10 List Tempat Wisata Semarang Terbaru Yang Harus Dikunjungi

Wilayah ibu kota memang memiliki potensi besar untuk membangun pasar wisata. Seperti salah satu kota di Jawa Tengah, yaitu Semarang yang mampu menyuguhkan banyak pilihan destinasi untuk berlibur. 

Anda bisa memilih beberapa sekaligus untuk menemani waktu bersantai Anda pada hari libur. Selain lengkap dengan pilihan wisata religi, wisata pantai dan cagar budaya. Kota Semarang ini letaknya juga strategis. 

Nah, tidak perlu menunggu lama lagi, berikut ini adalah 10 daftar tempat wisata terbaru tahun 2020 di daerah Semarang, Jawa Tengah, Indonesia: 

1. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur
Air Terjun Kali Pancur via jejakpiknik.com
Posisi pertama yang kami rekomendasikan adalah Air Terjun Kali Pancur yang berlokasi di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tinggi air terjun ini mencapai 100 meter, sangat menyenangkan jika Anda bermain air di bawahnya atau hanya berfoto di sekitaran air terjun. 

Lokasi tempat wisata ini hanya 14 km dari Salatiga, menjadikan Anda lebih mudah saat bepergian dari sana atau ingin menambah daftar perjalanan ke daerah wisata di Salatiga juga. 

Air Terjun Kali Pancur berada di punggung Gunung Telomoyo yang menghadap langsung dengan wisata Rawa Pening. Anda tidak perlu khawatir saat mendaki, sebab jalanannya sudah bagus dan Anda akan disuguhi pemandangan indah di setiap langkah. 


2. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo via jejakpiknik.com
Yang kedua adalah Candi Gedong Songo yang telah menjadi kawasan wisata sejuta umat. Bangunan bersejarah ini masih eksis hingga sekarang, dan sangat cocok Anda kunjungi bersama keluarga. 

Mulanya, candi ini ditemukan oleh Raffles di tahun 1804 dengan jumlah 9 candi, mungkin itu adalah cikal-bakal dari asal nama candi tersebut. Songo berarti sembilan. Candi ini telah ada sejak 927 Masehi yang merupakan peninggalan dari zaman Wangsa Syailendra yang jaya pada abad ke-9.

Lokasinya berada di ketinggian, sekitar 1.200 Mdpl dan sangat cocok untuk menyuguhkan kepada Anda pemandangan-pemandangan indah. Anda juga bisa berkuda, mandi air panas dan berfoto di beberapa spot yang telah disediakan. 


3. Tugu Muda

Tugu Muda
Tugu Muda via asiamedan.com

Selanjutnya adalah objek wisata bertempat di Semarang Selatan yang tidak hanya memiliki satu atau dua tempat liburan menarik saja. Salah satunya adalah Tugu Muda uang populer dan kental dengan unsur sejarah. 

Tugu ini berbentuk mirip lilin dan mengandung arti semangat juang para pahlawan tanah air yang tidak gencar mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Ini adalah Tugu yang dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada mereka. 

Dibangun tanggal 10 November 1951 dan selesai pada 20 Mei 1953, bangunan bersejarah ini bahkan dihias oleh ornamen-ornamen cantik seperti air mancur, lampu-lampu, pohon cemara, serta duplikasi senjata bambu runcing. 

Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita
Museum Ranggawarsita via inibaru.id
Museum Ranggawarsita adalah salah satu tujuan yang bisa Anda tuju jika berkunjung ke Semarang menaiki kereta kemudian berhenti di Stasiun Poncol.

Jumlah koleksi di dalamnya mencapai 58.784 macam, dan Museum ini telah diresmikan sejak 5 Juli 1989. Lokasinya berada di Jl. Abdul Rahman Saleh No.1 Kalibanteng Kulon, Semarang, Jawa Tengah. 

Di sana, Anda bisa menyaksikan bermacam warisan dan benda budaya Jawa Tengah yang ditempatkan di empat bagian gedung. Masing-masing menyimpan sejarah yang berbeda-beda.

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang via cnnindonesia.com
Simpang Lima adalah tempat Iconix dan strategis sebab menghubungkan jalan-jalan utama di Ibukota tersebut. Dan di sekitaran sana terdapat daerah yang dianamai dengan; Kota Lama. Tepat ini merupakan pusat perdagangan pada abad 19-20.

Sering dijuluki sebagai “Little Netherland”, tempat ini mempunyai luas sekitar 31 hektar dan memuat 50 bangunan kuno dengan desain arsitektur khas Eropa jika dilihat dari bentuk dan ornamen-ornamennya.

Background menarik untuk mengambil foto di antaranya adalah Gereja Blenduk dan Susteran Ordo Fransiskan yang berdiri lebih dari 100 Tahun. 

6. Wisata Alam Umbul Sidomukti

Wisata Alam Umbul Sidomukti
Wisata Alam Umbul Sidomukti via mytrip123.com
Selanjutnya adalah daerah wisata yang reccommended bagi Anda dengan ciri khas kesejukan serta ketenteramannya. Cocok dijadikan pelarian dari padatnya jadwal kerja dan hiruk-pikuk kepadatan kota. 

Lokasi Umbul Sidomukti ini berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang dan telah memiliki fasilitas cukup lengkap.

Di sana, Anda bisa berenang pada kolam dengan tingkatan beda-beda. Lalu, bermain flying fox, outbound training, adrenalin games, camping ground, dan pondok wisata. Tak lupa, pemasangan alam yang disajikan tentu saja masih sangat asri dan alami. Anda hanya perlu mengeluarkan uang tiket sebesar Rp 4.000 sampai Rp 5.000 saja loh. 

7. Pantai Marina

Pantai Marina
Pantai Marina via pantainesia.com
Setelah tempat bersejarah dan pendakian, selanjutnya adalah jenis wisata air alami yang cocok jadi tempat berlibur maupun hang out bersama orang terkasih. 

Namanya Pantai Marina, berlokasi tidak jauh dari pusat kota, dengan jarak hanya beberapa ratus meter saja dari Bandara Ahmad Yani. Dan 4 km dari Tugu Muda menjadikan tempat ini begitu strategis. 

Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 15 sampai 30 menit saja, kemudian menyiapkan kocek untuk retribusinya sebesar Rp 5.000 per orang. 

Di sana, Anda bisa berenang, berkeliling menggunakan perahu, atau memancing, bahkan disediakan pelampung dan mobil balap yang bisa disewa. 

8. Water Blaster Graha Candi Golf

Water Blaster Graha Candi Golf
Water Blaster Graha Candi Golf via mytrip123.com
Agar tidak kesepian, ada baiknya Anda berlibur dengan keluarga maupun sahabat. Salah satu tempat wisata di Semarang bernama Water Blaster Graha Candi Golf ini sangat cocok sebagai tempat tujuan.

Water Blaster Graha Candi Golf ialah wahana permainan air pertama yang kerap menjadi andalan di kota ini. Di sana, ada banyak sekali pilihan permainan air, total ada 8 unit. Sangat cocok untuk memberikan pengalaman menarik bagi Anda. 

Destinasi wisata ini beralamat di Jalan Bukit Candi Golf Nomor 1, Semarang. Anda tidak perlu risau, untuk harga tiket masuk pada hari Senin hingga Jumat hanya sebesar Rp 35.000 dan di hari Sabtu-Minggu adalah Rp 50.000.

Tempat ini buka mulai pukul 13.00-17.30 di hari Senin, dan Selasa pada jam 10.00-17.30. Saat libur, tempat ini bisa buka lebih pagi, mulai pukul 07.00-17.30.

9. Lawang Sewu

Lawang Sewu
Lawang Sewu via kepogaul.com
Sepeti halnya Gedung Songo, Lawang Sewu juga merupakan objek wisata Semarang Kota yang sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara.

Lawang Sewu sangat dikenal berkat termasuk dalam tempat bersejarah. Dulunya, tempat ini berfungsi sebagai kantor NIS atau Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij. Lantas, gedung ini diganti-fungsikan menjadi Kantor Djawatan Kereta Api Indonesia (DKARI) atau PT Kereta Api Indonesia saat ini. Bahkan, gedung ini pun pernah digunakan sebagai Kodam IV/Diponegoro dan Kantor Wilayah Kementrian Perhubungan Jawa Tengah.

Nama dari bangunan tua ini terinspirasi dari banyaknya pintu yang terdapat pada bangunan ini, meski jumlahnya tidak benar-benar seribu.

Lokasinya berada tidak jauh dari Tugu Muda.  Dan siapa saja boleh berkunjung ke tempat ini sebab Lawang Sewu telah menjadi tempat wisata Iconix di kota Semarang.

10. Maron Mangrove Edupark

Maron Mangrove Edupark
Maron Mangrove Edupark via piknikasik.com
Masuk ke urutan nomor 10. Kali ini, kami akan merekomendasikan tempat Hits kekinian di Semarang yang paling ramai dikunjungi oleh kaula muda, yaitu Maron Mangrove Edupark. 

Maron Mangrove Edupark terletak di Tugurego, Kota Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya berada tidak jauh dari Bandara Ahmad Yani sehingga para pengunjung yang tengah berada di sana bisa merasakan sensasi yang unik sekaligus. Hal itu makin lenkap dengan adanya lalu lalang pesawat di udara.

Anda bisa menyaksikan hutan bakau yang direndam oleh air laut, sangat apik tatkala diserasikan dengan adanya jembatan kayu. Sangat cocok bagi Anda yabg ingin mengambil gambar. 

Bukan hanya itu saja, terdapat pula sebuah menara dengan ketinggian 10 meter. Dari atas sana, Anda bisa melihat pemandangan dengan lebih jelas. Hasil foto dari atas menara ini pun tidak terelakkan indahnya.

Untuk biaya masuk, Anda tidak perlu risau. Cukup siapkan kocek sebesar Rp 5.000 untuk menikmati semua yang ada di sana, dan Rp 2.000 sebagai biaya parkir.

Nah, itulah Daftar 10 Tempat Wisata di Semarang Terbaru 2020 yang bisa kami rangkum untuk Anda sekalian yang hendak menunaikan liburan tujuan kota Semarang. Selain tempat-tempat di atas, tentu masih banyak lainnya dan akan kami tulis di artikel selanjutnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel