Review Lengkap Saloka Theme Park, Taman Bermain Terbesar di Jawa Tengah

Jawa Tengah memang mulai ditemukan beberapa tempat Iconix yang patut untuk dijadikan kebanggaan tersendiri, khususnya dalam hal pariwisata. Belum lama ini, sebuah destinasi yang merupakan taman bermain keluarga telah resmi dimiliki oleh salah satu kota di Provinsi tersebut, yaitu Semarang. 

Seloka Theme Park yang digadang-gadang menjadi objek area bermain terbesar oleh Gubernur Ganjar Pranowo ini menjadi identitas baru untuk Kota Semarang. Apalagi, Seloka Theme Park ini hadir dalam wajah wahana permainan modern yang begitu inovatif dan kreatif, mampu memberikan kenyamanan untuk pengunjung dalam bentuk kelompokkan, sangat cocok dikunjungi saat liburan atau akhir pekan dan pelayanan di sana pun bisa dikatakan jempolan.

Tempat ini mempunyai visi sebagai brand awareness serta brand image sebagai tempat hiburan bagi setiap keluarga, demi menghadirkan kegembiraan lengkap dengan kesan tak terlupakan di hati para pengunjung lewat sistem pelayanannya yang baik. Soft Opening dari Saloka Theme Park telah dilakukan sejak 15 Desember 2018 namun memang tidak langsung diresmikan pada saat itu juga.

Lokasi Saloka Theme Park
Saloka Theme Park
Saloka Theme Park via travelspromo.com
Saloka Theme Park berlokasi di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Letaknya sangat strategis sehingga para wisatawan tidak akan kebingungan. Bila ingin lebih jelas lagi, bisa dengan menengok peta navigasi di Google. 

Rute Perjalanan 
Rute perjalanan menuju Saloka Theme Prak juga tidak rumit. Apabila Anda datang dari Solo silakan menuju ke arah Semarang dengan melewati jalan Semarang – Surakarta, melalui bundaran jalan Pandadaran. Anda hanya perlu lurus kw Kabupaten Boyolali – Semarang, lalu, berbelok ke kiri menuju jalur lingkar selatan Salatiga. Kemudian ambil lajur kiri lagi dan berbelok kw Jl. Fatmawati, lalu telusuri saja jalan tersebut pelan-pelan sampai tiba di lokasi.  

Apabila Anda bertandang dari Kota Semarang dan daerah utara lainnya, maka bisa  gunakan tol jurusan Bawen kemudian keluar tol Bawen. Belok ke arah kiri menuju jalan Semarang – Surakarta. Tinggal ikuti saja jalan tersebut sampai tiba di Saloka Theme Park yang berada di kanan jalan sesudah jembatan Tuntang.

Harga Tiket Masuk Saloka Theme Park
Harga Tiket Masuk Saloka Theme Park
Harga Tiket Masuk Saloka Theme Park via 17sekinas.com
Pembayaran tiket di sini lumayan berbeda dan cocok bagi Anda yang punya waktu tak terbatas saat berlibur. Hanya dengan membayar sebesar Rp 120.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati semua wahana yang ada di sana. Ya, jenis tiketnya adalah terusan, sehingga tidak perlu membayar lagi saat hendak mencoba sebuah wahana. Sedangkan saat Muslim liburan, tiket menjadi Rp 150.000 per orangnya. 

Jam Buka Saloka Theme Park
Jam Buka Saloka Theme Park
Jam Buka Saloka Theme Park via republika.co.id
Objek wisata spektakuler ini mulai buka pukul 10.00 WIB dan tutup di jam 18.00 WIB saat week day, dan buka pukul 10.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB saat week end. Jadi sangat cocok 

Review Saloka Theme Park 
Terbilang sangat luas, Saloka Theme Park telah diresmikan oleh Menteri Pariwisata—Arief Yahya pada Desember 2018. Sejak dibuka, tempat wisata modern ini tidak pernah sepi pengunjung. Keberadaannya mampu merebut perhatian wisatawan sekitar sampai dari luar provinsi. 

Lalu, apa saja yang membuat Saloka Theme Park begitu menarik dan banyak diminati?

Menarik dan Lengkap
Seloka Theme Park memang lebih mencolok ketimbang objek wisata lainnya yang sejenis. Meski harga tiketnya lumayan, jauh berbeda dengan wisata alam, namun tetap saja kepuasan yang didapat berada di level berbeda. Ya, hanya dengan merogoh kocek segitu, Anda bisa bermain di sana sampai puas. 

Seloka Theme Park juga punya tampilan menarik 
Seloka Theme Park
Seloka Theme Park via lifestyle.okezone.com
wahananya juga lumayan banyak. Anda tidak akan kebingungan meski saat menghabiskan waktu, tiba-tiba perut merasa lapar. Tenang, di sana terdapat food court atau Cafe yang menyediakan bermacam jenis makanan. Siapkan setidaknya yang sebesar Rp 10.000 sampai Rp 30.000 untuk membeli seporsi makanan. Oh, ya, Anda dilarang membawa makanan dari luar. 

Wahana Galileo
Wahana Galileo
Wahana Galileo via wisatakaka.com
Wahana ini merupakan Museum yang ukurannya tidak terlalu besar, seperti museum pada umumnya. Di sana, Anda bisa mendapat banyak pengetahuan mulai dari tsunami sampai benda luar angkasa. Bukan cuma itu saja, Anda pun juga bisa melihat benda-benda luar angkasa dengan lebih jelas lewat bantuan tab. Bisa di-zoom ini atau zoom out.

Setelah puas mengelilingi Galileo, Anda bisa menikmati permainan lainnya yang tidak kalah menarik. Sangat direkomendasikan mencoba wahana-wahana outdoor, mulai dari yang terfavorit yaitu Bianglala. Eits, tapi Anda tidak perlu kaget saat kelelahan menunggu, sebab antreannya memang panjang. Terlebih, saat hari libur. Dengan menaiki Bianglala di Saloka Theme Park ini, Anda bisa menyaksikan keindahan rawa pening dari atas. 

Wahana Bianglala
Wahana Bianglala
Wahana Bianglala via meramuda.com
Malah, jika cuaca sedang bagus, Anda bisa melihat 6 Gunung sekaligus saat menaiki wahana Bianglala ini, tentu saja pemandangan itu akan sangat indah.

Inilah salah satu keuntungan dikenakan tiket lainnya sebab Anda bisa mencicipi segala wahana di area tersebut. Seperti Bianglala ini, rugi kalau Anda sampai menyia-nyiakan kegiatan tersebut. Eits, tapi bagi Anda yang tengah berkunjung bersama balita atau anak-anak, lebih baik diurungkan dulu niatnya. 

Tapi tenang, di sini ada kok Playground khusus balita. Meski jumlahnya tidak sebanyak wahana yang disiapkan untuk anak-anak yang lebih besar. 

Wahana Lainnya
Saloka Theme Park ini sangat lengkap, dengan menghadirkan wahana memicu adrenalin, edukatif sampai spot-spot foto yang menarik. Dan memang dianjurkan bagi Anda untuk datang ke sana saat memiliki waktu luang cukup banyak agar tidak merasa dirugikan dengan harga tiket yang terbilang mahal. Lagi pula, mencoba satu saja wahana di sana pasti akan membuat ketagihan dan ingin berlama-lama. Beberapa wahana yang perlu Anda ketahui sebelumnya pergi ke sana adalah, berikut: 
Pakubumi
Rollercoaster
Rollercoaster juga cocok dan reccommended bagi Anda penyuka wahana yang sebagian orang menganggapnya ekstrem dan menakutkan ini. Jika Anda takut akan ketinggian dan takut jatuh, maka berhentilah.
Cakrawala
Bengak-bengok (semacam ayunan terbang gitu)
Adu Nyali
Eco wisata angon-angon (anak-anak bisa berinteraksi dengan hewan)
Agrowisata ijo royo-royo (taman holtikultura)
Dan masih banyak lainnya.

Kesimpulan Review Saloka Theme Park
Bisa dikatakan bahwa Saloka Theme Park adalah objek wisata dengan paket lengkap yang menawarkan fasilitas permainan memadai pula. Cocok dikunjungi segala usia dan sangat pas dijadikan tujuan berlibur keluarga, atau paling tidak bersama teman-teman Anda agar Anda tidak merasa kesepian di tengah keramaian. Ya, Saloka Theme Park tidak pernah sepi, Guys. 

Ada juga pertunjukan Air Mancur Menari yang dimulai pada jam 19.00 WIB, sangat cantik dan mampu membuat pengunjung rela menunggu. Tidak Cuma sekedar air mancur menari saja, namun juga akan diiringi oleh lightening, musik dan cerita legenda dari Rawa Pening. Wah, spektakuler banget, ya. 

Yup, cerita legenda Rawa Pening berarti cerita asal-muasal rawa tersebut, ini cukup penting bagi Pengunjung, selain untuk menambah wawasan, tentunya, agar hati lebih mencintai kebesaran alam yang ada di sekitar. Bahkan, nama Saloka milik tempat ini pun didapat dari legenda Baru Klinthing yang digambarkan sebagai seekor naga hebat yang bisa berbicara, yang merupakan anak dari Ki Hajar dan Nyai Salokantara yang mengawali munculnya Rawa Pening. 

Tips Berlibur ke Saloka Theme Park
Bagi Anda, penting nih untuk mengetahui tips bagaimana saja saat memutuskan ingin ke Saloka Theme Park sebagai tujuan menghabiskan waktu di saat hari libur.

Nah, berikut adalah tips-tips cerahnya: 
1.Silakan berkunjung saat week day atau hari Sabtu karena sebab hari Minggu pengunjung akan full. 
2.Usahakan dayang pagi, yaitu di jam buka tempat ini; 10.00 WIB.
3.Jangan lupa untuk cek tikest masuk sebelum berangkat di Traveloka, kadang ada promo tiketnya. Lumayan buat nurunin budget.
4.Sebagai perlindungan diri, gunakan lah sunscreen, topi, dan kacamata untuk mengurangi efek sinar matahari.
5.Jangan lupa untuk mencoba semua wahana yang ada karena kita sudah bayar mahal.
6.Boleh banget untuk mengambil jepretan sebanyak-banyaknya namun  jangan sampai merusak dan mengotori fasilitas yang ada.
7.Jika Anda datang bersama balita jangan lupa persiapan baju ganti dan diaper. 
8.Tetap fokus ke wahana yang ada, tidak perlu memikirkan biaya yang sudah Anda keluarkan, semoga liburan Anda menyenangkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel