PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Wisata Liburan di Palopo Sulawesi Selatan Ngehits

Thursday, September 13, 2018
Dengan julukan kota idaman, palopo seringkali mendapat penghargaan sebagai kota terbersih di sulawesi selatan. Palopo juga dikenal dengan kuliner khasnya kani barobbo dan kapurung. Tentunya juga dengan beragam obyek wisatanya yang menarik untuk dikunjungi. 

Nah, untuk anda  yang sedang berkunjung ke Palopo, dan bingung mau kemana, berikut ini beberapa rekomendasi obyek wisata terbaik Palopo, yang kami rekomendasikan untuk anda dan keluarga. Penasaran? Beragam Destinasi Wisata Terbaik di Palopo-Sulawesi Selatan

1. Lereng cinta 
Lereng cinta
Lereng cinta  via yotube.com
Obyek wisata yang pertama adalah Lereng Cinta. Dinamakan lereng cinta karena spot-spot wisata di kawasan ini banyak menggunakan simbol cinta. Seperti taman cinta, sel cinta dan gembok cinta serta tenda yang berbentuk love berwarna pink. Ada juga kampung cinta yang dilengkapi dengan nama-nama jalan yang membuat anda baper. 

Terdapat rumah unik yang didesain terbalik dan rumah pohon yang terdapat rangkaian daun yang berbentuk hati. Anda bisa menikmati keindahan alam dan palopo dari atas rumah pohon ini. Terdesedia juga wahana outbond dan flying fox. Jika anda ingin mencobanya, akan dikenakan tarif sebesar Rp. 15.000. Untuk memasuki objek wisata ini anda akan dikenakan tarif sebesar Rp. 8.000/orang. Hingga kini, objek wisata ini terus mengalami peningkatan pengunjung. 

Lereng cinta ini berlokasi di lereng gunung kelurahan mawa, kecamatan sendana, kota Palopo. Berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota palopo atau sekitar 15 menit perjalanan.

2. Pantai Labombo
Pantai Labombo
Pantai Labombo via kompasiana.com
Salah satu tempat yang cocok untuk melepas kepenatan adalah pantai labombo. Disini anda bisa berenang dan menikmati keindahan pemandangan pantai dengan pasirnya yang putih bersih. Anda juga bisa menikmati kenyamanan dan sejuknya pohon rindang di taman kawasan pantai ini. 

Diujung taman terdapat  replika satwa liar seperti patung gajah, biri-biri dan anoa yang bisa anda gunakan untuk lokasi berfoto. Anda juga bisa berfoto bersama dengan badut yang berkostum kartun seperti donal bebek, spongebob, dan sebagainya.

Untuk memasuki kawasan ini, anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000/orang pada hari senin-sabtu, dan Rp. 15.000/orang pada hari minggu dan hari libur. Pada hari minggu dan hari libur anda bisa menikmati alunan musik dan penyanyi panggung hiburan pantai labombo, anda juga bisa turut bergabung untuk bernyanyi bersama mereka. Tak perlu khawatir kelaparan, disini tersedia berbagai jenis kuliner yang dijajakan di sepanjang pantai

Alamat obyek wisata pantai labombo ini tepatnya di Tim. Surutanga, Wara Tim, Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

3. Wisata bukit 513 Tj
Wisata bukit 513 Tj
Wisata bukit 513 Tj via nyero.id
Bukit 513 Tj merupakan obyek wisata favorit masyarakat palopo dan sekitarnya.  Dan termasuk obyek wisata baru, karena baru resmi dibuka pada oktober 2015. Memang saat awal pembukaannya dulu, obyek wisata ini belum banyak dikunjungi wisatwan, karena belum terekspos di media sosial. Setelah banyak di ekspos di media sosial, baru kemudian bukit 513 ini mulai dikenal masyarakat luas dan menjadi tempat favorit keluarga untuk menghabiskan liburanya. 

Bukit 513 berjarak 8 kilometer dari pusat kota palopo, mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Perjalanan ke bukit 513 Tj akan memacu adrenalin anda karena akses jalan menuju bukit ini berkelok-kelok, menanjak serta jalan yang sempit. Untuk memasuki areal bukit 513 anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000/orang. Di wisata bukit 513 Jt telah tersedia cottage, cafe serta ikan bakar kareba khas bukit 513 Jt. 

Jhon Tikara yang merupakan penggagas obyek wisata ini merupakan pria asal kallan-lolai, kecamatan kapalan pitu, Toraja Utara. Beliau sangat suka wisata alam dan panorama. Dia banyak belajar soal wisata alam di berbagai daerah. Berbekal dari pengalamanya, dia menciptakan bukit 513 JT. Nama 513 JT merupakan singkatan dari Sol Do Mi atau solata domai. Merupakan istilah untuk menyebut sesama warga toraja.

4. Museum batara guru
Museum batara guru
Museum batara guru via triptrus.com
Museum ini dahulunya merupakan istana raja luwu yang dibangun sekitar tahun 1920. Setelah tidak lagi ditempati, bangunan ini menjadi museum dan diberi nama museum bathara guru. Museum ini diresmikan oleh Andi Achmat, salah seorang ahli waris raja luwu yang saat itu menjabat sebagai bupati luwu. Tujuanya adalah melestarikan kebudayaan kerajaan luwu.

Didalam museum batara guru terdapat ruang pamer dengan luas 120 meter persegi, perpustakaan, ruang administrasi, mushola dan toilet. Dalam Ruang pamer museum tersimpan sekitar 831 koleksi yang terdiri atas koleksi prasejarah, keramik, etnografi, naskah, numimastik, dan foto. Anda bisa berkunjung ke museum ini di hari selasa-kamis jam 08.00-16.00 WITA, hari jumat jam 08.00-10.30 WITA. Dan hari Minggu jam 08.00-16.00 WITA.

Destinasi bersejarah, museum batara guru ini tepatnya terletak di jalan andi jemma no.1 Kelurahan Batu Pasi, Kecamatan Wara Utama, Kabupaten Luwu Palopo

5. Wisata air terjun Latuppa
Wisata air terjun Latuppa
Wisata air terjun Latuppa via alurnews.com
Latuppa merupakan nama sungai dan juga nama salah satu kelurahan mungkajang , palopo.  Dahulu, latupa hanya menyajikan pemandian di aliran sungai. Kini, latuppa telah memiliki obyek pemandian favorit yakni air terjun yang mempunyai 3 titik di sungai latuppa. Jarak air terjun satu dengan air terjun lainya yakni sekitar 500 meter dan 1 kilometer.

Air terjun pertama merupakan obyek wisata yang menjadi favorit banyak pengunjung. Perjalanan menuju obyek wisata ini berjarak sekitar 9 kilometer dari kota palopo yang bisa anda tempuh dengan berkendara selama 15 menit, untuk sampai ke air terjun, anda harus berjalan kaki melewati sungai kecil dan jalan setapak dan melewati 90 anak tangga. Untuk menikmati keindahan air terjun ini, anda cukup membayar Rp. 1000/orang.

Obyek wisata air terjun latuppa berlokasi di Latuppa, Mujangkang, Kota Palopo.

6. Sensasi arung jeram di sungai batupapan
Sensasi arung jeram di sungai batupapan
Sensasi arung jeram di sungai batupapan via makassar.tribunnews.com
Desa Kalpataru, Kecamatan Tomoni, Batu hijau yang berjejer di sepanjang aliran sungai menjadi pemandangan menarik di sekitar sungai. Sungai ini merupakan pemandian yang panjang. Tempat ini cocok untuk arung jeram dan rafting menggunakan pelampung atau ban dalam mobil. Anda cukup membayar biaya sewa sebesar Rp. 5000 untuk ban kecil dan Rp. 10.000 untuk ban besar. Tempat ini bagus, airnya masih jernih dan alami. Sangat cocok digunakan sebagai tempat liburan anda bersama keluarga.

Disekitar lokasi sungai telah tersedia gazebo sebagai tempat anda bersantai dan beristirahat. Ada juga penjual makanan dan minuman. Untuk masuk ke tempat ini anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 2000
Lokasi obyek wisata sungai batu papan ini ada di desa Kalpataru, kecamatan Mangkutana, kabupaten Luwu Timur

7. Istana luwu
Istana luwu
Istana luwu via triptrus.com
Bagi anda penikmat wisata sejarah, wajib bagi anda untuk berkunjung ke istana luwu yang berlokasi di palopo. Istana ini dibangun tahun 1920-an oleh pemerintah kolonial belanda. Dahulunya istana ini terbuat dari kayu yang konon katanya memiliki tiang sebanyak 88 buah. Bangunan ini dibuat dengan arsitektur khas eropa untuk mengambil hati raja kerajaan luwu.

Di istana luwu terdapat dua bangunan yakni langkanae dan salassae. Langkanae merupakan sebutan dari istana dan salassae merupakan tempat pertemuan atau tempat menjamu tamu-tamu istana. Berbagai benda pusaka terdapat di dalam koleksi istana ini sepeti sertifikat pahlawan nasional RI bagi andi jmma yang di tandatangani presiden Megawati Tahun 2004. Terpajang juga legenda batara guru dan silsilah 23 generasi dari rja-raja kedatuan luwu.

Di istana ini juga tersimpan beraneka ragam senjata pustaka berupa keris. Dalam lemari kaca juga terpajang piring antik, alat musik, dan sebagainya. Peninggalan istana ini bukan mahkota sebagai simbol kerajaan tetapi berupa besi paka dan bunga waru yang dipakai oleh datu yang merupakan simbol dewata matenruliwawo.

Alamat istana luwu terletak di jalan Andi Djemma no.1 kelurahan batu pasi kecamatan wara utara kabupaten luwu, Palopo

8. Taman kirab
Taman kirab
Taman kirab via yotube.com
Taman ini berlokasi di dekat masjid agung palopo. Ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di taman ini. Dekat taman terdapat tempat yang bisa anda jadikan sebagai lokasi berolahraga seperti lari dan bermain bola serta bersepeda. Taman ini memiliki view yang bagus untuk anda berfoto. Di sekitar taman juga terdapat banyak penjual makanan dan minuman. Taman ini terlihat bersih dari sampah yang berserakan karena terdapat petugas kebersihan taman.

Obyek wisata taman kirab ini terletak di Palopo, Batupasi, Wara, Kota Palopo.

9. Taman swimbath latuppa
Taman swimbath latuppa
Taman swimbath latuppa via beritaterpercayaterkini.blogspot.com
Kolam renang swimbath latuppa cukup terkenal sejak puluhan tahun silam. Namun seiring berjalanya waktu obuek wisata tersebut sepi dari pengunjung atau bisa dikatakan mati suri. Kemudian pada taun 2016 kolam renang tersebut  diubah menjadi taman swimbath latuppa yang dilengkapi berbagai sarana pendukung sebuah obyek wisata. Ditaman ini anda bisa menyaksikan patung soekarno, patung Opu Dg Rijasu yang merupakan pahlawan perempuan dari tanah luwu.  

Anda juga akan menyaksikan hamparan taman yang dipenuhi bunga. Terdapat pula gazebo, arena bermain anak, terapi ikan dan panggung seni, terdapat pula aneka tanaman obat-obatan dan tanaman langka. Anda bisa mencoba terapi ikan dewa disini yang mempunyai sensasi sendiri.  Ribuan ikan dewa akan menggingit kaki dan betis anda ketika kaki anda dimasukkan kedalam kolam.

Lokasi taman swimbat latuppa di Jl. Pong Simpin, Boting, Wara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan.
Bagaimana sangat menarik bukan obyek wisata favorit di Palopo yang kami rekomendasikan diatas?