PLARIUSMODIFIKASI101

Informasi Berburu Wisata Seru di Payakumbuh

Saturday, October 13, 2018
Payakumbuh merupakan sebuah kota kecil di Sumatra Barat, namun memiliki pemandangan Gunung Sago yang sangat menawan. Meskipun sebuah kota kecil dan berada di dataran tinggi, namun Payakumbuh menawarkan berbagai objek wisata yang wajib Anda kunjungi jika sedang berada di Sumatra Barat. 

Bukit Bulek Payakumbuh
Bukit Bulek Payakumbuh  via travelingyuk.com
Beberapa objek wisata yang sedang hits di Payakumbuh dan sering dijadikan referensi liburan oleh wisatawan dari dalam maupun luar kota, bahkan oleh wisatawan asing ialah Jembatan Layang Kelok Sembilan, Padang Mangateh, Jembatan Ratapan Ibu, Kapalo Banda Taram, Air Terjun Lubuak Bulan, Ngalau Indah dan Ngalau Sompik, dan masih banyak destinasi wisata yang lainnya. 

Jam Buka dan Harga Tiket Wisata Payakumbuh 
Sesuai dengan namanya, Jembatan Layang Kelok Sembilan merupakan sebuah jembatan untuk umum yang menghubungkan Sumatra Barat dengan Riau. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar tiket masuk. Anda bisa melewati jembatan ini kapan saja Anda mau. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Padang Mangateh, Anda harus mengikuti prosedur pendaftaran terlebih dahulu. 

Karena Padang Mangateh merupakan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan wisata edukasi, maka yang diperbolehkan masuk kesini hanya yang telah mendapat izin dari petugas tanpa membayar dan untuk kepentingan instansi/ lembaga. Jika hanya untuk berburu foto dengan background yang bagus, permohonan izin Anda tidak akan di verifikasi. Anda juga harus berkunjung pada jam kerja dan hari kerja. 

Anda dapat berkunjung ke Jembatan Ratapan Ibu kapan saja Anda mau tanpa harus membayar biaya tiket masuk, sama hal nya seperti ke Jembatan Layang Kelok Sembilan. Namun, pada waktu malam hari jembatan ini akan terlihat lebih indah karena dihiasi oleh lampu-lampu sepanjang jembatan ini, bahkan cahaya lampu yang jauh di sekitar jembatan ini juga akan terlihat.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kapalo Banda Taram, Anda bisa datang kapan saja karena danau ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.28 WIB. Untuk tiket masuk nya, hanya dengan membayar sebesar Rp. 20.000,-/orang Anda sudah dapat menikmati keindahan danau ini. sedangkan untuk masuk ke Ngalau Indah Anda harus membayar Rp.5.000,-Rp. 10.000,-. 

Daya Tarik Wisata Payakumbuh

1. Pemandangan Alam yang sangat Luar Biasa
Pemandangan Alam Payakumbuh
Pemandangan Alam Payakumbuh  via erudisi.com
Salah satu faktor yang menyebabkan Payakumbuh selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan ialah pemandangan alam nya yang sangat luar biasa. Jika Anda melintasi Jembatan Layang Kelok Sembilan, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa di kawasan ini, pepohonan dan jurang di sebelah kiri dan kanan jalan menambah keindahan jembatan ini. 

2. Padang Mangateh New Zealand nya Indonesia
Padang Mangateh New Zealand
Padang Mangateh New Zealand via takaitu.com
Padang Mangateh yang sering disebut New Zealand nya Indonesia ini juga selalu ramai di datangi pengunjung. Pemandangan padang rumput yang hijau dengan sapi ternak yang ada disana akan menyegarkan mata Anda. Namun, tidak semua orang dapat masuk ke kawasan ini. hanya yang telah memiliki izin masuk saja yang dapat berkunjung, karena tempat ini merupakan wisata edukasi. 

3. Mengenal Sejarah Penjajahan
Jembatan Ratapan Ibu
Jembatan Ratapan Ibu via pungkysudrajat.blogspot.com
Bukan hanya liburan biasa yang akan Anda dapatkan jika berkunjung ke Payakumbuh, khusus nya Jembatan Ratapan Ibu. Anda akan belajar dan mengetahui sejarah dari destinasi wisata ini. Jembatan dibangun oleh pemerintahan Hindia Belanda untuk melintasi Sungai Batang Agam dengan Nagari Aie Tabik. Dahulu sering dijadikan tempat untuk mengeksekusi para pemuda dan membuang jasad nya.  

4. Danau dikelilingi bukit
Kapalo Banda Taram
Kapalo Banda Taram
Destinasi wisata yang tidak kalah hits di Payakumbuh ialah Kapalo Banda Taram. Tempat ini merupakan danau yang dikelilingi oleh bukit hijau nan asri, sehingga banyak sekali pengunjung yang tertarik untuk datang kesini. Meskipun dahulu hanya sebuah irigasi biasa, kini danau ini telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Payakumbuh. 

5. Air Terjun yang Unik 
Air Terjun Lubuak Bulan
Air Terjun Lubuak Bulan via lembahindonesia2009.blogspot.com
Daya tarik Payakumbuh yang tidak kalah keren dengan yang lain ialah Air Terjun Lubuak Bulan. Air terjun ini sangat unik dan banyak dicari oleh wisatawan meskipun jarak nya sangat jauh dari Pusat Kota Payakumbuh, karena memiliki kontur tebing yang melengkung seperti bulan sabit. Sehingga semakin menambah kecantikan dari air terjun ini. 

6. Memiliki Gua-gua yang Eksotis
Goa Ngalau Indah
Goa Ngalau Indah via indonesiakaya.com
Payakumbuh juga memiliki gua-gua yang eksotis dan wajib Anda kunjungi, seperti Ngalau Indah dan Ngalau Sompik. Meskipun kesan pertama yang diberikan oleh Ngalau Indah sedikit menyeramkan, namun lama-kelamaan jika Anda terus memandangi gua ini maka keindahan nya pun akan terlihat dan tidak menyeramkan lagi. Ngalau Indah lebih besar ukuran nya daripada Ngalau Sompik.  

Fasilitas di Wisata Payakumbuh
Di Kapalo Banda Taram fasilitas nya memang belum terlalu lengkap, namun untuk menikmati keindahan danau ini Anda dapat menyewa rakit untuk berkeliling danau. Hanya dengan membayar Rp.15.000,-Rp.20.000,- Anda sudah dapat menyewa sebuah rakit. Anda juga tidak perlu khawatir jika merasa lapar, karena sudah ada warung yang menjual makanan dan minuman di sekitar lokasi ini.

Selain itu, Anda juga bisa ziarah ke makam dan Surao Tuo, serta menyaksikan warga yang berburu babi setiap hari Rabu. Sangat menarik, bukan? Sementara itu, fasilitas di Ngalau Indah sudah cukup memadai, hanya saja masih belum maksimal. Masih belum ada alat penerangan, jadi Anda harus membawa nya sendiri jika ingin masuk ke gua ini. 

Akses dan Rute Menuju Wisata Payakumbuh
Untuk sampai di Padang Mangateh, bagi Anda yang berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau, Anda bisa sewa mobil untuk menuju ke Padang Mangateh yang sudah mengetahui lokasi wisata ini, Anda juga harus memiliki izin terlebih dahulu sebelum masuk ke kawasan ini. bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, juga tidak sulit untuk di akses karena jalannya sudah bagus. 

Setelah Anda sampai di Payakumbuh, pilih arah menuju ke Batang Tabik sampai menemukan tugu Adi Pura, kemudian melewati Jembatan Ratapan Ibu. Setelah Anda sampai di bundaran Lobua Silang, terus lurus ke arah Batang Tabik. Setelah di Pemandian Batang Tabik di kanan jalan, kemudian belok ke Simpang Puskesmas Mungo. Sekitar 1,5 km lagi Anda akan sampai di pintu gerbang Padang Mangateh. 

Kapalo Banda Taram berlokasi di Kanagarian Taram, Kecamatan Harau, Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke destinasi wisata ini, Anda dapat berangkat dari dari Simpang Batu Balang. Kemudian, menuju ke Pilubang. Terus saja ikuti jalan sampai kira-kira 7 km, maka Anda akan sampai di lokasi. 

Jika Anda ingin berkunjung ke air terjun Lubuak Bulan, Anda dapat berangkat dari pasar tradisional di kecamatan Mungka, kemudian menuju ke koto tinggi yang akan menempuh jarak 10 km. Sepanjang perjalanan Anda akan melewati persawahan, kolam ikan, ternak ayam bahkan hutan. Setelah sampai di jalanan aspal, Anda akan menemui jalan yang menanjak.

Selain itu, Anda juka akan melewati tebing yang curam serta jal yang berliku-liku. Jika Anda telahsampai di Pasanggrahan, Anda masih harus melanjutkan perjalanan ke air terjun ini danakan menempuh waktu sekitar 1 jam perjalanan, karena jarak nya sekitar 17 km. Lokasi nya memang jauh dari perkotaan, jadi Anda harus bersabar. Namun, setelah sampai di lokasi rasa lelah Anda akan terbayarkan. 

Lokasi dari Ngalau Indah dan Ngalau Sompik adalah bersebelahan, yaitu di Kelurahan Pakan Sinayan, Payakumbuh Barat. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dan akan menempuh perjalanan sekitar 3 jam. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda perlu mengeluarkan ongkos sebesar Rp. 20.000,- sampai Rp. 25.000,-. 

Hotel Terdekat dari Wisata Payakumbuh
1. Novotel Bukit Tinggi
2. Grand Rocky Hotel
3. Campago Hotel
4. Hotel Jogja
5. Emersia Batusangkar
6. Lima’s Hotel
7. Treeli Boutique Hotel
8. Emersia Hotel & Resort
9. Hotel Dymen’s
10. Prima Dini Hotel

Tips Berwisata ke Payakumbuh 
Pemandangan Payakumbuh yang luar biasa, mengharuskan Anda untuk membawa kamera agar momen Anda selama disana dapat diabadikan. Selain itu, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti, dikhawatirkan Anda akan tercebur ketika menggunakan rakit di danau Kapalo Banda Taram. Tetaplah jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.