7 Wisata Jawa Timur Populer & Terbaik Tahun 2020

Anda yang suka berpetualang dan bepergian ke destinasi wisata populer Jawa Timur. Pasti sangat mengenal dengan nama tempat obyek 7 wisata Jawa Timur yang telah menjadi favorit para wisatawan lokal dan mancanegara.

Ini Dia Daftar Wisata Terbaik 2020 di Jawa Timur 

Setelah Pandemi Covid-19 mereda (mari berdoa agar virus ini segera menghilang) bagi anda pegiat Pariwisata, dan telah berkeliling Jawa Timur, pasti tidak asing lagi dengan nama-nama objek wisata di bawah ini. 7 daerah wisata yang akan kita bahas memang telah menjadi favorit para wisatawan dari dalam sampai luar daerah. 

Mungkin, seringkali setiap pergantian tahun, akan muncul tempat-tempat baru yang kemungkinan kenggeser tempat yang telah lawas. Namun jangan salah, banyak objek wisata yang masih bertahan meski telah dikenal masyarakat luas dan sering dikunjunhi. Sensasinya yang berbeda dan khas Indonesia, serta merupakan kekayaan milik sendiri, tentunya sangat pantas untuk kita banggakan. 

Dan apabila Anda baru pertama kali bertandang ke Provinsi ini, maka rekomendasi di bawah ini akan mampu memuaskan Anda. Inilah daftar tempat terbaik sebagai referensi wisata di Jawa Timur tahun 2020. 

1. Mount Bromo, East Java
Mount Bromo, East Java
Mount Bromo, East Java via en.wikipedia.org
Siapa yang tidak mengenal gunung ini? Bahkan keberadaannya telah dijadikan bahan ajaran di sekolah dasar. Meski ada sana orang yang belum berkunjung dan melihat langsung wisata alam tetsebut, namun dipastikan nama dari Gunung inj telah sampai ke telibga masyarakat Indonesia. Bahkan, sudah tetkanl hingga luar negeri.

Gunjng Bromo masuk dalam salah satu destinasi wisata populer Jawa Timur yang familier hingga ke mancanegara. Denban ketinggian 2.329 dpl, gunung ini masuk dalam wilayah 4 kabupaten. Yaitu Malang, Pasuruan, Lumajang dan Probolinggo. Biasanya, jalur yang dilalui adalah Tongas, Probolinggo. 

Tiap setahun sekali, Suku Tengger pasti menggelar upacara ritual  yang disebut Kadoso. Dilalsanakan pafa bulan purnama di bulan ke sepuluh berdasarkan penangggalan jawa. Itu hanyalah salah satu contoh nilai adat yang masih kental untuk gunung legendaris di Indoensia tersebut. 

Jika Anda ingin berkeliling, maka bisa menyewa rengal Jeep. Daerah Gunung Bromo ini masih terdapat lautan pasir yang coock untuk area berpetualang. 

2. Gunung Ijen  (Mount Ijen, East Java)
Gunung Ijen  (Mount Ijen, East Java)
Gunung Ijen  (Mount Ijen, East Java) via indonesia.tripcanvas.co
Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kabupaten Banyuwangi juga dijuluki sebagai “The Sunrise of Java”. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata populer Jawa Timur yang terkenal hingga ke mancanegara.

Gunung IJen ini sangat terkenal dengan Si Api Biru atau biasa disebut Blue Fire. Semburan api ini akan muncul dari dasar kawah. Biasanya sekitar pukul 02.00 – 03.00. Fenomena ini menjadi spesial karena merupakan satu – satunya di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Satu-satunya negara yang memiliki wisata alam Blue Fire adalah negara Islandia. Destinasi ini layak dimasukkan ke dalam 7 wisata Jawa Timur terpopuler saat ini.

Di gunung Ijen akan banyak kita jumpai para penambang belerang. Para penambang ini sangat kuat dan berani. Mereka mengambil bongkahan di dasar kawah tanpa peralatan berarti.
Bila anda menggunakan rental mobil dari Surabaya menuju wisata kawah ijen, maka perjalanan akan ditempuh sekitar 5 – 6 jam. Tergantung dari jenis mobil yang dipakai dan kondisi jalanan.

3. Pantai Papuma – Kabupaten Jember, Jawa Timur
Pantai Papuma – Kabupaten Jember, Jawa Timur
Pantai Papuma – Kabupaten Jember, Jawa Timur via superadventure.co.id
Salah satu wisata bahari di Jawa Timur yang sekarang sedang naik daun adalah Pantai Papuma. Pantai Papuma kepanjangan dari Pantai Pasir Putih Malikan. Obyek wisata ini menjadi primadona wisata baru di Jawa Timur.

Destinasi Wisata Pantai Papuma, Jember – Jawa Timur, Indonesia
Terletak di dalam wilayah kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai ini terkenal dengan batu karang besar yang berada menjorok ke tengah laut. Batu karang dinamai Siti Hinggil. Hamparan pasir putih, dan keindahan matahari terbenam ( Sunset ) menjadikan tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Bagi anda yang ingin bermalam juga tersedia beberapa penginapan yang layak anda gunakan. Tempat ini sudah cukup baik pengelolaannya. Keindahan pantai papuma sangat layak dimasukkan dalam list kunjungan 7 wisata Jawa Timur.

4. Pemandian Air Panas Pacet – Kabupaten Mojokerto
Pemandian Air Panas Pacet – Kabupaten Mojokerto
Pemandian Air Panas Pacet – Kabupaten Mojokerto via suaramojokerto.com
Destinasi 7 wisata Jawa Timur berikutnya adalah di Desa Padusan, Pacet terdapat sebuah sumber air panas dari kaki gunung Welirang yang cukup populer. Oleh karena itu, obyek wisata yang satu ini dinamakan pemandian air panas Padusan seperti nama lokasinya. Taman Wisata Air Panas Padusan Pacet merupakan salah satu objek wisata favorit di Mojokerto, Jawa Timur. Objek wisata ini terkenal dengan kandungan belerangnya dan keindahan alam yang hijau serta udara yang sejuk dan asri.

Sumber air panas berasal dari Gunung Welirang yang masih aktif memiliki kadar belerang yang tinggi sehingga kandungan sulfur (kode unsur S) di Air Panas Padusan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Belerang merupakan antiseptik alami untuk membantu melawan bakteri. Pemandian air panas ini sangat baik untuk menyembuhkan penyakit, terutama penyakit kulit. Kolamnya juga sudah di bedakan antara sumber untuk yang sakit kulit dan yang tidak sakit.

Kandungan belerang dan mineral yang terlarut di dalam air panas secara alami sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk memperbarui sel-sel kulit yang telah rusak atau mati.
Anda yang berendam di kolam pemandian bisa memilih temperatur atau suhu air dari yang dingin, hangat, hingga panas. Disesuaikan dengan kekuatan fisik dan keinginan pawa wisatawan.

Para pengunjung Taman Wisata Padusan – Pacet juga dapat memuaskan wisata belanja. Anda bisa mendapatkan berbagai macam oleh-oleh khas Pacet maupun hasil olahan wisata Pacet, mulai dari ketela pacet dan beraneka olahannya, sayur mayur, buah-buahan, jambu kristal, dan lain-lain.
Fasilitas yang dapat dinikmati di objek wisata ini, antara lain kolam renang dingin untuk anak dan dewasa, area outbound dan flying fox, bumi perkemahan, rafting (arung jeram).

Juga terdapat camping ground, atv motor adventure, petualangan seru air soft gun, berkuda mengelilingi pemandian air hangat yang banyak ditumbuhi pohon pinus di sekitarnya.

5. Museum Angkut – Kota Batu, Malang 
Museum Angkut – Kota Batu, Malang
Museum Angkut – Kota Batu, Malang via wisatakaka.com
Anda ingin melihat berbagai koleksi kendaraan dan alat transportasi yang dipakai oleh manusia mulai jaman dulu hingga masa sekarang ?
Destinasi 7 wisata Jawa Timur berikutnya yang sedang naik daun adalah sebuah tempat yang sangat disukai oleh para penggemar otomotif. Semua dapat anda saksikan di Museum angkut yang terletak di kota Batu, Malang – Jawa Timur.

Museum Angkut merupakan pengembangan dari Jawa Timur Park Group. Sesuai namanya, museum unik ini mempunyai koleksi aneka macam alat transportasi kuno dan modern dari seluruh belahan dunia, baik itu angkutan darat, laut, maupun udara.

Museum ini berdiri megah di atas lahan seluas 3,7 hektar. Obyek wisata ini sangat favorit dan menjadi primadona wisata di Jawa Timur khususnya di kota Batu.
Museum Angkut merupakan bagian dari Jatim Park Grup, kota Batu dibagi menjadi beberapa zona sesuai dengan latar belakang jenis angkutannya, seperti Zona Edukasi, Zona Jerman, Zona Batavia, Zona Inggris, Zona Gangster & Broadway, Zona Las Vegas, Zona Italy, Zona Hollywood, Zona Perancis, dan Pasar Apung Nusantara.

Anda juga dapat benar-benar merasakan atmosfer kota-kota besar dunia seperti, London, Amerika, Italia atau Paris. Salah satu zona yang paling menarik adalah zona gangster and broadway.
Anda akan menikmati suasana di sebuah kota kecil dengan konsep jalanan luar negeri lengkap dengan kantor polisi, gedung bioskop, dan pertokoan. Anda juga akan menjumpai Broadway Theatre sekaligus menikmati film – film jadul.

6. Telaga Sarangan – Kabupaten Magetan
Telaga Sarangan – Kabupaten Magetan
Telaga Sarangan – Kabupaten Magetan via travel.detik.com
Sarangan adalah sebuah nama desa di wilayah Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Telaga Sarangan yang juga dikenal sebagai telaga pasir ini adalah sebuah telaga alami yang terletak di kaki Gunung Lawu. Berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektar dan berkedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 18 hingga 25 derajat Celsius.

Saat anda berkunjung ke objek wisata alam Telaga Sarangan maka anda akan disuguhi dengan pemandangan perbukitan yang ditumbuhi dengan pepohonan tinggi dan hijau berlatar belakang Gunung Lawu. Destinasi wisata Jawa Timur favorit ini sangat cocok bagi anda yang ingin menjauhi keramaian dan kesibukan kota untuk sementara di hari libur.

Udara Telaga Sarangan yang bersih dan sejuk serta suasana alamnya yang tenang membuat pikiran menjadi lebih rileks. Di kawasan telaga ini di tumbuhi pepohonan pinus sehingga bagi anda yang menyukai petualangan dapat mencoba untuk berkeliling hutan pinus.

Pengunjung dapat pula menikmati indahnya Telaga Sarangan dengan berkuda mengitari telaga, atau mengendarai kapal cepat. Fasilitas obyek wisata lainnya pun tersedia, misalnya rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah, dan taman.
Menuju ke Telaga Sarangan, kira – kira 2 km sebelumnya para wisatawan akan melewati pemandangan alam yang tidak kalah indahnya yaitu Telaga Wahyu.

Telaga Wahyu adalah telaga yang terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya di desa Ngerong kab. Magetan. Telaga Sarangan sangat layak anda kunjungi sebagai alternatif destinasi 7 wisata populer Jawa Timur.

7. Wisata Bahari Lamongan – Kabupaten Lamongan, Jawa Timur
Wisata Bahari Lamongan – Kabupaten Lamongan, Jawa Timur
Wisata Bahari Lamongan – Kabupaten Lamongan, Jawa Timur via hargatiket.net
Wisata Bahari Lamongan atau disingkat WBL adalah tempat wisata bahari yang terletak di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Tempat wisata ini dibuka sejak 14 November 2004. Destinasi ini layak dimasukkan sebagai salah satu dari 7 wisata Jawa Timur yang populer dan layak dikunjungi wisatawan.

Beberapa wahana unggulan tempat wisata ini antara lain Istana Bawah Laut, Gua Insectarium, Space Shuttle, Anjungan Wali Songo, Texas City, Paus Dangdut, Tembak Ikan, Rumah Kaca, serta Istana Bajak Laut. Jangan lupa untuk mengunjungi Maharani Zoo & Goa yang berada di wilayah Wisata Bahari Lamongan.

Maharani Zoo & Goa terletak di dekat Gua Maharani yang sekarang selain menjadi objek wisata, goa juga menjadi tempat wisata kebun binatang. Saat anda memasuki Goa Maharani maka akan terlihat keindahan alam bawah tanah dengan bebatuan stalakmit dan stalaktit. Selain itu, jika anda berkunjung ke area kebun binatang di objek Wisata Bahari Lamongan maka terdapat lengkap koleksi berbagai macam fauna.

Untuk mengunjungi obyek – obyek wisata Jawa Timur yang populer tersebut, ada baiknya anda mempersiapkan terlebih dahulu perbekalan, pakaian, dan lain sebagainya sesuai dengan destinasi wisata yang dituju. Perhitungkan juga dengan jarak tempuh, jumlah orang atau rombongan yang akan berangkat, serta kendaraan ataupun sewa mobil yang akan digunakan menuju ke tempat wisata tersebut.

Rahayu Mobil Surabaya menyediakan berbagai jenis kendaraan yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan travelling anda. Mulai dari mobil sekelas toyota avanza dan kijang innova, hingga toyota hiace dan isuzu elf untuk anda yang akan bepergian dengan rombongan.

Kapasitas kendaraan tersebut dapat menampung mulai 6 hingga 18 orang penumpang. Bahkan kami juga memiliki sewa bus pariwisata Surabaya untuk anda bersama rombongan. Beberapa program paket 7 wisata Jawa Timur juga telah kami siapkan. Dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang diinginkan tentunya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel