Review Lengkap 10 Objek Wisata Payakumbuh Paling Hits

Indonesia memang memiliki banyak sekali objek wisata yang sangat menarik, dan itu tidak bisa diragukan lagi. Keindahan alamnya mampu membuat siapa saja terpesona, semuanya terbentang dari Sabang hingga Merauke, tidak jarang banyak wisatawan asing yang hobi liburan di Indonesia.

Namun, yang akan kita bahas kali ini adalah salah satu wilayah di Indonesia yang tentunya kaya akan objek wisatanya, yaitu Payakumbuh. Payakumbuh sendiri merupakan kota kecil berlatar belakang Gunung Sago yang berada di ketinggian kurang dari 514mdpl. Pada mulanya, kota ini dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda dan dari pusat kota berjarak sekitar 128 km. 

Kembali ke topik ya, Guys. Nah, jika Anda memang ingin berkunjung ke kota ini, maka Anda perlu mendaftar beberapa tempat wisata yang sedang hits dan  tidak boleh dilewatkan. Berikut daftarnya:

1. Padang Mangateh
Padang Mangateh
Padang Mangateh via inews.id
Padang Mangateh adalah tempat wisata di Payakumbuh yang akan mengawali pembahasan kita. Padang Mangateh ini bisa dibilang sebagai New Zaeland milik Indonesia. Tempat ini sendiri merupakan suatu padang rumput yang ada pada ketinggian dan menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Hamparan rerumputan yang luas tersebut merupakan suatu padang yang mana dijadikan sebagai tempat peternakan sapi. 

Padang rumput ini memiliki luas 289 dan pastinya akan membuat Anda tidak menyangka jika sedang ada di Indonesia karena rumputnya sangat hijau dan juga subur serta luas, sehingga terkesan sedang berada di luar negeri seperti New Zealand. Bahkan, tempat ini juga cocok dijadikan backgroundnya foto pre-wedding.

Pegangannya sangat memukau dengan potret yang juga instagramable, terdapat pula ribuan sapi ternak yang ada pada tempat ini dan memang sangat menarik untuk Anda kunjungi.

2. Air Terjun Lubuak Bulan
Air Terjun Lubuak Bulan
Air Terjun Lubuak Bulan via aet.co.id
Selanjutnya adalah tempat wisata di Payakumbuh yang bernama Air Terjun Lubuak Bulan. Tempat ini sudah menjadi incaran banyak wisatawan karena lokasinya yang sangat mudah dijangkau, yaitu di pusat kota Payakumbuh.

Kenapa air terjun ini bisa disebut Bulan, tentunya punya alasan tersendiri, karena air terjunnya memang berbentuk seperti bulan sabit dan dikelilingi oleh beberapa tebing tinggi. Air terjun ini memiliki ketinggian hampir 50 meter. Dan jika Anda sedang berada di air terjun tersebut, maka nantinya Anda bisa merasakan suasana yang menyenangkan dan juga menenangkan, bahkan Anda juga bisa mandi di dalam kolam yang memang cukup unik tersebut. 

Tempat wisata ini terletak di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, jaraknya kurang lebih 30 km dari pusat kota Payakumbuh. Setelah Anda sampai di lokasi tersebut, maka Anda memang harus memarkir kendaraan dan melakukan trekking kurang lebih selama 3 jam melalui hutan lebat. Jadi, siapkan fisik ya benar-benar prima ya, Guys.

Meskipun demikian, rasa lelah perjalanan Anda akan terbayarkan dengan melihat keindahan air terjun tersebut.

3. Kelok Sembilan
Kelok Sembilan
Kelok Sembilan via bisniswisata.co.id
Tempat Wisata selanjutnya ini juga merupakan tempat yang unik. Berbeda lagi dengan yang di Agam yaitu Kelok 44, karena di Payakumbuh ini bernama Kelok 9 karena memiliki arsitektur serta pemandangan alam luar biasa. 

Di sini, Anda bisa merasakan suasana yang sangat asri. Sebab, lokasinya dikelilingi oleh perbukitan dan pepohonan hijau. Ditambah lengkungan jembatan yang indah pastinya akan membuat spot foto terbaik di Negara kita ini. Jembatan ini menghubungkan antara Provinsi Sumatera Barat dan Riau dan telah dibangun oleh anak bangsa sejak tahun 1910 dan kemudian diperkukuh pada tahun 2003. Nah, inilah salah satu Landmark Sumatera Barat. 

4. Ngalau Indah
Ngalau Indah
Ngalau Indah via indonesiakaya.com
Ngalau Indah ini merupakan sebuah gua yang berlokasi di Kelurahan Pakan Sinayan, Payakumbuh Barat. Lokasi gua ini sekitar 4 km dari kota dan kurang-lebih 31km dari Bukit Tinggi. Suasana yang Anda dapat saat pertama singgah pasti terasa sunyi, bahkan tak jarang yang menganggapnya sangat menyeramkan. Namun, meski demikian, setelah Anda menyalakan alat penerangan dan menyaksikan pemandangan di dalam gua tersebut, pasti Anda akan terkagum-kagum.

Dalam hal kelengkapan fasilitas memang belum dimiliki oleh tempat ini. Dan Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 sampai Rp 10.000 per orang. 

5. Ngalau Sompik
Ngalau Sompik
Ngalau Sompik via vacation-star.blogspot.com
Yang kelima ada Ngalau Sompik yang juga tidak kalah indah dan mengagumkan. Anda tidak perlu menempuh waktu lama dari Ngalau Indah, karena untuk lokasinya sendiri adalah bersebelahan dengan Ngalau Indah, Ngalau Sompik ini juga  menawarkan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Gua ini bisa dikatakan Ngalau Sompik atau sempit karena memang ukurannya yang tidak lebih besar dari Ngalau Indah. 

Untuk saat ini, Ngalau Sompik juga menjadi objek wisata favorit yang ada di Payakumbuh dan memiliki pemandangan hutan yang masih hijau dan juga cantik, dengan demikian Anda tidak akan menyesal mengunjunginya.

6. Puncak Marajo
Puncak Marajo
Puncak Marajo via pelantang.id
Masih di sekitar area tersebut, yang tidak jauh dari tempat wisata selanjutnya. Kemudian Anda juga bisa langsung mengunjungi Puncak Marajo, setelah mengunjungi Ngalau Indah, maka Anda bisa melakukan trekking kurang lebih 1 km untuk bisa sampai di Puncak Marajo ini. 

Puncak Marajo ini adalah sebuah puncak yang menawarkan pemandangan alam sangat menakjubkan. Anda nantinya akan disuguhi pemandangan alam hijau, kemudian bukit serta gunung yang mengelilingi lokasi ini. Rasa lelah Anda pun saat trekking akan terbayarkan  saat Anda melihat pesona Puncak Marajo ini.

7. Panorama Ampangan
Panorama Ampangan
Panorama Ampangan via indonesiakaya.com
Masih di Payakumbuh yang kaya akan keindahan alamnya, Panorama Ampangan juga telah menjadi tujuan wisata banyak orang. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang mana nantinya Anda bisa memandangi keindahan alam yang sangat luar biasa. 

Tempat ini juga sering diincar sebagai lokasi foto yang terbaik serta tempat untuk bersantai terbaik bagi warga Payakumbuh serta Lima Puluh Kota. Dengan berkunjung ke sini tentunya mata Anda akan lebih dimanjakan dan pikiran pun jadi fresh. 

Letak dari tempat wisata ini berada di Kaki Gunung Sago, yaitu sekitar 7 km dari pusat kota Payakumbuh. Untuk bisa masuk dan merasakan kenyamanannya, maka Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000,- saja dan juga membayar parkir sebesar Rp 2.000,-. Namun jika memang Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini maka sebaiknya persiapkan dengan matang karena memang masih minim penjual makanan maupun fasilitas penunjang lainnya. Karena jika sampai Anda lapar dan kesulitan mencari Warung Makan, maka kegiatan berlibur Anda bisa jadi berantakan.

8. Jembatan Ratapan Ibu
Jembatan Ratapan Ibu
Jembatan Ratapan Ibu via pungkysudrajat.blogspot.com
Mungkin beberapa orang yang belum pernah mendengar nama tempat wisata ini, pasti akan sedikit tercengang dan sedih. Jembatan Ratapan Ibu ini merupakan suatu jembatan yang dibangun pada tahun 1818 oleh Pemerintah Hindia Belanda dengan menggunakan tenaga paksa  rakyat Indonesia. 

Jembatan tersebut melintasi Sungai Batang Agam dan dibangun demi tujuan menghubungkan Pasar Payakumbuh serta Nagari Aie Tabik. Penamaan jembatan ini tentunya karena menjadi salah satu tempat yang dialamatkan oleh pemerintah Belanda untuk mengeksekusi para pemuda serta jasadnya langsung dibuang ke sungai tersebut.

9. Kapalo Banda Taram
Kapalo Banda Taram
Kapalo Banda Taram via kumparan.com
Selanjutnya, Anda juga bisa mengunjungi Kapalo Banda Taram yang merupakan suatu tempat wisata dan dikatakan mirip dengan suatu tempat di Vietnam. So, Anda bisa liburan ala-ala Luar Negeri gitu deh. Hehe.

Tempat wisata ini menyediakan sebuah tempat yang terdapat danau, lengkap dengan pemandangan indah sekelilingnya. Jika Anda bersiap untuk datang ke sini, lokasinya berada Nagari Taram, Harau, Payakumbuh. 

Tempat ini sangat reccomended sebab selain bisa menikmati keindahan alamnya, Anda juga dapat menaiki rakit bambu dan mengitari danau tersebut. 

10. Rumah Gadang Sungai Beringin
Rumah Gadang Sungai Beringin
Rumah Gadang Sungai Beringin via rovindomaisya.blogspot.com
Terakhir yang akan menjadi penutup review tempat wisata di Payakumbuh kali ini adalah Rumah Gadang Sungai Beringin. Memang tidak lengkap rasanya jika saat berkunjung ke Payakumbuh Anda tidak mengunjungi Rumah Gadang Sungai Beringin, yang mana merupakan sebuah rumah khas dari masyarakat Payakumbuh. 

Rumah ini telah diresmikan oleh Menteri Pariwisata pada tanggal 9 Januari 1994. Bangunan ini dibangun untuk dipersembahkan untuk Bundo Kanduang dan juga Anak Cucu dari masyarakat Minangkabau dan sampai sekarang ini Rumah Gadang tersebut dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang dikelola oleh PT. Pusako. Jadi, tidak heran jika masih terawat dengan baik.