Liburan ke Tempat Itu-itu Saja? Coba, Deh, 15 Wisata Anti Mainstream Ini!

Terdiri atas kepulauan sekitar 17 ribu tentunya menjadikan Indonesia begitu kaya akan banyak hal. Jumlah yang begitu banyak, di mana sebagian pulau-pulaunya menampung jumlah penghuni yang mungkin sedikit sehingga masih berpotensi pada kekayaan alam alami dan belum tersentuh sama sekali. Sehingga, inilah Indonesia, negara yang tidak akan pernah kehabisan kawasan menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi berlibur bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tersebar begitu banyak area wisata yang sangat reccommended dan nyaris tidak bisa dibandingkan satu sama lain. Namun, jika Anda sudah sering Travelling ke tempat-tempat berpotensi tersebut, tidak jarang dan heran jika Anda pun merasa bosan dan ingin mendapatkan view yang lebih menarik dari biasa. 

Nah, objek wisata anti mainstream adalah jawabannya. Dan siapa sangka di Indonesia pun sangat banyak dan tidak susah untuk dijumpai. Lalu, mana saja kawasan wisata anti mainstream tersebut, cek daftarnya berikut! 

1.Pulau Misool
Pulau Misool
Pulau Misool via idntimes.com
Yang pertama adalah Pulau Misool, dengan air super jernih hingga Anda bisa melihat kehidupan di bawah sana yang sangat menakjubkan dan penuh warna. 

Tempat anti mainstream ini terletak dekat Laut Seram, dan merupakan salah satu dari empat pulau utama kawasan Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Bahkan karena terlampau jernih, Anda bisa menyaksikan pemandangan bawah laut sampai 30 meter di Pulau Misool ini. 

2.Pulau Seram
Pulau Seram
Pulau Seram via almazia.me
Selanjutnya adalah Pulau Seram. Mungkin Anda sedikit terheran dengan nama yang dijulurkan untuk pulau ini. Tapi tenang, Anda tidak perlu takut terhadap Pulau anti mainstream ini.

Justru, bukan hal-hal menyeramkan yang akan Anda dapatkan di sini, sebab pulau ini merupakan salah satu yang terindah di Indonesia. 

3.Bukit Lamreh
Bukit Lamreh
Bukit Lamreh via phinemo.com
Termasuk kawasan wisata anti mainstream sebab Bukit Lamreh juga mempunyai pemandangan yang begitu indah. Anda bisa melihat tebing, garis pantai, hutan dan samudera dalam satu titik. 
Bahkan akibat terlalu indah, Bukit Lamreh dijuluki surga tersembunyi Banda Aceh. 

Sebagai bonus, Anda juga bisa melihat Pulau Weh yang berada di ujung paling barat Indonesia dari sini. 

4.Air Terjun Laguna
Air Terjun Laguna
Air Terjun Laguna via travel.tribunnews.com
Untuk yang selanjutnya ini, mungkin perlu tekad kuat untuk mengunjunginya. Sebab lokasinya memang terpencil, yaitu di tengah-tengah hutan pinus yang lebat di Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Karena terlalu susah aksesnya, mungkin itulah yang menyebabkan Air Terjun Laguna masih jarang diketahui keberadaannya. Namun, dipastikan bagi yang berhasil datang ke sana, pasti setuju bahwa Air Terjun tersebut sangat indah, bahkan terindah di Indonesia. 

5.Bukit Pasir Parangkusumo
Bukit Pasir Parangkusumo
Bukit Pasir Parangkusumo via dowes29.com
Mungkin dari namanya terdengar agak aneh, ya—bagaimana negara kepulauan punya daerah berjenis bukit pasir? Inilah yang menjadikan Bukit Pasir Parangkusumo sebagai tempat wisata anti mainstream yang bertempat di Jogja. 

Anda bisa mencoba pengalaman bermain skeatboard di bukti pasir  ini, bahkan warga setempat pun belum banyak yang mengetahui keberadaan Bukit Pasir Parangkusumo tersebut. 

6.Danau Kakaban
Danau Kakaban
Danau kakaban via idntimes.com
Fakta yang menarik sekaligus tak biasa dari Danau Kakaban ini adalah asal-usulnya merupakan berasal dari air laut yang terperangkap, ditambah air dari dalam tanah serta hujan yang berasal dari dua juta tahun lalu. 

Sehingga, danau ini masuk sebagai danau prasejarah yang terkenal. Uniknya, terdapat sekitar 4 spesies ubur-ubur yang hidup Danau Kakaban ini. Keunikan dan latar-belakang danau inilah yang menjadikannya sebagai tempat wisata anti mainstream.  

7.Tebing Citatah
Tebing Citatah
Tebing Citatah via superadventure.co.id
Dinamakan Tebing Citatah mungkin sebab lokasinya memang berada di daerah Citatah, Kabupaten Bandung Barat. Sama seperti kawasan-kawasan sebelumnya, tempat ini belum banyak diketahui orang, bahkan oleh warga daerah setempat sendiri, cocok untuk Anda jadikan tujuan wisata anti mainstream. 

Faktanya, terkadang tempat tersebut digunakan untuk kebutuhan latihan militer sehingga tidak bisa diakses sembarang waktu. Bagi Anda jika mau mencoba datang, Tebing Citatah ini berada di  Padalarang, Bandung. 

8.Pulau Pombo
Pulau Pombo
Pulau Pombo via pegipegi.com
Selanjutnya adalah Pulau yang berada di daerah Ambon, Maluku bernama Pulau Pombo. Pulau ini berukuran kecil dan digambarkan bak seperti surga tersembunyi lengkap dengan lautan biru serta pasir putih lembut. 

Yang menjadikan Pulau Pombo anti mainstream adalah adanya burung Pombo yang begitu cantik di sana bukan hanya itu saja, pandangan sekitar bahkan bawah lautnya pun tidak terelakkan lagi keindahannya. 

9.Hidden Canyon Beji Guwang
Hidden Canyon Beji Guwang
Hidden Canyon Beji Guwang via tempatwisatadibali.info
Yang selanjutnya ini merupakan kawasan wisata anti mainstream yang bertempat di negara Indonesia, tepatnya Pulau Bali yang juga masuk dalam daftar objek wisata anti mainstream. Hidden Canyon Beji Guwang akan memberikan kesan sisi lain dari Bali kepada Anda. Keindahan panoramanya sangat luar biasa. 

Lokasinya cukup dekat Pasar Sukawati dan beberapa warga sekitar mengatakan jika tempat ini sakral.

10.Air Terjun Sipiso Piso
Air Terjun Sipiso Piso
Air Terjun Sipiso Piso via blog.airpaz.com
Masuk ke Provinsi Sumatera, Yuk, yang mungkin kalian sudah sangat familier dengan Danau Toba, danau vulkanik terbesar yang ada di Indonesia.

Namun sayangnya, cuma beberapa orang yang mengetahui adanya air terjun cantik bernama Sipiso Piso yang letaknya tak jauh dari posisi Danau Toba. Sipiso Piso ini ialah air terjun setinggi kurang-lebih 120 meter dan sangat menarik sekaligus anti mainstream.

11.Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah via nativeindonesia.com
 Bagi Anda sekalian yang menyukai Sea, maka silakan mampir ke Banyuwangi. Anda akan menjumpai Pantai Pulau Merah, yang pemandangannya super indah. 

Poin anti mainstreamnya, pasir dan tanah di pantai ini warnanya merah. Sebab itu, disebut Pantai Pulau Merah. Pas sunset dan sunrise, akan menjadikan percikan ornamen warna merah di sekitar pantai ini. Waahh, pokoknya cantik dan unik banget, deh!  

12.Teluk Kiluan
Teluk Kiluan
Teluk Kiluan via nativeindonesia.com
Bagi Anda pencinta hewan air, maka sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke Teluk Kiluan ini. Di sana, Anda bisa berkenalan langsung dengan lumba-lumba yang lucu.

Teluk ini terkenal berkat kekayaan lautnya yang melimpah. Bahkan hampir setiap saat Anda bisa menyaksikan sekelompok lumba-lumba yang melintas di laut lepas. Jika lebih beruntung lagi, Anda pun dapat  melihat ikan paus, yang berenang di sekitaran teluk tersebut, loh!

Teluk Kiluan ini juga sangat pas dan menyenangkan untuk aktivitas memancing. Pokoknya, hari libur Anda akan menyenangkan dan tetap anti mainstream di Teluk Kiluan ini.

13.Desa Wisata Candirejo 
Desa Wisata Candirejo
Desa Wisata Candirejo via balkondesborobudur.com
Melakukan perjalanan pariwisata sekaligus menempuh ilmu baru itu sangat fantastis! 

Nah, bagi Anda pencinta destinasi wisata anti mainstream namun juga memikirkan soal sisi edukatifnya, maka, Desa Wisata Candirejo ini adalah jawabannya! Anda akan mendapati suasana lingkungan desa pada zaman dulu. 

Tempat ini terbagi atas tiga daerah yaitu, daerah wisata budaya, agrowisata, dan wisata alam. Untuk berkeliling di desa ini, Anda bisa menggunakan delman agar kesan zaman dulunya makin terasa.  Pokoknya, anti mainstream banget, deh!

14.Bone Bolango, Gorontalo
Bone Bolango, Gorontalo
Bone Bolango, Gorontalo via pidii.info
Anda sudah pernah ke sini? Atau malah belum? Jika belum, saatnya siapkan tiket atau booking sesegera mungkin. Anda tidak akan menyesal mengunjungi Bone Balango di Gorontalo ini, tempatnya masih asri dan belum banyak orang yang menjejakkan kaki di sana.

Di Bone Bolango ini Anda bisa menyaksikan keindahan bawah laut di Pantai Botubarani, bermain di Taman Laut Olele, menjelajahi Air Terjun Taludaa, dan masih banyak lagi pokoknya deh. Dijamin asyik dan  tetap anti mainstream. 

Masih Banyak Lagi Tempat Lainnya 
Membahas Maha Karya Tuhan memang tidak ada habisnya, ya. Tetap masih ada dan akan ada lagi daerah yang tidak terjamah tangan manusia sehingga mampu menyajikan kesan alam yang begitu alami, indah dan menakjubkan. 

Seperti yang Anda baca barusan, kebanyakan memang di luar Jakarta. Seba kita tahu bahwa Ibukota Indonesia tersebut termasuk kota metropolitan terbesar dan pembangunan di sana nyaris merata. Sehingga, sedikit tidak mungkin kalau masih ada tempat anti mainstream yang belum diketahui oleh banyak orang. Pembangunan di sana terlalu pesat dan selalu melahirkan objek wisata baru yang besar dan modern, mengikuti tren internasional tentunya. 

Tapi tenang, Indonesia masih punya daerah lain yang unggul dalam tag objek wisata anti mainstream seperti Bali, Jawa, Sumatera dan lain sebagainya yang biasanya tercatat atau daerah laut punya pegunungan dan daerah terpencil yang belum tersentuh pembangunan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel