10 Pantai Eksotis Jawa Timur Rekomended Tahun 2020

Jawa Timur adalah satu dari sekian daerah di Indonesia yang memiliki potensi tempat wisata melimpah. Mulai dari Museum, Gunung, Park dan masih banyak lagi. Lalu, bagaimana dengan wisata pantainya?

Tidak terelakkan lagi, wisata pantai memanglah sering diburu di akhir pekan bagi mereka yang rindu dengan udara bersih, air jernih beserta pemandangan lautnya, dan berjalan tanpa alas kaki di atas pasir-pasir halus. Apalagi, jika lingkungan pantai tersebut terjaga kelestariannya. Jadi, sangat disarankan bagi Anda untuk memilah-milah lebih duku mana saja daerah pantai yang tepat untuk Anda kunjungi guna melepas penat di akhir pekan. 

Nah, di Jawa Timur sendiri memiliki banyak opsi untuk hal itu. Tanpa tunggu lama lagi, berikut adalah daftar 10 pantai eksotis di Jawa Timur recommended 2020 bagi Anda untuk akhir pekan: 

1.Pantai Papuma – Jember 
Pantai Papuma – Jember
Pantai Papuma – Jember via pegipegi.com
Letaknya berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Untuk waktu perjalanan dari kota Jember menuju lokasi, biasanya memakan waktu cukup lama, oleh itu disarankan untuk Anda menginap semalam di sana. Jangan risau, pihak pengelola telah menyediakan penginapan dan cottage dengan kocek terjangkau, kisaran Rp 150.000 – 450.000 untuk per malam. Sedangkan harga tiket ke pantainya, cuma Rp 5.000,- sampai Rp 7.000,-

Kenapa harus Pantai Papuma?

Keunggulan Pantai ini terletak pada pemandangannya yang sangat indah. Perpaduan antara pasir putih dengan batu karang yang memenuhi di tepi pantai, sangat manis dipandang mata. Ciri menonjol dari Pantai Papuma adalah adanya tujuh karang besar yang menjulang di bagian pantai. Mirip dengan pulau sebab ukuran jarang-karangnya memang besar. Sehingga Anda bisa merasakan sensasi terpaan ombak di atas karang.

Sangking indahnya pantai ini, tidak jarang banyak pasangan yang melakukan foto pre-wedding di sana. Juga banyak para fotografer yang melelahkan landscape di titik-titik menarik dari Pantai Papuma ini. 

2.Pantai Pulau Merah – Banyuwangi
Pantai Pulau Merah – Banyuwangi
Pantai Pulau Merah – Banyuwangi via nativeindonesia.com
Lokasinya berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Hanya menghabiskan waktu sekitar tiga jam untuk menuju ke sini jika Anda bertolak dari pusat kota Banyuwangi. Hal spesial dari pantai ini ialah pemandangan kala matahari terbenam sehingga langit menjadi jingga. Tak heran jika pantai ini dijuluki Kuta-nya Jawa Timur sebab berciri khas seperti pantai di Brazil.  

Anda bisa berselancar di sana, dan pantai ini Menag telah menjadi tujuan banyak peselancar berkelas di dunia. Untuk biaya masuk, Anda perlu membayar sebesar Rp 25.000,- sampai Rp 50.000,- saja. 

3.Pulau Sempu – Malang
Pulau Sempu – Malang
Pulau Sempu – Malang via piknikasik.com
Masih selokasi dengan Pantai Sendang Biru, beralamat di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Pulau ini telah berada di bawah lindungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam.

Pulau Sempu menyimpan ekosistem seperti hutan bakau, hutan pantai, dan hutan tropis dataran rendah dan merupakan cagar alam, dan telah diresmikan sejak Tahun 1928. Makin ke sini, banyak yang berkunjung ke Pantai Sendang Biru lalu membuat camp di Pulau Sempu, biasanya mereka menyeberang pakai perahu nelayan. 

Keistimewaan Pulau ini terletak pada Laguna Segara Makan di dalam pulaunya, namun Anda harus tracking lebih dulu kurang-lebih dua jam lewat hutan dan jalan curam. Kelelahan Anda akan terbayar saat berhasil menyaksikan birunya air laut nan jernih serta pemandangan karang yang melindungi Segara Anakan. Air lautnya pun sangat tenang sehingga aman jika Anda hendak berenang. 

4.Pantai Klayar – Pacitan
Pantai Klayar – Pacitan
Pantai Klayar – Pacitan via travelingan.net
 Pantai Klayar berada di Kecamatan Donorojo, yaitu sekitar 35 km. Waktu tempuh sampai ke lokasi sekitar satu jam perjalanan saja. Karena terbilang cukup alami, maka tak heran jika akses menuju Pantai ini lumayan sulit. 

Amda bisa membayangkan betapa indah gradasi warna air laut dari biru sampai toska, yang dipadu putihnya pasir pantai. Waw, pasti sangat menakjubkan. 

5.Green Bay – Banyuwangi
Green Bay – Banyuwangi
Green Bay – Banyuwangi via nativeindonesia.com
Green Bay atau sering disebut Teluk Ijo oleh warga lokal adalah objek wisata anti mainstream yang berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, Desa Sarongan, Banyuwangi. Jika bertolak dari kota Banyuwangi, silakan ambil jalur arah selatan kurang lebih 90 km. Spesial seperti pantai-pantai sebelumnya, Green Bay juga mempunyai pasir putih nan lembut, air laut jernih warna toska serta air terjun setinggi 8 m.

Untuk ke sana, harus tracking melewati jalan setapak kurang sekitar 2 km. Disediakan pula tali tambang di beberapa bagian jalan untuk memudahkan pengunjung. Disebabkan jauh dan akan melelahkan, maka pengunjung disarankan mendirikan camp semalam. Anda juga boleh memancing ikan maupun udang di sana sembari menikmati pemandangan sekitar.

6.Pantai Tiga Warna – Malang
Pantai Tiga Warna – Malang
Pantai Tiga Warna – Malang via telusurjogja.com
 Berlokasi di Tambakrejo dan masih satu kawasan dengan Pantai Sendang Biru. Termasuk Pantai batu sebab Pantai Tiga Warna ini baru diresmikan menjadi destinasi wisata pada Tahun 2014. 

Dianjurkan untuk membawa kendaraan sendiri sebab akses jalan serta transportasi belum memadahi di sana. Dan untuk bisa menikmati keindahan pantai tersebut Anda hanya perlu membayar Rp 6.000,- saja per orangnya. Banyak terumbu karang yang masih alami dan Pantai Tiga Warna ini memang merupakan lokasi konservasi terumbu karang. 

7.Pantai Banyu Tibo – Pacitan
Pantai Banyu Tibo – Pacitan
Pantai Banyu Tibo – Pacitan via trivindo.com
 Selanjutnya, kita akan ke Pacitan, terdapat sebuah destinasi alam bernama Pantai Banyu Tibo yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Pantai ini merupakan satu dari sekian pantai di Pacitan yang patut Anda jadikan referensi utama wisata Anda.

Seusai namanya, Banyu Tibo adalah bahasa Jawa yang memiliki arti air yang jatuh. Air terjun yang terdapat di Pantai Banyu Tibo tersebut bersumber dari aliran sungai kecil di atas tebing. Aliran air itulah yang kemudian terjun ke luar dan bersatu dengan teluk kecil dan ombak. Meski kemarau, air di sana tidak akan kering dan tetap jernih.  

8.Pantai G Land – Banyuwangi
Pantai G Land – Banyuwangi
Pantai G Land – Banyuwangi via idntimes.com
Pantai G Land punya nama Jawa yaitu Pantai Plengkung, pantai ini memang terkenal di Banyuwangi, bahkan dijuluki juga sebagai The Seven Giant Waves Wonder sebab mempunyai ombak setinggi 4-6 meter dengan panjang 2 berbentuk formasi gelombang susun.

Para Surfer memburu tempat ini sebab ombaknya seganas pantau Hawai. Ditambah, Anda akan melakukan surfing dengan latar belakang hutan hijau yang masih alami. Disarankan untuk Anda datang pada bulan April dan September sebab itulah bulan terbaiknya. 

9.Pantai Gua Cina – Malang
Pantai Gua Cina – Malang
Pantai Gua Cina – Malang via hargatiketmasuk.info
Bertempat di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang. Sebab tergolong sebagai pantai yang masih alami, untuk menuju Pantai Gua Vina ini Anda disarankan untuk membawa kendaraan sendiri. Tiket masuknya hanya seharga Rp 4.000,- per orang, dan parkir seharga Rp 5.000,-

Soal ukurannya, pantai ini tidak cukup luas namun mempunyai memiliki keistimewaan berupa tiga pulau yang terdapat di area tengah pantai, bernama Pulau Bantengan, Pulau Gua Cina dan Pulau Nyonya. Selain karena ketiga keindahan itu, Pantai Iki memang masih alami sehingga cocok dikatakan destinasi anti mainstream dan eksotis tentunya.

Meski terbilang alami, namun destinasi ini telah dilengkapi fasilitas berupa toilet, warung makan, tempat mandi, serta mushola. Namun, Anda perlu berhati-hati seban ombaknya cukup besar bahkan sampai kek bibir pantai. Jika airnya tengah surut, Anda bisa menyeberang dengan jalan kaki menuju pulau-pulau di tengah pantai.

10.Pantai Buyutan – Pacitan
Pantai Buyutan – Pacitan
Pantai Buyutan – Pacitan via menggapaiangkasa.com
Pantai eksotis juga anti mainstream terakhir yang akan kita bahas ini terletak kecamatan Donorojo, Pacitan. Lokasi lumayan dekat dengan Pantai Klayar. Kalau dari Pacitan berjarak -+ 44 km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, karena sebab tidak ada angkutan umum di sana.  

Apabila Anda merupakan pemburu wisata alam demi ketenangan, maka Pantai ini begitu reccommended bagi Anda. Bisa dikatakan perawan, sebab belum banyak ditemui pengunjung yang datang ke sini. Pantai ini masih bersih dan kondisi pasir seputih susu. 

Baiklah, itu dia 10 daftar destinasi wisata pantai di Jawa Timur yang masih eksotis dan mampu memberikan Anda pengalaman baru, kesan baru serta membuat kita semua lebih bersyukur serta termotivasi untuk ikut merawat titipan Tuhan sekaligus nikmat berupa alam indah nan luas ini. Selain daftar tempat di atas, mungkin masih banyak lagi dan akan kita bahas di lain waktu. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel