PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Wisata Terbaik dan Terpopuler di Bengkulu

Saturday, December 1, 2018
Bengkulu merupakan kota yang sekaligus juga merupakan ibukota provinsi Bengkulu itu sendiri. Provinsi ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia dan terletak di pesisir barat Pulau Sumatera. Dan perlu diketahui, kota ini merupakan salah satu kota yang menyimpan banyak sejarah penting, terutama di masa-masa menjelang kemerdekaan Indonesia. 

Di tempat ini Bung Karno dan sejumlah aktivis kemerdekaan pernah diasingkan, serta di kota ini pula Bung Karno pertama kali berkenalan dengan Ibu negara, Fatmawati. Selain itu memiliki banyak kisah bersejarah, Bengkulu juga termasuk kota yang kaya akan obyek wisata. Jadi, tak salah jika anda menjadikan Bengkulu sebagai tujuan berlibur.

Nah, berikut kami bagikan beberapa rekomendasi obyek wisata menarik dan keren yang ada di Bengkulu.

1. Air Terjun Tri Muara Karang
Air Terjun Tri Muara Karang
Air Terjun Tri Muara Karang via youtube.com
Destinasi yang pertama adalah Air Terjun Tri Muara Karang. Obyek wisata ini terletak di Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong. Air terjun ini terdapat 5 buah yang 2 diantaranya merupakan air dengan suhu panas, ini lah yang membuat air terjun ini sangat unik dan patut untuk Anda sambangi saat ke Bengkulu.

Air terjun yang dikelola oleh kelompok warga bernama Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) ini, hanya mematok tiket parkir Rp. 2.000,00 untuk kendaraan bermotor dan Rp. 5.000,00  untuk mobil. Jalan untuk menuju bibir air terjun sudah diberi tangga dan pegangan bagi para wisatawan, namun apabila sedang turun hujan Anda diharapkan selalu berhati-hati karena jalannya yang sedikit curam dan licin.

Setelah berada di bibir air terjun Anda akan melihat ketinggiannya yang mencapai 100 meter dan ditengah-tengah bibir air terjun terdapat telaga yang berwarna hijau gelap. Anda juga hanya diperbolehkan berada dipinggirannya saja karena ditengah-tengah telaga airnya cukup dalam.

2. Kebun teh bukit daun bengkulu
Kebun teh bukit daun bengkulu
Kebun teh bukit daun bengkulu via chirpstory.com
Kebun teh ini berada di Kecamatan Bermani ulu, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu dan merupakan kebun yang dikelola oleh PT. Agrotea. Hamparan kebun teh dengan panorama alam berbukit-bukit serta berkelok-kelok mencapai ketinggian 900 mdpl. Kebun teh ini berjarak 25 kilometer dari Kota Curup.

Saat Anda ingin lepas dari hiruk pikuk perkotaan destinasi wisata ini bisa menjadi pilihan yang menarik, selain tempatnya yang memang sangat sejuk disini juga Anda dapat merasakan ketenangan dan dapat sekaligus melihat aktivitas perkebunan warga sekitar.

3. Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi via hipwee.com
Dahulunya pantai ini dijadikan sebagai kawasan pelabuhan penjajahan Inggris. Namun sekarang pantai ini menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal dan menjadi salah satu dari deretan pantai panjang di Bengkulu. Saat musim liburan pantai ini ramai dengan pengunjung dari berbagai daerah. 

Lokasinya pun hanya sekitar 100 meter dari Benteng Marlborough. Sunset yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Letak pantai ini berada di Kebun Keling, Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu. 

Biaya retribusi yang harus dibayarkan sejumlah Rp. 1.000,00 untuk anak-anak dan Rp. 2.000,00 untuk orang ddewasa, ada pula tarif parkir yang perlu dibayar dengan keterangan Rp. 2000,00 untuk kendaraan roda dua, Rp. 4.000,00 untuk kendaraan roda empat dan Rp. 10.000,00 untuk kendaraan roda enam. Cukup terjangkau bukan? 

4. Danau Dendam Tak Sudah
Danau Dendam Tak Sudah
Danau Dendam Tak Sudah via pedomanbengkulu.com
Nama yang unik untuk sebuah danau bukan? Danau ini terletak di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Luasnya mencapai 557 hektare dan luas permukaannya 67 hektare.

Danau ini memiliki ekosistem berupa flora dan fauna yang khas. Jenis floranya berupa plawi, bunga bakung, terentang, sikedududk, gelam, ambacang rawa, brosong, anggrek matahari dan pakis. Dan jenis fauna yang tidak kalah khas seperti lutung, burung kutilang, babi huitan, siamang, ular phyton, siput, kera ekor panjang dana ada juga berbagai jenis ikan langka seperti ikan kebakung dan ikan palau.

5. Danau Mas Harum Bastari Bengkulu
Danau Mas Harum Bastari Bengkulu
Danau Mas Harum Bastari Bengkulu via kesiniaja.com
Ada pula nama danau yang tak kalah unik lho yaitu Danau Mas Harum Bastari. Danau ini terletak di Desa Mohorejo, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Danau ini berjarak sekitar 17 kilometer dari Kota Curup dan apabila dari pusat kota Bengkulu jaraknya mencapai 95 kilometer kearah barat.

Danau ini dikelilingi olehhamparan bukit-bukit hijau dan luasnya sekiatr 3.600 hektare. Danau memiliki pemandangan yang dapat memanjakan mata Anda yang melihatnya. Danau dengan nama unik ini mempunyai sebuah pulai kecil ditengahnya yang berbentuk huruf C yang diyakini melambangkan inisial Kota Curup. danau ini dibuka selama 24 jam.

Fasilitas yang sudah disediakan oleh Dinas Pariwisata bisa Anda dapat disini berupa tempat parkir, WC umum, mushola, tempat bermain anak-anak, pos penjagaan, aula dan penyewaan perahu untuk mengelilingi danau. Di area danau juga terdapat gedung yang dapat disewa sebagai tempat pertemuan formal maupun non formal. Tersedia juga tempat penginapan seperti vila-vila dan kafe yang dimiliki oleh pemerintah maupun pribadi yang dapat dikunjungi.

6. Museum Negeri Bengkulu
Museum Negeri Bengkulu
Museum Negeri Bengkulu via situsbudaya.id
Museum ini terletak di Lalan Pembangunan No. 8, Padang Harapan, Kecamatan Gading Cempaka, Bengkulu. Dan dibangun pada tahun 1978 namun pada 3 Mei 1980 tempat ini baru difungsikan. Pada 3 Januari 1983 tempat ini menempati gedung baru di Jalan Harapan yang tadinya berada di Benteng Marlborough.

Musem ini merupakan tempat penyimpanan benda-benda bersejarah kebudayaan Bengkulu yang mempunyai 3.660 koleksi berupa bidang etnografi, arkeologi, historika, numismatika, keramologika, filologika, dan biologika. Dan museum ini memiliki dua ruang pameran yaitu ruang pameran tetap dan ruang temporer. 

Museum ini buka kecuali hari Senin dari pukul 08.00 – 13.00 WIB. Harga tiket masuknya sejumlah Rp. 2.000,00 untuk orang dewasa dam Rp. 1.000,00 untuk anak-anak. 

7. Pulau Tikus Bengkulu
Pulau Tikus Bengkulu
Pulau Tikus Bengkulu via travel.tribunnews.com
Pulau ini memiliki luas sekitar 1,5 hektare, menyajikan panorama pemandangan yang menyejukan mata yang memandang. Jika Anda dari Pantai Jakat waktu tempuhnya sekitar 1 jam dengan menyewa kapal nelayan namun apabila Anda dari Pelabuhan Pulau Baai Anda hanya membutuhkan waktu 40 menit saja dengan menggunakan boat menuju Pulau Tikus ini.

Keindahan alam pukau ini sangat menarik, airnya yang sangat jernih, terumbu karang yang indah dan banyaknya ikan warna-warni memenuhi sekitar pulau ini. Selain pergi liburan dengan mandiri ke pulau ini Anda bisa melakukan tur wisata termasuk pulang pergi dan wisata kuliner makan harganya berkisar Rp. 100.000,00 – Rp. 150.000,00 .

8. Pantai Panjang Bengkulu
Pantai Panjang Bengkulu
Pantai Panjang Bengkulu via mediaharapan.com
Pantai ini merupakan tempat wisata yang wajib Anda kunjungi bila sedang berada di Bengkulu. Lokasinya sangat mudah dijangkau berkisar 15 menit dari kota Bengkulu. Pantai yang panjangnya mencapai 7 kilometer ini memiliki banyak pesona yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Fasilitas yang bisa Anda dapatkan disini berupa penginapan, kafe, restoran, area bermain untuk anak, pusat perbellanjaan, hingga fasilitas olahrga bisa Anda dapatkan disini. Anda juga dapat berjalan-jalan disekitar pantai, jogging dan juga bermain volly bersama teman-teman dan keluarga Anda.

Pasir pantainya yang berwarna putih dan halus menjadi daya tarik dari pantai ini. Tempat ini juga pas untuk liburan melepas penatnya rutinitas sehari-hari Anda, membuat ketenangan dan kebahagiaan tersendiri.

Tempat ini beralamat di Jalan Pesisir Pantai Panjang, dan berada di tiga kecamatan sekaligus yaitu  Kecamatan Ratu Agung, Ratu Samban dan Teluk Segara. Pengunjung yang datang tidak dikenakan tarif masuk dan buka selama 24 jam.

9. Benteng Marlborough
Benteng Marlborough
Benteng Marlborough via id.wikipedia.org
Tempat wisata Benteng Marlborough dibangun pada 1713 – 1719 oleh East India Company (EIC). Luas benteng ini sekitar 44.100 meter persegi, membelakangi Samudra Hindia dan menghadap kearah selatan. Benteng ini mirip sekali dengan bentuk kura-kura ada pula jembatan yang menghubungkan antara kepala dan badannya. 

Benteng ini buka dari pukul 08.00 – 18.00 WIB, biaya masuknya sekitar Rp. 5.000,00 untuk orang dewasa dan Rp. 3.000,00 untuk anak-anak. Benteng Marlborough beralamat di Jalan Benteng, Kebun Keling, Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu.

10. Bukit Kaba
Bukit Kaba
Bukit Kaba via phinemo.com
Bukit Kaba menyajikan wisata alam yang sangat mengagumkan, di sana banyak terdapat kawah gunung berapi sebanyak delapan buah dan lima buah diantaranya tertutup oleh rimbunnya vegetasi hijau. Tempat ini terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

Untuk menikmati pemandangan kawah-kawahnya Anda harus menaiki anak tangga yang jumlah ya sekitar 307 anak tangga. Selain itu Anda juga bisa mencoba berkemah di sana menikmati sejuknya udara serta gemerlap kota Curup yang bisa terlihat dari Bukit Kuba ini. tarif masuk area ini sejumalah Rp. 2.500,00 per orangnya.

Itu dia obyek wisata terbaik dan terpopuler di kota Bengkulu. Pastikan anda tidak melewatkannya jika sedang berkunjung ke sana.