11 Rekomendasi Wisata Anak di Jawa Timur 2020

Jawa Timur memang cukup disoroti untuk popularitas tempat wisatanya, terutama Kota Malang yang merupakan lokasi strategis untuk berpariwisata. Sejauh ini, kita bisa menemukan wisata alam sampai modern di sana. 

Nah, kali ini, kita akan membahas objek wisata yang cocok untuk anak-anak. Sebab kita tahu, tidak semua tempat kunjungan yang disukai orang dewasa akan disukai anak-anak pula. Anda tenang saja, meski cocok untuk anak-anak, Anda pun masih bisa enjoy di tempat-tempat tersebut. Lalu, mana saja di daerah Jawa Timur yang bisa dikunjungi bersama keluarga terutama anak-anak?

Berikut adalah daftar 11 rekomendasi wisata anak di Jawa Timur 2020:

1.Taman Langit Gunung Banyak
Taman Langit Gunung Banyak
Taman Langit Gunung Banyak via akurat.co
Dilihat dari namanya, pasti bisa ditebak kalau yang pertama ini adalah objek wisata gunung. Dan, yup, Gunung Banyak adalah nama sebuah gunung yang bisa Anda capai dari pusat kota Malang dengan waktu perjalanan sekitar 1 atau 2 jam tergantung kondisi jalan. Di sana, Anda akan menemui taman berkonsep instagreamable dari ketinggian.

Itulah alasannya bisa dinamakan Taman Langit, sebab tamannya memang berada di ketinggian. Terdapat banyak sekali spot foto yang dapat menjadikan anak lebih kreatif dalam bergaya. Mulai dari taman bunga, patung, hingga beberapa gardu pandang yang keren pun ada di sana. 

Lokasi Taman Langit Gunung Banyak ini berada di Songgokerto, Batu Sub-District, Batu City, dekat dengan wisata paralayang. Untuk tiket masuk hanya dipatok Rp 10.000,- per orang. 

2.Taman Kelinci
Taman Kelinci
Taman Kelinci via travelspromo.com
Tidak jauh dari Taman Langit Gunung Banyak, Anda akan menemukan objek wisata lain bernama Taman Kelinci, bahkan lokasinya berada di kaki gunung tersebut. Dari namanya saja sudah kelihatan kalau tempat ini memang cocok dikunjungi bersama anak-anak. 

Bayangkan betapa lucu kelinci-kelinci tersebut saat dibiarkan berkeliaran dengan bebas di hamparan rumput yang indah. Tak hanya itu, di sana juga terdapat rumah mini seperti di film The Hobbit. Kesenangan lain adalah Anda dan anak bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut. Lokasinya berada di Samaan, Klojen, Pandesari, Pujon, Kota Batu. Harga tiket masuknya cuma Rp 10.000,- saja. 

3.Coban Talun
Coban Talun
Coban Talun via travelspromo.com
Dalam bahasa Jawa Timur, kata Coban berarti air terjun. Jadi, Coban Talun ini ialah objek wisata air terjun yang telah dikembangkan menjadi tempat yang lebih menarik. Apabila dulunya para wisatawan cuma bisa menikmati air terjunnya saja, maka sekarang Anda bisa menjumpai beberapa spot wisata bahkan penginapan yang bisa Anda sewa. Di sana juga terdapat hutan pinus yang bisa Anda lewati untuk berjalan-jalan untuk menikmati hawa sejuk nan rindang. 

Lokasi Coban Talun ini berada di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu dengan biaya masuk hanya Rp 5.000,- saja. 

4.Masjid Tiban
Masjid Tiban
Masjid Tiban via travel.detik.com
Masih berada di Kabupaten Malang, masjid ini memang familier disebut Masjid Misterius, sebab dulunya  masjid ini dibangun tanpa sepengetahuan dari penduduk sekitar, wow memang misterius, ga. Sampai-sampai, saat selesai dibangun, banyak masyarakat menyebut sebagai masjid gaib.

Poin plusnya terletak pada arsitektur yang unik dan megah. Tidak hanya itu saja, bagian interiornya pun sangat unik dengan adanya jalur lorong-lorong yang lumayan membingungkan. Namun, di sisi lain, cocok untuk anak-anak merasakan aura religi di usia dini.

Lokasi Masjid Tiban ini adalah di Jl. Anggur, Sananrejo, Turen, Malang. Anda tidak akan dikenakan biaya masuk, kok, tapi, usahakan membuang sampah pada tempatnya dan tetaplah menjaga ketertiban dan kesopanan saat di sana. 

5.BeSS Resort & Waterpark
BeSS Resort & Waterpark
BeSS Resort & Waterpark via pegipegi.com
Selanjutnya adalah tempat bernama Bess Resort & Waterpark yang masih berlokasi di Malang, konsep yang diusung sangat menarik hati bagi anak-anak, sehingga mereka bisa bermain air sepuasnya, tanpa rasa bosan.

Tak hanya itu saja, di sini pun tersedia penginapan keluarga sebab juga konsep utama wisata ini adalah resort. Bukan hanya waterpark dan penginapan saja, di sana juga tersedia fasilitas lain seperti jogging track, outbond, hingga kolam pancing. Waw, sangat lengkap, ya.

Nah, jika Anda berniat ke sana, maka silakan datang ke Anggun Sejahtera Residence, Sumber Porong, Lawang, Sumber Porong, Lawang. Harga tiket masuk untuk per malam adalah Rp 325.000,- saja. 

6.Hawaii Waterpark
Hawaii Waterpark
Hawaii Waterpark via hawaiwaterpark.com
Masih mengusung tema Waterpark nih, selanjutnya adalah Hawai Waterpark yang belum lama dibuka. Wisata berkonsep permainan air ini punya fasilitas cukup lengkap, loh. Sangat cocok bagi anak-anak sebab mereka pasti suka bermain air. Eits, orang tua tetap harus mengawasi, ya. 

Lokasi Hawai Waterpark ini berada di Jl. Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari, Banjararum, Singosari, Kota Malang. Untuk HTM-nya, per orang dikenakan Rp 75.000 sampai Rp 100.000, tergantung hari libur atau hari biasa. 

7.Predator Fun Park
Predator Fun Park
Predator Fun Park via dakatour.com
Dilihat dari namanya, agak-agak rumit, ya, Guys. Ada kata Predator, tapi di sisi lain juga Fun?
Inilah Predator Fun Park yang cocok bagi anak-anak untuk  belajar mengenai satwa, terutama jenis-jenis reptil, di saat liburan panjang.

Salah satu yang menarik dana anti mainstream di sana adalah penangkaran buaya, anak-anak akan dikenalkan kepada edukasi reptil bahkan menyaksikan langsung kehidupan dari hewan reptil tersebut. Diperkenankan juga memberi makan pada nyata yang berspesies jinak.  

Lokasi Predator Fun Park ini adalah di Jl. Raya Tlekung No. 315, Dusun Gangsiran, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Tlekung, Junrejo, Kota Batu. Sangat fun seperti namanya, dan hanya akan dikenakan HTM sebesar Rp 50.000 saat weekend  dan hari libur.

8.Museum Angkut
Museum Angkut
Museum Angkut via mldspot.com
Sejak dibuka dan diresmikan, museum ini memang sudah populer sebab konsep yang diusung terbilang luar biasa, yaitu museum transportasi dari zaman dulu yang berasal dari bermacam negara.

Sesuatu yang tidak kalah menarik lagi adalah penataan dari Museum Angkut ini sendiri. Anak-anak akan senang mengunjungi museum yang bisa dikatakan modern sebab penataannya sangat mirip dengan konsep di luar negeri sehingga pas dijadikan spot foto yang akan menghasilkan gambar menakjubkan. 

Lokasi keberadaan Museum ini adalah No. 2, Kota Wisata, Jalan Terusan Sultan Agung, Ngaglik, Kecamatan Batu, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu. Untuk HTM, per orang dikenakan Rp 60.000 sampai Rp 80.000. 

9.Jawa Timur Park 1
Jawa Timur Park 1
Jawa Timur Park 1 via datawisata.com
Bagi Anda yang mempunyai anak atau keponakan suka tantangan, maka tempat ini juga reccommended untuk list daftar kunjungan di saat liburan. Lokasi seluas 11 hektar ini terdapat permainan serta wahana yang pastinya sangat disukai anak-anak. Tidak cuma itu, beberapa wahana bahkan mampu menghadiahkan pengetahuan tentang sejarah dan budaya nusantara. Misalnya di Galeri Etnik Nusantara. Pengunjung dapat menikmati beragam budaya dari Sumatera hingga Papua.

Lokasinya berada di Jl. Kartika No. 2, Sisir, Batu, Sisir, Kec. Batu. Per orang akan dikenakan HTM sebesar Rp 60.000 sampai Rp 80.000 per orangnya. 

10.Batu Secret Zoo
Batu Secret Zoo
Batu Secret Zoo via id.wikipedia.org
Sering juga disebut Jawa Timur Park 2, tempat ini ialah konsep taman wisata berupa kebun binatang. Tapi, agak berbeda dengan kebun binatang pada umumnya, yang satu ini terbilang modern dan menarik bagi anak-anak yang mau mempelajari tentang satwa.

Terdapat banyak sekali satwa, mulai dari hewan darat, udara, sampai unggas. Apalagi jika anak-anak tersebut penyuka binatang, pasti sangat senang jika diajak ke sini. Lokasi Batu Secret Zoo ini berada di Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu. Per orang dikenakan HTM sebesar Rp 75.000 sampai Rp 105.000.

11.Museum Satwa
Museum Satwa
Museum Satwa via nativeindonesia.com
Masih satu kawasan dengan Batu Secret Zoo, Museum Satwa ini juga reccommended bagi kalian yang datang mengajak anak-anak. Bahkan jika mengunjungi keduanya sekaligus, harga tiketnya jadi lebah hemat. Di sini, Anda akan disuguhkan dengan edukasi tentang hewan-hewan gang telah punah, loh. Hewan dan replika-replika tersebut ditata di ruangan besar sehingga bisa leluasa untuk melihat-lihat. 

Nah, itulah Daftar 11 tempat wisata di Jawa Timur yang cocok dikunjungi oleh Anda dengan mengajak keponakan atau anak. Memang sangat dianjurkan membawa mereka yang masih berusia sekian agar mendapatkan liburan yang menarik sekaligus mengedukasi. Kebanyakan memang berlokasi di Malang sebab kita sendiri tahu di sana adalah tempat iconix untuk urusan pariwisata. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel