisa Anda jelajahi. Anda bisa menyaksikan banyak hal menakjubkan di sini, salah satunya adalah keindahan hutan mangrove secara menyeluruh jika dilihat dari atas menara, Anda pun akan dimanjakan dengan eloknya burung yang beterbangan ke sana-kemari.

Wajar saja jika bisa menemukan banyak spesies burung di sini, karena hutan ini merupakan tempat bersinggahnya burung-burung dari berbagai negara. Anda juga bisa menyaksikan kapal tanker yang mengangkut BBM bersandar di sekitar hutan mangrove. Dari atas menara itu pula Anda bisa melihat keindahan kilang minyak Pertamina Balongan.

Tidak hanya itu saja, sepanjang jalan menuju hutan mangrove pun Anda akan melihat tempat pembuatan kapal. Ada pula masyarakat yang melakukan proses jual beli di pelelangan ikan.

4. Waterboom Bojongsari Indramayu (BSI)
Waterboom Bojongsari Indramayu (BSI)
Waterboom Bojongsari Indramayu (BSI) via radarcirebon.com
Yang satu ini juga merupakan objek wisata air, loh. Lokasinya berada di Jl. Bojong Sari, Indramayu, Bojongsari, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45214. Siapa sangka, BSI inj adalah waterboom paling luas di Indramayu, yaitu waterboom bojongsari. Apabila Anda datang ke sini, ada banyak wahana air yang bisa di coba. Tersedia pula kolam anak, kolam arus, member tumpah, dan kolam silinder. tak hanya itu ada juga permainan lain seperti mini car, ATV, badut-badut, dan lain-lain.

Perlu diperhatikan, jika Anda hendak berkunjung di hari libur, maka bersiap lah untuk berdesak-desakan dengan pengunjung yang lain. tempat ini selalu ramai apalagi pada hari libur atau weekend.

5. Pohon Randu Gede Indramayu
Pohon Randu Gede Indramayu
Pohon Randu Gede Indramayu via jalanwisata.id
Bagi Anda yang hobi foto, di Indramayu tepat di Margadadi, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat terdapat sebuah tempat wisata yang memiliki spot foto menarik, yaitu pohon randu gede. Pohon ini telah berusia ribuan tahun, dengan diameter mencapai 20 meter dan memiliki tinggi sekitar 100 meter.

Kabatnya, menurut sesepuh desa setempat, pohon ini memiliki mistis. Dan anehnya lagi, setiap  ranting yang jatuh besarnya melebihi pohon kelapa namun tidak pernah menimpa rumah maupun  balai desa di bawahnya.

Jika diakses dari sebelah barat alun-alun pendoyo Indramayu, maka akan menempuh jarak sekitar 300 meter. Tidak jarang jika tempat ini sering dijadikan lokasi berfoto sebab pohonnya yang sangat besar menjulang. 

6. Pantai Tirtamaya
Pantai Tirtamaya
Pantai Tirtamaya via oknusantara.com
Pantai menjadi destinasi wisata yang paling diburu karena banyak faktor, mulai dari pemandangan, keindahan laut dan penampakan senja nan memikat. Salah satunya adalah Pantai Tirtamaya yang berada di Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Jangan heran, pantai yang lokasinya berada di jalur pantura ini sangat ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan ataupun pemudik yang melewati jalur pantura. 

Anda pun bisa berenang sembari menyaksikan keindahan laut atau dengan menyewa ban yang sudah disediakan oleh pengelola. Jika tidak ingin berenang, Anda bisa berjemur sembari menikmati udara sekitar. 

Biasanya, selain melakukan beberapa aktivitas tersebut, pengunjung akan berjalan-jalan atau bersepeda di pinggiran pantai. Jika lelah, bisa mampir menikmati kuliner khas Indramayu yang dijajakan kantin di sepanjang pantai tirtamaya.

7. Taman Cimanuk
Taman Cimanuk
Taman Cimanuk via ksmtour.com
Di Indramayu terdapat sebuah taman bernama Taman Cimanuk. Lokasinya sendiri berada di  Penganjang, Sindang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45221. Jangan heran jika Anda baru pertama kali mendengarnya, sebab, tempat wisata ini memang masih terbilang baru. Nama Cimanuk diberikan karena memang lokasi taman ini berada di pinggiran sungai cimanuk. Dulunya, sungai ini pernah menjadi pelabuhan besar atau bandar di Indonesia.

Terdapat peninggalan bersejarah berupa tiang bendera, yang kini diabadikan di area taman cimanuk. Bahkan di taman ini sering diadakan pameran seni, sejarah dan budaya. Seperti halnya pameran lukisan pelukis lokal Indramayu, seni wayang, dan lain-lain.

Anda juga bisa bersenang-senang bersama si kecil dengan bermain berbagai permainan, seperti  jungkat-jungkit, ayunan dan lain-lain. Selain itu, Anda pun juga bisa melihat perajin batik khas Indramayu yang tengah beraktivitas di Rumah seni dan budaya. 

8. Mutiara Bangsa Science Center
Mutiara Bangsa Science Center
Mutiara Bangsa Science Center via jakbarprov.go.id
Referensi ke-8 ini merupakan objek wisata yang sangat idealis, sebab mampu memberikan edukasi dan nuansa liburan menyenangkan. Lokasinya berada di Kepandean, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45214.

Siapa sangka, tempat wisata di Indramayu ini merupakan wahana pendidikan dan rumah pengetahuan teknologi terbesar di pulau Jawa, loh! Di sini pun juga tersedia alat peraga IPTEK yang bisa kamu gunakan.

Tidak hanya itu saja, ada juga replika dinosaurus yang menjadi icon gedung mutiara bangsa. Gedung mutiara bangsa terdiri atas dua lantai, di lantai pertama terdapat alat peraga iptek, simulasi rumah gempa, sepeda gantung, dan replika dinosaurus.

Sedangkan di lantai dua, di sana terdapat gedung bioskop empat dimensi yang bisa menampung 80 kursi.

9. Pantai Balongan Indah
Pantai Balongan Indah
Pantai Balongan Indah via indramayu.top
Untuk mendapatkan foto yang super instagramable, memang perlu mencari background pas nan memukau. Pantai yang menyimpan desir ombak dan pasir jernih ini bisa menjadi tujuan berlibur menyenangkan. Di Indramayu, Anda juga bisa menemukan pantai bernama Pantai Balongan Indah, lokasinya berada di Jalan Raya Balongan, Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Anda bisa menikmati keindahan sun set dan sun rise, juga, tersedia banyak kapal nelayan yang bersandar di pantai ini. Namun memang keberadaan pantai ini memang belum terkenal seperti tempat wisata lainnya. Sehingga, lingkungannya masih sangat asri dan bersih.

10. Kolam Renang Tiga Bintang Firdaus
Kolam Renang Tiga Bintang Firdaus
Kolam Renang Tiga Bintang Firdaus via bloggermangga.com
Tempat wisata terakhir di Indramayu yang akan kita bahas adalah Kolam Renang Tiga Bintang Firdaus, lokasinya berada di Jl. Raya Subang - Cikamurang, Sanca, Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45264.

Ini merupakan tempat wisata yang menarik, Anda bisa berenang di kolam yang berstandar nasional, namun ada juga yang khusus anak-anak. Tersedia juga wahana “ember tumpah”, terapi ikan dan seluncur yang akan menambah keceriaan Anda di sini. Apabila ingin berteduh, maka Anda bisa memilih duduk di gazebo dan taman satwa. 

Tidak ketinggalan beberapa spot foto menarik pun ada di sini, seperti sepeda dengan bunga, rumah hobbit, taman love you, dan juga taman labirin.
Lihat Komentar