PLARIUSMODIFIKASI101

Lagi Di Yogya? Kunjungi Tempat Wisata Terbaik di Seputar Yogyakarta

Tuesday, November 20, 2018
Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal akan kekayaan wisatanya. Bisa dibilang, popularitas kota ini sudah menyamai pulau Bali atau Lombok. Disana wisatawan bisa menikmati segala jenis obyek wisata menarik, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata edukasi, dan masih banyak lagi.

Dan menariknya, masyarakat Jogja terkenal sangat ramah dan sopan. Nah, tertarik berkunjung ke Jogjakarta? Berikut kami bagikan beberapa referensi obyek wisata terbaik di jogja yang bisa anda kunjungi.

1. Taman Pintar 
Taman Pintar
Taman Pintar via wisatayogyakarta.biz
Rekomendasi pertama adalah taman pintar. Bagi anda yang sedang liburan ke Jogja bersama sang buah hati, destinasi ini wajib dikunjungi. Disini buah hati anda tidak hanya akan bermain dengan menikmati wahana-wahana yang ada, tapi sekaligus juga bisa belajar.

Daya Tarik
Tempat ini memadukan antara sarana belajar dan bermain yang di lengkapi dengan tekhnologi terkini, sehingga mampu memicu ketertarikan tersendiri bagi anak. Ditempat ini juga menyuguhkan berbagai macam alat peraga yang di tujukan untuk pengunjung, baik untuk para anak maupun dewasa.

Lokasi
Taman Pintar terletak di jalan Penembahan Senopati nomor 1-3 yang tidak jauh dari Maliobro. Jika ingin berkunjung namun tidak membawa kendaraan pribadi anda bisa memilih transportasi umum yang ada disana, seperti trans jogja, bus umum, taksi, delman ataupun  becak.

Fasilitas 
Para pengunjung bisa menikmati semua wahana keren yang ada, seperti wahana bahari, wahana teater 3D, dan banyak lagi. Selain itu pengunjung juga diajak belajar membatik, belajar mengenal budaya dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk fasilitas penunjang, juga terbilang lengkap, mulai dari toilet, tempat parkir, sarana ibadah, dan lainnya.

2. Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis via ulinulin.com
Berikutnya adalah Pantai Parangtritis. Objek wisata satu ini memang sangat terkenal di kalangan para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Sehingga tak heran bila destinasi ini selalu dibanjiri pengunjung setiap harinya.

Daya Tarik
Daya tarik pantai Parangtritis ini terletak pada keindahan pantainya selain itu juga terkait mitos yang banyak diyakini masyarakat, terkait penguasa pantai selatan.  Selain itu, disini pengunjung bisa bermain air sepuasnya, bisa menyewa ATV, menikmati pesisir pantai dengan naik bendi, atau cukup duduk bersantai sembari menikmati jagung bakar.

Lokasi
Pantai Parangtritis terletak di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini berada di bagian selatan kota Yogyakarta dan berjarak sektar 25 kilometer dari kota.

Fasilitas 
Untuk fasilitas pendukung, lumayan lengkap,  seperti area parkir, toilet umu, warung-warung dan banyak lagi.

3. Kebun Binatang Gembiraloka 
Kebun Binatang Gembiraloka
Kebun Binatang Gembiraloka via anishidayah.com
Dimana lagi tempat kita bisa melihat berbagai satwa yang ada kecuali di kebun binatang. Nah jika sedang di Jogja,  kebun binatang yang wajib di kunjugi adalah Kebun Binatang Gembiraloka. Di dalam Kebuh Bintang Gembiraloka anda akan menemukan berbagai jenis satwa, baik satwa asli Indonesia maupun dari luar negeri.

Daya Tarik
Layaknya wisata kebun biatang lain, disinia anda akan disuguhi berbagai macam binatang, mulai dari Gajah, Ular,  Burung, Monyet, Harimau, dan masih banyak lagi lainnya. Dan menariknya, disini pengunjung di perbolehkan untuk langsung  memberi makan binatang-binatang yang tersebut. 

Selain memberi makan pada hewan, pengunjung juga bisa mengabadikan gambar hewan tersebut, berkeliling menggunakan kereta mini dan lainnya. Ada juga beberapa wahana yang juga bisa dinikmati pengunjung seperti gajah tunggang, perahu senggol, operahu boat dan masih ada lagi lainnya.

Lokasi
Kebun binatang ini terletak di Jalan Kebun Raya nomor 2, Kecamatan rejowinangun, Kabupaten Kotagede, kota Yogyakarta.


4. Alun-Alun Kidul
Alun-Alun Kidul
Alun-Alun Kidul via maioloo.com
Rasanya kurang lengkap ya, berkunjung ke suatu kota jika tidak mampir ke Alun-Alunnya. Karena biasanya, alun-alun merupakan icon kota tersebut. Begitupun saat ke Jogja.  

Daya Tarik
Biasanya Alun-Alun kota Jogja ini terkenal dengan tradisi memutari dua pohon beringin besar, namun dengan mata tertutup. Tradisi ini biasa di sebut ‘masangin’. 

Selain itu, pengunjung bisa juga menikmati suasana yang ada sambil menyantap jagung bakar yang ditemani wedang ronde, serta aneka makanan khas Jogja lainnya.

Lokasi
Alun-Akun Kidul ini terletak di jalan Alun-Alun Kidul Patehan, Kraton, kota Yogyakarta,.

5. Kebuh Buah Manguan
Kebuh Buah Manguan
Kebuh Buah Manguan via liburmulu.com
Selanjutnya adalah kebun buah Manguan. Yang menarik dari destinasi ini, adalah, pengunjung bisa menikamti pemandangan alam yang indah lengkap dengan pesona Sungai Oyo yang mengalir. Selain menikmati pesona alamnya, disini pengunjung bisa menikmati buah segar yang langsung dipetik. Seperti manga, jeruk, jambu dan lainnya. Di Kebuh Buah Manguan ini juga tersedia area oubond, camping dan ada pula tempat memancing.  

Lokasi
Kebun Buah Manguan terletak di daerah Desa Manguan, Kecamatan Dingo, Kabupaten Bantul, Yogjakarta. Jika ingin kesisni pengunjung perlu menembuh jarak kurang lebih 35 kilometer jika dari pusat kota dan memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam.

6. Jalan Malioboro
Jalan Malioboro
Jalan Malioboro via anekatempatwisata.com
Belum Lengkap rasanya jika berkunjung ke Yogyakarta bila tidak menyempatkan mengunjungi Jalan Malioboro. Jalan yang mempunyai panjang 2,5 kilometer ini tak pernah sepi pengunjung, baik hari biasa, terlebih bila akhir pekan atau hari libur. 

Daya Tarik
Jalan Malioboro berdekatan dengan  Keraton Jogja jadi jalan ini tak pernah sepi pengunjung. Jalan ini juga merupakan salah satu tempat pusat oleh-oleh khas terbesar di Jogja. Disana terdapat transportasi khas jogya seperti becak dan delman.

Disepanjang jalan para pengunjung akan disuguhi para penjual oleh-oleh khas Yogjakarta, seperti souvenir mulai dari batik, kaos sandal blagkon, dan kuliner seperti bakpia patok dan wingko yakni jajanan khas Yogyakarta. Dan pastinya, jangan lupa mencicipi makanan khas Jogja yakni Gudeg. 

Lokasi
Lokasinya sendiri terletak di Jalana Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyyakarta

7. Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta via maioloo.com
Keraton Jogja merupakan tempat wisata ikonik  di Jogja. Tempat ini merupakan tempat tinggal Sri Sultan, penguasa kota Jogja. Keraton ini sekaligus termasuk salah satu situs sejarah yang ada di Jogja, yang menyimpan banyak peninggalan bersejarah.

Daya Tarik
Keraton Yogyakarta ini merupakan situs sejarah dan pusat budaya, desain dan tatanan bangunan pun juga menjadi daya tarik bagi wsatawan untuk  mengunjunginya karena setiap bangunan diatur sesuai perhitungan dan falsafah jawa. 

Disana, pengunjung bisa berkeliling di area Kraton. Pengunjung bisa melihat dan mengetahui semua benda dan tempat bersejarah pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I. Semua benda itu tersimpan dengan rapi di dalam Keraton.

Lokasi 
Lokasi Keraton Yogyakarta ini terletak di jalan Rotowijayan Blok Nomor 1 Panembahan, Kraton. Selain menggunakan kendraan pribadi pengunjung juga bisa mengjangkau tempt ini dengan trasportasi umum seperti becak, ojek ataupun delman.

8. Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg via masbidintravel.net
Satu lagi wisata budaya yang ada di Yogyakarta yakni Benteng Vredeburg. Benteng Vredeburg merupakan sebuah museum yang kini dijadikantempat wisata. Sama seperti museum pada umumnya di dalam Benteng Vredeburg ini terdapat berbagai benda bersejarah. 

Daya Tarik
Selain benda-benda peninggalan pada jaman dulu, bangunan ini juga menjadi daya tarik tersemdiri, karena bangunan yang di dirikan pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I ini hanya terbuat dari tanah liat dan kayu.

Di dalam Benteng Vredeburg ini terdapat sebuah ruangan untuk pemutaran film perjuangan yang menunjukan keadaan Indonesia pada masa Zaman Penjajahan dulu.

Lokasi
Benteng Vredeburg sendri terletak di jalan Margo Mulyo Nomor , Ngupasan, Gondomanan, kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyyakarta.

9. Candi Prambanan 
Candi Prambanan
Candi Prambanan via blog.reservasi.com
Candi Prambanan atau dikenal dengan nama lain yaitu Candi Rorojonggrng merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun spada abad 9 masehi. Candi Prambanan ini juga masuk dalam Situs Warisan Dunia atau UNESCO. 

Daya Tarik
Candi ini memiliki arsitektur bangunan yang yang sesuai dengan arsitektur Hinduterdapat candi yang menjulang tinggi di tenggah candi-candi kecil lainnya. Candi ini juga termasuk dalam candi terindah di kawasan Asia Tneggara.

Pengunjjung bisa berkeliling dan menikamti keindahan candi. Dan pada saat tertentu atau saat ada perayaan tertentu terdapat suguhan tarian-tarian yang di adakan di sekitaran candi.

Lokasi
Candi Prambanan ini terletak di Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan< Kabupaten Slema, Daerah Istimewa Yogyyakarta.

Nah, itu tadi beragam tempat wisata terbaik di Yogyakarta, versi kami. Semoga bisa dijadikan refensi bermanfat.