PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Wisata Terbaik di Binjai Sumatera Utara Kudu Dikunjungi

Monday, December 17, 2018
Pesona wisata di kota Binjai memang tak kalah menarik bila dibandingkan keindahan wisata di daerah lain. Kota yang berjarak 22 kilometer dari Kota Medan ini dulunya merupakan sebuah bandar pelabuhan. Dan perlu diketahui, nama Binjai yang merupakan cikal bakal kota ini, dulunya merupakan nama sebuah pohon yang yang ada disana.

Kota ini menjadi jalur transportasi utama antara Kota Medan dan Banda Aceh karena memang berbatasan langsung dengan kabupaten Langkat dan Kabupaten Deli Serdang. Binjai sendiri terkenal sebagai penghasil buah rambutan dengan kwalitas super.

Nah, bagi Anda yang ingin berlibur ke Sumatera Utara, berikut ini kami pilihkan obyek wisata terbak di Binjai yang tentunya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Obyek Wisata Terbaik di Binjai Sumatera Utara 

1. Arung Jeram Sungai Binge
Arung Jeram Sungai Binge
Arung Jeram Sungai Binge via harian.analisadaily.com
Wisata alam ini beralamat di Sei Binge, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari Kota Medan dan 20 kilometer dari Kota Binjai atau sekitar 30 menit berkendara. Arung jeram ini menawarkan wisata yang menguras adrenalin Anda selama 2 jam berarung jeram serta meluncur dari bendungan dengan ketinggian sekitar 8 meter dengan kemiringan 45 derajat.

Sungai Binge luasnya tidak terlalu besar, berair jernih dengan bebantuan serta jeram-jeramnya yang beragam. Spot arung jeram ini aman dilakukan oleh anak-anak mulai usia 7 tahun dengan tingkat kesulitan antara 2-3.Selain berarung jeram ada pula di tempat-tempat tertentu yang diperbolehkan untuk terjun dari atas tebing serta berenang disana.

Ada alternatif pilihan bagi pengunjung untuk berarung jeram, yang pertama dengan jarak tempuh 2 jam jaraknya 7 kilometer melewati rute Namo Nangka sampai bendungan Namu Sira-sira dan yang kedua berjarak 10 kilometer dengan jalur panjang dari Desa Lau Seridi sampai jembatan bendungan. Dan rute yang ketiga adalah family trip yang dimulai dari Basecamp Eksplore Sumatera sampai Alam Indah dengan jarak 3 kilometer.

Fasilitas yang ada di wisata arung jeram ini ada musala, tempat penginapan, kantin, dan kamar mandi yang bersih. Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk wisata arung jeram ini sejumlah Rp. 225.000,00 per orangnya.

2. Air Terjun Tongkat
Air Terjun Tongkat
Air Terjun Tongkat via kitamuda.id
Lokasi air terjun ini berada di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Dan jaraknya sekitar 48 kilometer dari pusat Kota Binjai. Lokasi untuk menuju destinasi wisata ini cukup sulit karena memang masih sangat alami. 

Untuk mencapai lokasi air terjun ini Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam perjalanan dengan medan yang cukup menantang karena jalannya yang naik turun. Disana juga terdapat pemandu wisata yang memasang tarif Rp. 30.000,00 – Rp. 60.000,00 per orang, cukup mahal oleh karena itu Anda harus pintar-pintar menawarnya. 

Air terjun ini dikenal karena keunikan tempat yaitu dengan adanya kayu yang menyangga tebing air terjun yang panjangnya berbentuk seperti tongkat dan indahnya pemandangan alam sekitarnya yang sangat asri belum terjamah banyak manusia.

3. Kolam Abadi Langkat dan Air Terjun Teroh-Teroh
Kolam Abadi Langkat dan Air Terjun Teroh-Teroh
Kolam Abadi Langkat dan Air Terjun Teroh-Teroh via homedecordesign9.blogspot.com
Tempat wisata ini berada di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Langkat, Sumatera Utara. Jaraknya tidak terlalu jauh hanya sekitar 2 jam dari kota Medan yaitu melalui rute Medan, Binjai, Namu Ukur, dan Desa Rumah Galuh.

Untuk masuk ketempat ini Anda harus menuju pos-pos yang tersedia dan mulai melakukan negosiasi harga masuk, harganya akan lebih murah bila Anda datang ramai-ramai karena Anda bisa menggunakan tarif untuk rombongan. Harga tiket masuknya sudah termasuk biaya masuk lokasi, biaya parkir, dan biaya untuk toilet umum sejumlah Rp. 45.000,00 per orang.

Air terjun dan kolam abadi berada dalam satu aliran sungai, yang mana airnya sangat jernih dan segar. Untuk menuju air terjunnya Anda bisa sekaligus melakukan body rafting atau menganyutkan diri mengikuti arus sungai menuju spot air terjun, namun sebelumnya Anda harus memakai rompi pelampung dulu untuk menjaga keselamtan Anda. Air terjun Teroh-Teroh sendiri berada di bawah lembah atau tebing-tebing yang indah dan air terjun ini juga tidak terlalu tinggi tapi tentu saja masih terlihat indah dipandang mata.

Dilanjutkan menuju kolam abadi, alirannya cukup tenang seperti kolam pada umumnya. Airnya sangat jernih Anda pun sampai bisa melihat dasar sungainya dengan jelas, ditambah lagi dengan tebing-tebing yang menjulang tinggi disekelilingnya menambah suasana yang tenang bagi pengunjung. Tempat ini sangat cocok untuk berenang dan menyelam juga tentunya.

4. Bukit Lawang Langkat
Bukit Lawang Langkat
Bukit Lawang Langkat via id.wikipedia.org
Lokasi tempat wista ini berada di Kecamtan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Dan merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Dari sebelah Barat Laut kota Binjai jaraknya mencapai 68 kilometer dan 80 kilometer atau 2,5 jam dari arah Barat Laut Kota Medan.

Ditempat ini Anda dapat melakukan aktifitas seperti memberi makan orang utan, menuju gua kelelawar, dan menikmati flora maupun fauna lainnya. Pengunjung yang datang akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 10.000,00 per kendaraan. 

Fasilitas yang disediakan disana berupa toilet, gubug tempat istirahat, dan penginapan yang bisa Anda sewa dengan kisaran harga Rp. 150.000,00 – Rp. 400.000,00 per malamnya. Dan untuk gubug-gubug temoat istirahat Sanda juga kan dikenakan biaya sewa kisaran jumlah Rp.70.000,00 oleh karen aitu Anda harus pandai-pandai menawar. Untuk memperlancar liburan, disana juga ada pemandu jalan yang tarifnya sekitar Rp. 100.000,00.

5. Ekowisata Tangkahan
Ekowisata Tangkahan
Ekowisata Tangkahan via travel.kompas.com
Ekowista Tangkahan ini sangat terkenal dikalangan wisatawan dalam negri dan juga luar negri.  Tempat ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yaitu di Tangkahan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. 

Disini wisatawan diajak untuk mengenal alam, dengan aktivitas seperti memandikan gajah, melihat orangutan dan berbagai flora maupun fauna disana.

Fasilitas yang ditawarkan tak jauh beda dari tempat wisata lain seperti penginapan, toilet dan lain sebagainya. Penginapan disini juga cukup lengkap dan harganya terjangkau dengan harga per malamnya sekitar Rp. 100.000,00 – Rp. 200.000,00 per malam. 

6. Air Terjun Siluman
Air Terjun Siluman
Air Terjun Siluman via medan.tribunnews.com
Penamaan air terjun ini juga bukan tanpa dasar, karena memang tempat ini sangat unik ditandai dengan ketidakpastian munculnya air disana seperti siluman. Padahal hal itu terjadi karena pada sisi atas air terjun ada batu besar yang berhimpitan satu sama lain jadi saat tidak sedang banjir air yang mengalir ke bawah lebih sedikit atau bahkan tidak muncul sama sekali. 

Air terjun setinggi 15 meter ini berada di Desa Garunggang, Langkat, Sumatera Utara. Airnya yang jernih dan terdapat ukiran balok di dinding-dinding air terjun menambah ketertarikan tersendiri bagi pengunjung yang datang.Untuk sampai kesini Anda hanya perlu menyewa tour guide kisaran harga Rp. 30.000,00 saja.

7. Air Terjun Jodoh
Air Terjun Jodoh
Air Terjun Jodoh via ceritamedan.com
Air terjun ini merupakan air terjun terindah di Langkat, derasnya air yang turun dari celah-celah atas bukit membuat tempat ini sayang untuk dilewatkan. Untuk menuju tempat ini Anda harus membayar sebesar Rp. 40.000,00 per orang dan akan mendapat panduan perjalanan dari polisi hutan yang bertugas. 

Lokasinya yang harus melewati hutan-hutan dan jalannya yang ekstrem memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan, walau sudah bersama tour guide Anda juga harus selalu berhati-hati jangan sampai mencelakai diri sendiri.

Tempat ini berada di Dusun Pamah Semelir, Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Selain melihat pemandangan air terjunnya Anda juga bisa sekaligus melihat beragam flora  dan fauna yang ada disana. air terjun yang berada di deretan bukit barisan sehingga membuat cuaca disana cukup dingin dan udaranya sangat segar.

Karena medan yang ditempuh cukup melelahkan Anda juga bisa menginap di rumah penduduk setempat atau mendirikan tenda sendiri untuk bisa lebih menimati alam sekitar.

8. Taman selfi Binjai
Taman selfi Binjai
Taman selfi Binjai via youtube.com
Spot wisata yang satu ini tentunya sangat digemari oleh para pengunjung. tempat yang dibuka dari pukul 11.00 WIB ini memiliki spot selfi yang beragam dan sangat menarik. Taman selfie ini merupakan sebuah kafe yang mengusung tema selfie jadi setelah lelah berfoto-foto Anda dapat menikmati kuliner yang disajikan di binjai.

Taman Selfie ini berlokasi di Jalan MT Haryono No. 2, Kebun Lada, Binjai, Sumatera Utara. Apabila ingin memesan makanan disini sistemnya sangat unik, Anda nanti akan diarahkan untuk mengambil kertas yang berisi pilihan menu lalu setelah itu baru Anda masukan ke pot pengunjung. dan ketika Anda sudah berada di meja, pesanan sudah siap untuk diantarkan. Dan menariknya harga makanan disini cukup terjangkau.

Deretan obyek wisata terbaik di Binjai Sumatera Utara yang kami bagikan diatas, sangat keren bukan? Nah, selamat berlibur dan mengeksplor lebih jauh kota penghasil buah rambutan super ini.