Liburan Tempat Wisata Semarang Kota Murah Terbaru 2020

Sekali lagi, Provinsi Jawa Tengah memang tidak kalah dengan provinsi-provinsi lain yang juga menyimpan destinasi alam alami nan apik. Salah satunya berada di Semarang. Di postingan sebelumnya dimana kita ulas tentang air terjun, lawang sewu, gedong songo dan flower farm, Artikel ini, membahas 10 tempat wisata daerah Semarang yang terbaru di Tahun 2020 dalam babak kedua, disebabkan sangking banyaknya tempat menarik di sana.

Nah, tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut adalah destinasi wisata alam dan religi yang bisa Anda kunjungi di kota dengan icon berupa Simpang Lima ini, sebagai berikut:

1. Semarang Night Carnival

Semarang Night Carnival
Semarang Night Carnival via tribunnews.com
Semarang Night Carnival adalah sebuah kegiatan meriah yang kita letakkan di urutan pertama. Pemandangan indah malam nan meriah tentu menarik hati siapa saja cocok untuk spot foto. Terlebih, bagi Anda yang memang suka keramaian. Nah, Semarang Night Carnival ini merupakan wisata kekinian dan acara rutin tiap tahun yang diadakan sebagai peringatan hari lahir kota ini.

Event yang dilahirkan pada Tahun 2010 ini terus berlangsung dan dilestarikan, bahkan menjadi agenda rutin kota tersebut sampai sekarang. Tentu saja, pada saat acaranya berlangsung akan ditampilkan bermacam pertunjukan yang menonjolkan budaya di kota ini, yaitu tiga corak budaya (etnis) yang mendominasi di sana; Cina, Jawa dan Arab.

Tapi bukan hanya ketiga itu saja, Semarang Night Carnival bahkan mengundang penampilan dari negara lain. Negara yang tidak segan untuk ikut memeriahkan antara lain adalah Korea Selatan, Malaysia, Sri Langka, Thailand, dan Taiwan.

Kampung Pelangi

Kampung Pelangi
Kampung Pelangi via kompasiana.com
Kampung Pelangi, apa yang terlintas alam pikiran Anda sat mendengar nama tempat ini untuk pertama kali? Merupakan wisata Semarang terbaru yang saat kini tengah ramai dikunjungi dan lokasinya tidak jauh dari Tugu Muda. Sebelumnya, nama asli dari kampung ini ialah  Kampung Wonosari dan termasuk wilayah Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan.

Siapa sangka, sebelum se-hits sekarang ini, ternyata Kampung Wonosari merupakan perkampungan kumuh nan tidak menarik, yang pada akhirnya disulap menjadi Kampung Pelangi. Menurut Slamet Widodo, tokoh masyarakat setempat, hal ini bertujuan mengimbangi dengan adanya Pasar Bunga yang telah direnovasi.

Jika Anda hendak ke sana, tempat penuh warna ini berlokasi di atas bukit tengah kota sehingga warna warna tersebut sangat menarik mata. Sudah tidak terhitung lagi pengunjung yang terpikat untuk berfoto di kampung ini bahkan proses pengecatan benar-benar rampung. Wah, sepintas, terbayang seperti meriahnya taman kanak-kanak yang bangunannya penuh cat dan motif di mana-mana ya, Guys.

Bermacam warna serta lukisan yang indah dipadukan di seluruh perkampungan dan menghasilkan view yang sangat amazing dan colorfull tentunya. Dan siasat Pemerintah yang melakukan renovasi ini bertujuan agar perkampungan kumuh di Semarang berkurang 40 hektar pun telah berhasil.

Curug Benowo

Curug Benowo
Curug Benowo via inibaru.id
Selanjutnya ialah objek wisata air milik Kabupaten Semarang yang tawarkan keindahan alam bernuansa alami. Lokasi Curug Benowo ini berada di Lereng Gunung Ungaran sehingga sangat eksotis dan memang membutuhkan sedikit perjuangan untuk tiba di sana.

Sayangnya, tidak dianjurkan untuk membawa anak kecil ke mari sebab akses halamannya yang naik-turun. Poin lebihnya adalah berlokasi tidak jauh dari tempat ini, juga terdapat Curug Lawe yang juga memberi keindahan luar biasa. Sehingga sangat direkomendasikan kepada Anda yang menyukai wisata alam serta suka menantang adrenalin dengan jalanan-jalanan yang menguras tenaga dan perlu kehati-hatian.

4. Pasar Semawis

Pasar Semawis
Pasar Semawis via okezone.com
Di Semarang, juga terdapat tempat yang jika Anda ingin berjalan-jalan, namun sekalian membawa cendera mata atau mencicipi makanan khas kota sana. Adalah Pasar Semawis, yang jadi alternatif ter-best jika Anda berburu wisata kuliner. Lokasinya masuk ke wilayah pecinan dan merupakan gagasan dari perkumpulan Kopi Semawis (Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata).

Banyak sekali hidangan yang disajikan di pasar yang bertempat Gang Warung Pecinan, Semarang ini. Di antaranya yang bisa Anda jumpai adalah, pisang plenet khas Semarang. Aneka sate, berbagai menu setabiat, nasi ayam, serabi, dan banyak lagi. Perlu diingat bagi Anda yang hendak mengadakan kunjungan ke sana, bahwa pasar ini tidak buka setiap hari, hanya pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu malam sejak pukul 6 sore.

Wajar jika telah mempunyai bermacam menu di dalamnya, sebab pasar ini sudah dibuka sejak Tahun 2004 bahkan patokan harga untuk tiap-tiap sajiannya sangat bersahabat.

5. Kampoeng Wisata Taman Lele

Kampoeng Wisata Taman Lele
Kampoeng Wisata Taman Lele via jejak-kenzie.blogspot.com
Selanjutnya adalah destinasi wisata yang reccommended untuk Anda kunjungi bersama sahabat maupun keluarga. Kampoeng Wisata Taman Lele ialah kolam buatan yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memberi kesenangan dan  kemudahan bagi pengunjungnya. Terdapat gazebo, sepeda air, bermacam permainan anak, dan kolam renang untuk anak.

Bukan cuma itu saja, terdapat pula beberapa satwa peliharaan yang dipamerkan seperti merak, beragam jenis burung, buaya, bahkan sampai ular python. Lokasi tempat wisata Semarang ini cukup strategis sebab berada tepat di jalur pantura. Nah, bagi Anda yang tengah mengadakan  perjalanan dari Jakarta ke arah timur Pulau Jawa, atau sebaliknya, boleh saja mampir ke sana untuk beristirahat sejenak atau memilih tempat menginap di hotel yang berada di Kampoeng Wisata Taman Lele tersebut.

6. Kelenteng Sam Po Kong

Kelenteng Sam Po Kong
Kelenteng Sam Po Kong via swa.co.id
Berikutnya adalah tempat bersejarah dan sekaligus menjadi tempat peribadatan yang berada di Semarang, yaitu Kelenteng Gedung Batu Sam Po Kong.

Menurut cerita yang beredar  dan turun-menurun adalah tempat ini pernah menjadi lokasi peristirahatan Laksmana Tiongkok bernama Zheng He (Cheng Ho). Kelenteng ini pun dijuluki pula sebagai Gedung Batu sebab bentuknya Gua Batu Besar dan berlokasi di Bukit Batu.

7. Museum Muri

Museum Muri
Museum Muri via tribunnews.com
Sangat tidak lengkap jika hanya menyenangkan mata dengan pemandangan alam dan perut dengan bermacam kuliner lezat. Adakalanya Anda juga perlu berkungjung ke destinasi wisata edukasi, salah satu yang menarik di Semarang adalah Museum Muri yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Semarang. Museum ini telah didirikan  pada 27 Januar 1990 dan luar biasanya telah meraih lebih dari 1.200 rekor.

Muri ini tidak hanya bertindak sebagai museum, loh, namun juga punya tugas menghimpun data dan memberi penghargaan bagi anak bangsa yang berprestasi.

8. Masjid Agung Jawa Tengah (religi)

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah via qoobah.co.id
Ternyata, wisata religi terdapat di Semarang cukup banyak dan terdiri atas beragam agama. Setelah Sam Po Kong, kini saya akan merekomendasikan kepada Anda yaitu Masjid Agung Jawa Tengah yang diresmikan sejak tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang yudhoyono.

Masjid ini merupakan buah rancangan dari Ir. H. Ahmad Fanani yang luar biasa. Tidak terelakkan lagi selain megah, strategis, tempat ini selalu ramai bahkan bukan waktunya tiba mengerjakan sholat.

9. Jembatan Harapan

Jembatan Harapan
Jembatan Harapan via travelspromo.com
Jembatan Harapan berlokasi di Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah. Nama harapan yang disematkan memang sepintas menjadikan tempat ini punya nilai ajaib, padahal tidak. Jadi, bukan berarti jembatan ini bisa mengabulkan harapan atau tempat berharap ya, Guys.

Jembatan Harapan adalah yang menggabungkan Taman Mini Jawa Tengah Indah (TMJTI) dengan Berupa Gazebo. Anda bisa melewatinya dengan jalan kaki sembari menikmati keindahan sekitar.

Bahkan, Anda pun menemukan banyak sekali jajanan dan kuliner lezat yang bisa Anda cicipi bersama keluarga maupun sahabat.  Tentu saja, aneka makanan yang dijajakan di sana punya harga yang bersahabat untuk Anda. Lebih menyenangkan lagi Anda bisa berkuliner sambil menikmati keindahan pemandangan di sana.

10. Hutan Penggaron

Hutan Penggaron
Hutan Penggaron via jejakpiknik.com
Hutan ini lumayan terkenal dan lokasinya berada di Desa Susukan, Siroto, Kec. Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah. Jika dinilai dari namanya, pasti kalian mengira bahwa bentuknya pasti seperti hutan pada umumnya. Padahal, tidak.

Hutan Penggaron ialah tempat wisata yang berkonsep hutan sebagai daya tarik wisatanya. Yaitu tempat nan rindang dan sejuk serta dipenuhi oleh pohon pinus, tentu akan menjadi salah satu spot terbaik Anda berfoto ria.

Aslinya, tempat ini merupakan spot untuk outbond serta beberapa pelatihan yang mengusung tema alam. Semacam halnya SAR, pencinta alam, hingga pramuka sering kali mengadakan kegiatan dan pelatihan di tempat tersebut. Sehingga, Anda tidak perlu kaget saat di beberapa waktu tertentu mendapati tenda-tenda berjejer di area tersebut.

Nah itulah tempat-tempat wisata di Semarang Tahun 2020 yang terdiri atas 10 tempat, di antaranya adalah wisata alam, buatan, edukasi dan religi yang kami rekomendasikan untuk Anda. Masih banyak tempat yang bisa dikunjungi disana seperti setiya aji, mangrove edupark, tirto argo siwarak, lereng kelir,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel